Hal-hal yang Dilakukan Ketika Susah Tidur


Hal-hal yang Dilakukan Ketika Susah Tidur 1

Sudah menjelang tengah malam, tetapi masih belum bisa tidur. Malam itu terasa tidak nyaman. Orang akan melakukan sesuatu agar dapat tidur lelap. Sudah memejamkan mata, tetapi masih belum bisa tidur. Kalau sudah begini, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar bisa tidur lelap.

Memakai Kain Penutup Mata

Perempuan memakai kain penutup mata, dari freepik
Perempuan memakai kain penutup mata, dari freepik

Kain penutup mata sangat berguna untuk memejamkan mata. Pastikan kain penutup mata itu cukup tebal, tidak tembus pandang, tidak ada celah untuk dimasuki oleh cahaya, dan nyaman dipakai. Pakailah kain penutup mata agar tidak bisa melihat apapun.

Ada keuntungan ketika kita sedang memakai kain penutup mata. Misalnya, tidak masalah ketika lampu kamar dipadamkan, kita tidak akan tahu kalau padam listrik di malam hari, perhatian tidak akan teralihkan karena tidak bisa melihat. Dengan memakai kain penutup mata, kita akan mendapatkan kenyamanan ketika sudah bangun pagi.

Membaca

Pustaka
Pustaka

Membaca buku, Koran, komik, dan majalah ketika susah tidur dipercaya dapat membuat orang cepat mengantuk. Hal ini mengingatkan kita tentang dongeng sebelum tidur yang dibacakan untuk anak-anak. Cara sederhana ini membuat tubuh dan pikiran kita merasa lebih tenang.

Semakin banyak yang kita baca di malam hari, maka mata akan semakin mengantuk. Sebaiknya, jangan membaca sambil berbaring, apalagi dengan pencahayaan yang buruk. 

Kalau ingin melakukan ini di kasur, letakkanlah bacaan di atas kasur, baringkan tubuh sambil menghadap ke samping. 

Menonton TV

Layar Kaca
Layar Kaca

Suasana malam akan semakin sepi karena banyak orang yang sudah tidur lelap. TV menjadi teman bagi orang yang sedang susah tidur. Orang yang mempunyai TV di dalam kamar akan menyalakan TV dengan suara pelan sambil menonton acara yang membosankan. Kalau tidak ada TV di kamar, tidur di sofa juga masih terasa nyaman. 

Acara TV menjelang tengah malam tidak jauh dari berita, film-film lama, bincang-bincang, hantu, dan lagu-lagu. Kalau berlangganan internet, kita bisa memilih tayangan apa saja tanpa terpaku oleh jam tayang. Jangan lupa untuk mengatur tv untuk padam dengan sendirinya.

Mendengar lagu

Radio
Radio

Lagu-lagu yang menenangkan hati sangat cocok untuk dijadikan teman tidur di malam hari. Kita bisa mendengar lagu di radio, kaset, cd, laptop, dan ponsel. Mendengar lagu di radio tetap menjadi pilihan terbaik, karena suara penyiar radio terus menemani pendengarnya sampai tertidur lelap.

Memakai kain penutup mata sambil mendengarkan lagu-lagu yang menenangkan dapat membuat kita tidur lebih lelap. Jangan lupa untuk mengatur suaranya agar tidak mengganggu tetangga.


Tidur memang dibutuhkan untuk memulihkan tenaga setelah melakukan berbagai macam kegiatan. Malam hari memang waktu yang paling enak untuk tidur di atas kasur empuk sambil menghangatkan tubuh di bawah selimut. Suasana yang lebih tenang sangat dibutuhkan ketika sedang mengalami kesulitan untuk tidur.

Satu hal lagi, terlalu banyak beban pikiran, suhu kamar yang terlalu panas, dan terlalu lama tidur siang juga membuat kita susah tidur sampai lewat tengah malam.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rinka

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap