Hal-hal yang Penting Kamu Ketahui Sebelum membeli HP Bekas

Hal-hal yang Penting Kamu Ketahui Sebelum membeli HP Bekas 1

Semakin berkembangnya zaman semakin berkembang pula teknologi yang ada. Hal ini membuat kita juga ingin terus menerus mengoptimalkan teknologi yang kita punya. Belum lagi di masa pandemic ini yang membuat kita melakukan segala sesuatunya secara online. Anak-anak juga melakukan pembelajaran secara daring. Tentu keadaan ini secara tidak langsung menuntut kita setidaknya untuk memiliki ponsel pintar. Beberapa orang juga mulai melakukan pekerjaan secara online atau pekerjaan yang dengan sengaja mengharuskan kita memiliki ponsel pintar, ojol misalnya. Dan ada orang yang hanya ingin terlihat lebih baik atau gaya-gayaan ikut arus untuk membeli ponsel yang terbaru.             

Namun tidak semua orang mampu memenuhi kebutuhannya yang satu ini. Ada banyak pertimbangan khusus Ketika hendak membeli ponsel pintar tersebut. Mereka juga harus mempertimbangkan harga dengan pemenuhan akan kebutuhan lainnya. Sehingga untuk mengurangi harganya, beberapa dari mereka memilih untuk membeli HP bekas. Dengan harapan mendapatkan kualitas oke dengan harga yang oke punya pula.           

Jadi disini saya akan berbagi beberapa hal yang penting kamu ketahui sebelum membeli HP bekas:          

1. Cek Harga Pasarannya

Tentu harga untuk HP beks tidak akan sama dengan harga HP baru. Untuk harga HP baru dapat kamu lihat pada website resmi peluncuran HP tersebut dan untuk harga pasaran HP bekasnya kamu dapat temukan pada platform jual beli online dengan kata kunci HP *merek* bekas. Saya sarankan untuk melakukan sistem bayar rekber (rekening Bersama) melalui platform jual beli online seperti shoppe, olx, blibli, Tokopedia, dan yang lainnya sesuai kesepakatan Bersama.       

2. Cek Riwayat HP

Sebelum melakukan checkout dan pembayaran, jangan mudah tergiur hanya dengan penampilan fisik HP pada gambar yang diberikan si penjual. Kamu perlu menanyakan perihal Riwayat HP Ketika di tangan si penjual. Apakah HP itu pernah jatuh, kena air, ganti lcd, ganti kamera, dan sebagainya. Selain itu perlu ditanyakan umur HP di sejak pertama kali dibeli. Hal ini bisa juga menjadi petimbangan untuk negosiasi harganya.

3. Tanyakan Kelengkapan HP

Apakah HP dijual termasuk dengan charger, kepala charger, dan lainnya. Ini juga dapat menjadi pertimbangan dalam negosiasi harga.          

4. COD

Kalau memungkinkan menggunakan sistem pembayaran COD (Cash on delivery) atau membayar di tempat, silahkan cek apakah kondisi fisik HP masih mulus. Seperti ada retak/pecah, lecet, baret, LCD, Touch screen, wiFi, Bluetooth, kamera, lampu flash, inframerah, telepon masuk dan keluar, tempat simcard dan memori, getar, mic, dll. Untuk mengecek kualifikasinya anda dapat mencari tahu caranya di youtube supaya lebih visual.        

5. Mintalah bantuan teman

Barangkali kamu punya teman yang sedang akan menjual HP bekasnya atau memiliki koneksi yang dapat dipercaya untuk membeli HP bekas. Selain dapat dipercaya anda dapat meminta harga teman kepadanya.       

Demikianlah hal yang dapat saya jelaskan bagi anda yang akan membeli HP bekas. Jadilah pembeli cerdas supaya anda dapat menikmati keuntungan dari apa yang menjadi pilihan anda.          

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Ganda Marina