Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Menggunakan Kulkas

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Menggunakan Kulkas

Kulkas merupakan media yang berguna untuk menyimpan berbagai macam kebutuhan rumah tangga agar tetap segar.

Bahan-bahan seperti sayur, buah, daging, dan ikan merupakan bahan-bahan yang sering disimpan dalam kulkas.

Tetapi, pada kenyataannya bahan-bahan yang disimpan terkadang menjadi layu dan tidak segar. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyimpan bahan di kulkas. 

1. Memastikan Kebersihan Kulkas

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Membersihkan kulkas dapat dilakukan dengan cara melepas semua tempat penyimpanan yang terdapat dalam kulkas. Setelah itu tempat penyimpanan kulkas dapat dibersihkan dengan air dan sabun. Bagian dalam kulkas dapat dibersihkan dengan menggunakan pembersih kaca dan lap bersih.

Baca juga  Agar Selalu Tampak Baru, Bersihkan Cermin dengan 3 Cara Ini!

2. Membersihkan Sayur-sayuran

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Sayur-sayuran yang berkarakteristik berupa lapisan seperti selada dan kol perlu dipisahkan antara lapisannya dan direndam dalam air garam agar menghilangkan pestisida dan hama yang tertinggal.

Sayuran yang sudah dibersihkan dapat dipotong-potong menjadi ukuran yang lebih kecil sesuai dengan ukuran wadah yang tersedia. Pastikan bahan dalam keadaan kering sesaat sebelum dimasukan kedalam kulkas. 

Baca juga  Perbedaan Oven dan Microwave yang Harus Kamu Tahu!

3. Membersihkan buah-buahan

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Buah-buahan yang akan dimakan dengan kulitnya sebaiknya dibersihkan menggunakan rendaman air dan cuka. Pembersihan dengan cara ini dapat membuhun bakteri dan menghilangkan pestisida yang masih tersisa.

Batang atau daun yang masih tersisa pada buah-buahan juga sebaiknya dibuang. Pastikan buah dalam keadaan kering sebelum dimasukan kedalam kulkas. 

4. Memilih Wadah Penyimpanan

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Untuk produk-produk segar sangat disarankan untuk menggunakan wadah kedap udara agar tidak ada oksigen yang masuk sehingga kesegaran bahan terjamin. Penggunaan wadah kedap udara juga dapat mencegah terjadinya susut bahan akibat kelembaban udara kulkas.

Baca juga  3 Alat Rumah Tangga yang Mengubah Dunia

Penggunaan wadah yang terpisah antar bahan akan mengurangi tingkat kontaminasi. Selain itu, penggunaan wadah akan mengurangi bau yang terdapat pada kulkas. 

Beberapa hal diatas merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan kulkas. Penggunaan kulkas yang tepat dapat meningkatkan umur simpan bahan dan menjaga kesegaran bahan. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Khalish Gefalro