Hal-Hal yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Tidur

Hal-Hal yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Tidur 1

Tidur merupakan salah satu kebutuhan kita sebagai manusia yang wajib dipenuhi. Tidur dibutuhkan agar tubuh kita dapat beristirahat dan kondisi badan dapat segera pulih setelah seharian kelelahan karena harus beraktivitas dan bekerja. Tidur juga menjadi salah satu hal yang dapat memengaruhi kebugaran atau keadaan tubuh dan tingkat produktivitas kita.

Tidur dalam waktu yang cukup dan berkualitas akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh kita, seperti menjaga fokus kita ketika beraktivitas, menjaga mood dan semangat, meningkatkan daya ingat, juga bermanfaat untuk kesehatan organ tubuh kita, seperti jantung dan hati, misalnya. Sebaliknya, apabila tidur kita tidak cukup dan kurang atau tidak berkualitas, kondisi tubuh kita pun akan terganggu. Ada banyak hal yang akan terjadi pada tubuh kita apabila kita kurang tidur, mulai dari pengaruh terhadap kesehatan hingga tingkat produktivitas harian kita.

Nah, berikut merupakan beberapa hal yang sebaiknya dilakukan sebelum tidur agar kita dapat lebih cepat tidur, sehingga mendapatkan waktu tidur yang cukup. Selain itu, hal-hal berikut juga diharapkan dapat membantu kita mendapatkan tidur yang berkualitas.

1. Mandi air hangat

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Mandi dengan air hangat dapat membantu membuat otot-otot kita menjadi lebih rileks setelah sebelumnya kencang karena seharian beraktivitas. Mandi dengan air hangat juga dapat membersihkan kotoran dan debu yang menempel di kulit dengan lebih baik, sehingga kita akan mendapati kulit yang bersih yang akan membuat tidur menjadi lebih nyaman.

Agar manfaat mandi dengan air hangat ini benar-benar berasa untuk membuat tidur lebih nyaman dan berkualitas, disarankan supaya setelah mandi kita hanya boleh melakukan aktivitas-aktivitas santai. Pergi ke ruangan yang terang atau bermain ponsel dalam waktu yang cukup lama dapat membuat mandi dengan air hangat ini menjadi kurang berpengaruh untuk tidur kita.

2. Night skincare routine

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Setelah mandi, usahakan sesegera mungkin kita langsung melakukan night skincare routine. Apalagi setelah mandi dengan air hangat. Mandi dengan air hangat, selain dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks, tetapi juga dapat membuat kulit menjadi lebih kering dan pori-pori juga akan terbuka.

Night skincare routine ini dapat membantu membuat kulit menjadi lebih lembap, membersihkan dan menutup pori-pori, hingga membantu kulit melakukan regenerasi. Yang perlu diperhatikan ialah setiap produk skincare yang kita pakai memiliki kandungan dan manfaat yang berbeda-beda, sehingga sesuaikan produk night skincare yang kita pakai dengan kebutuhan kulit kita.

3. Stretching atau peregangan

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Stretching atau melakukan peregangan otot sebelum tidur dapat membantu kita tidur lebih cepat, nyenyak, dan membantu mendapatkan tidur yang berkualitas. Peregangan otot sebelum tidur akan membuat otot-otot yang tadinya kencang menjadi lebih rileks. Meregangkan otot sebelum tidur juga dapat mencegah terjadinya kram atau tubuh yang sakit dan pegal-pegal saat bangun tidur.

Selain itu, stretching atau peregangan otot dapat membantu memfokuskan pikiran kita terhadap apa yang sedang kita lakukan saat itu, sehingga saat melakukan peregangan lambat laun kita akan melupakan hal-hal yang mengganggu pikiran kita. Jadi, kita pun dapat langsung tidur tanpa tiba-tiba overthinking.

4. Minum air putih

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Minum air putih sebelum tidur juga menjadi hal yang sebaiknya kita lakukan agar menjadi terbiasa. Minum air putih sebelum tidur akan membantu tubuh kita tetap terhidrasi, apalagi waktu tidur malam yang kita butuhkan adalah sekitar 7 hingga 8 jam. Minum air putih sebelum tidur dapat memenuhi kebutuhan cairan selama waktu tersebut. Minum air putih sebelum tidur juga dapat membantu proses detoksifikasi tubuh, membantu memperlancar proses regenerasi sel, hingga dapat membantu menjaga berat badan agar ideal.

Selain hal-hal di atas, kegiatan apa saja yang biasa kamu lakukan sebelum tidur?

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh