Hal menarik yang dimiliki gedung KBRI di amerika serikat, sempat dikabarkan penuh hantu

Hal menarik yang dimiliki gedung KBRI di amerika serikat, sempat dikabarkan penuh hantu 1

Kedutaan besar merupakan suatu kantor perwakilan negara yang terletak di negara lain. Kedutaan Besar biasa ada di ibukota negara karena letaknya strategis dan mudah dijangkau untuk keperluan diplomatik. Indonesia juga mendirikan kantor kedutaan besarnya di negara Amerika Serikat, letaknya ada di daerah washington DC.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di amerika terletak di ibukota negara seperti KBRI di negara lain (Kedutaan besar tidak selalu harus terletak di ibukota negara). Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) memiliki berbagai keunikan tersendiri. Keunikan dapat ditanpilkan pada berbagai hal, seperti bentuk bangunan, budaya yang dibawa, keadaan dan suasana. 

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Amerika Serikat merupakan salah satu KBRI dengan keunikan yang tersendiri. Kondisi Amerika yang merupakan negara maju membuat suasana aman dan nyaman dapat dirasakan.

Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Amerika Serikat dikenal memiliki konsep gedung yang unik. Bangunan ini cukup melegenda karena memiliki sejarah dan bentuk bangunan yang cenderung seperti hal nya bangunan lama.

Gedung kantor KBRI Amerika Serikat kala musim salju
Gedung kantor KBRI Amerika Serikat kala musim salju

Hal unik yang membuat KBRI Amerika Serikat diantaranya yaitu:

Tangga Khas gaya victoria. 

Tangga di KBRI Amerika Serikat
Tangga di KBRI Amerika Serikat

Gaya klasik yang ada di dalam kantor KBRI membuat siapa saja yang berkunjung akan kaget akan kemegahan yang ada didalamnya. hal yang dapat dilihat salah satunya yaitu tangga bergaya klasik seperti gambar diatas. lampu gantung yang ada di beberapa dinding membuat siapapun yang berkunjung akan kagum.

kondisi desain tangga dan ornamen dinding merupakan ciri khas gedung KBRI. sebelumnya gedung ini merupakan bangunan lama sehingga konsep gaya klasik yang unik dipilih tidak diganti dengan konsep modern. Pilihan pengurus gedung dan pegawai KBRI tersebut sangat cocok karena membuat gedung kantor terasa tidak monoton.

Patung Sarasvati

Patung dewi sarasvati
Patung dewi sarasvati

Ornamen khas budaya Indonesia pun tidak ketinggalan untuk menghiasi KBRI. Patung putih menampilkan dewi sarasvati yang kental dengan budaya hindu di Indonesia.

Sarasvati merupakan salah satu dewi utama dalam agama hindu selain Dewi Sri dan Dewi Uma. Sarasvati merepresentasikan ilmu pengetahuan dan seni. Keberadaan patung dewi sarasvati dengan jenis corak khas hindu membuat keunikan tersendiri terhadap area Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Amerika Serikat.

Meja makan klasik

Meja Makan unik dengan gaya klasik
Meja Makan unik dengan gaya klasik

Kantor KBRI didalamnya terdapat beberapa meja makan yang sering digunakan sebagai tempat perjamuan orang penting indonesia. dalam beberapa kesempatan ruang makan ini dapat dilihat oleh umum.

Gamelan

gamelan di KBRI
gamelan di KBRI

Untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada dunia. Gamelan didatangkan ke kantor KBRI di Amerika Serikat. Gamelan ini sering digunakan apabila acara-acara diplomatik maupun internal diselenggarakan. 

Patut diketahui bahwa gamelan mulai dikenalkan kepada pelajar di Amerika Serikat. Beberapa sekolah memasukan gamelan menjadi salah satu ekstrakurikuler di sekolah. Selain di Amerika Serikat hal tersebut juga ditemui di negeri kincir angin belanda. pertunjukan gamelan yang dibawakan para orang asing biasa menjadi pagelaran perwujudan persahabatan baik antara amerika dan indonesia.

Cerita berhantu

Hal yang unik dari Kantor KBRI di Amerika Serikat selain aksitektur bangunan dan barang yang ada didalamnya yaitu cerita hantu. Cerita hantu ini sudah sering diceritakan oleh orang-orang yang menginap di kantor ini. berbagai orang penting yang terpaksa menginap di kantor menganggap hal tersebut biasa. hantu yang ada di kantor KBRI dikenal berdiam diri pada suatu pojok ruang. menurut pengurus gedung cerita hantu tersebut sudah sering didengar sebelum gedung ini difungsikan sebagai kantor KBRI.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Fernanda R.