Hal Sederhana yang Kurang Diperhatikan Pengendara

Hal Sederhana yang Kurang Diperhatikan Pengendara 1

Berkendara sudah menjadi hal yang sangat umum di zaman ini. Tidak seperti dulu dimana lebih banyak pengguna angkutan umum dibanding pegendara. Jumlah pengendara yang naik ini dipengaruhi oleh kebutuhan mobilisasi yang tinggi, diiringi dengan pasar otomotif yang jauh lebih baik dibanding dulu, sehingga membuat semakin banyak kendaraan yang berkeliaran di jalanan. Selain itu, harga kendaraan yang lebih ramah di kantong juga menjadi salah satu faktor semakin banyaknya kendaraan yang beredar. Terlebih lagi, kendaraan bekas juga masih dijual.

Berkendara juga tak lepas dari beberapa hal yang harus diwaspadai dan diperhatikan. Tentu banyak yang perlu diperhatikan baik itu dari segi keselamatan, keamanan, dan aturan berkendara.

Menjaga jarak

Hal Sederhana yang Kurang Diperhatikan Pengendara 3

Menjaga jarak adalah salah satu hal yang seringkali dilupakan oleh banyak pengedara. Menjaga jarak dengan kendaraan lain penting dilakukan dengan tujuan menghindari kecelakaan. Idealnya, jarak antar kendaraan adalah tiga detik. Artinya, jika kendaraan di depan mengerem mendadak, kecelakaan, atau menabrak, pengendara yang ada di belakangnya punya waktu tiga detik untuk menghentikan atau mengalihkan kendaraan. Ini sangat penting, maka jangan dilupakan.

 

Menjaga kecepatan

Hal Sederhana yang Kurang Diperhatikan Pengendara 4

Batas kecepatan dibuat bukan tanpa alasan. Beberapa tempat memang memiliki karakter yang mengerikan. Misalnya saja, jalan berbelok atau sempit, atau jalan yang konturnya tidak rata. Tentu akan sangat berbahaya jika jalan seperti ini dilewati dengan kecepatan yang tinggi. Bisa-bisa kendaraan yang lewat malah terlempar atau melompat tak terkendali dan bisa saja mencelakai diri sendiri atau bahkan orang lain. Jadi, patuhilah batas kecepatan.

 

Menurunkan gigi pada tanjakan atau turunan

Hal Sederhana yang Kurang Diperhatikan Pengendara 5

Hal ini tidak berlaku pada kendaraan dengan transmisi otomatis. Menurunkan gigi pada jalan menanjak atau menurun sangatlah penting meski kelihatannya sederhana. Menurunkan gigi pada saat tanjakan bertujuan agar torsi bertambah sehingga tidak terjadi gejala kendaraan tidak kuat atau bahkan mundur. Sedangkan pada jalan menurun, menurunkan gigi diperlukan agar ada engine braking yang menahan laju kendaraan, sehingga dapat menghemat kampas rem.

 

Menurunkan kecepatan saat tikungan

Hal Sederhana yang Kurang Diperhatikan Pengendara 6

Menurunkan kecepatan saat tikungan juga tak kalah penting. Saat tikungan, kendaraan perlu berbelok. Dan agar lebih mudah dikendalikan, kecepatan perlu diturunkan agar pengendara lebih longgar untuk mengendalikan kendaraan. Jika kecepatan tidak diturunkan saat jalan berbelok, bisa saja kendaraan malah tergelincir atau hilang kendali.

 

Berjalan lambat di persimpangan

Hal Sederhana yang Kurang Diperhatikan Pengendara 7

Ini sangat sering dilupakan. Kita dapat melihat sendiri di persimpangan. Biasanya pengendara justru malah mempercepat laju kendaraan saat persimpangan, dengan tujuan agar tidak ketinggalan lampu hijau. Hal ini dapat membahayakan karena bisa saja lampu hijau tiba-tiba merah saat kecepatan sedang tinggi, sementara dari arah lain kendaraan sudah memacu gas. Bisa terjadi tabrakan. Maka dari itu, harap berjalan lambat jika mendekati atau berada di sekitar persimpangan jalan.

Demikian, itu beberapa hal yang seringkali dilupakan pengendara. Harap semuanya memperhatikan dan jangan melupakan hal-hal tersebut diatas.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

EnamDelapan

   

Sukses hanyalah tentang seberapa beruntung kita. Tuhanlah yang menentukan keberuntungan itu, kita hanya bisa berdoa dan berusaha.