Harus Jadi Pelajaran Berharga, Mereka Pun Kena OTT KPK

Harus Jadi Pelajaran Berharga, Mereka Pun Kena OTT KPK

Jumat, 27 Februari 2021 kemarin, masyarakat kembali dihebohkan dengan kabar Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan () terhadap Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, di rumah dinasnya, di Makassar, pada dini hari. Informasinya, Nurdin Abdullah diamankan bersama seorang pejabat Provinsi Sulawesi Selatan dan seorang kontraktor.

Setelah sempat mendapat bantahan dari Juru Bicara Gubernur yang mengatakan bahwa Gubernur dibawa ke Jakarta oleh secara terhormat untuk dimintai keterangannya, sang Gubernur pada akhirnya ditetapkan sebagai tersangka dalam operasi tersebut.

OTT oleh yang dialami seorang pejabat publik sebenarnya bukan baru kali ini terjadi. Selama tahun 2020 saja, tercatat ada tujuh pejabat yang harus menerima kenyataan ditangkap tangan oleh lembaga anti ini. Berikut lima di antaranya:

Baca juga  Mengkaji Socrates, Pengetahuan untuk Kebajikan

1. Saiful Ilah, Bupati Sidoarjo

Harus Jadi Pelajaran Berharga, Mereka Pun Kena OTT KPK

Penangkapan terhadap Saiful dilakukan di kantornya di Sidoarjo, pada awal tahun 2020, tepatnya 7 Januari 2020. Dia diamankan bersama lima orang lainnya, yang terdiri atas tiga penerima suap dan dua pemberi suap. Total, uang yang berhasil diamankan dari kasus ini mencapai Rp1,81 miliar. Uang ini disita dari sejumlah pihak.

Baca juga  Korupsi Tak Ada Habisnya

2. Wahyu Setiawan, Komisioner KPU

Komisioner KPU Wahyu Setiawan
Komisioner KPU Wahyu Setiawan

Wahyu Setiawan ditangkap tangan tepat sehari setelah penangkapan Bupati Sidoarjo Saifullah. Wahyu akhirnya menjadi tersangka bersama mantan anggota Bawaslu Agustiani  Tio Fridelina  dan seorang pihak swasta, atas kasus dugaan suap terkait penetapan anggota DPR terpilih periode 2019-2024.

3. Ismunandar, Bupati Kutai Timur

Ismunandar, Bupati Kutai Timur
Ismunandar, Bupati Kutai Timur

Penangkapan terhadap Ismunandar dilakukan pada Kamis 2 Juli 2020. OTT tersebut berhasil menangkap 15 orang. Penangkapan dilakukan di tiga tempat berbeda, yakni tujuh orang ditangkap di Jakarta, dan sisanya di Kutai Timur serta Samarinda.

4. Pejabat UNJ

OTT berikutnya dirasakan seorang pejabat di lingkungan Universitas Negeri Jakarta (UNJ), pada 20 Mei 2020. Saat itu, bersama Inspektorat Jenderal Kemendikbud menemukan barang bukti uang berjumlah Rp27,5 juta dan 1.200 dollar AS.

Baca juga  Jauhi Korupsi Kecil-Kecilan di Sekitar Kita, Yuk Simak Apa Aja

5. Edhy Prabowo, Kelautan dan Perikanan

Edhy Prabowo, Menteri Kelautan dan Perikanan
Edhy Prabowo, Kelautan dan Perikanan

Dikutip dari Kompas.com (25/11/2020), Edhy Prabowo diamankan bersama istri dan sejumlah pejabat kementerian, sesudah melakukan kunjungan kerja di Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat, pada 25 November 2020.

Dari penangkapan tersebut menetapkan tujuh orang tersangka termasuk Edhy, dengan kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji terkait perizinan tambak, usaha, atau pengelolaan perikanan tahun 2020.

Sebenarnya, masih banyak lagi pejabat yang pernah merasakan . Namun, menurut penulis, pada tahun 2020 itu lima inilah yang paling menyita perhatian publik.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Sahril Kadir

   

Tulisanku membuatku tetap hidup, meski saat ku tiada nanti