Harus tau! 5 masakan nasi khas jawa tengah yang bikin ngiler


Harus tau! 5 masakan nasi khas jawa tengah yang bikin ngiler 1

bagi sebagian masyarakat nasi merupakan makanan utama yang wajib ada setiap hari, khususnya daerah jawa yang mayoritas penduduknya mengkonsumsi nasi. di daerah jawa tengah sendiri ada nasi khas daerah yang bikin pengunjung ataupun masyarakat sekitar bikin ngiler.

penasaran apa saja? yuk kepoin di bawah ini.

Nasi Ponggol – Tegal

Harus tau! 5 masakan nasi khas jawa tengah yang bikin ngiler 3

kalau kalian mampi ke tegal jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas tegal ini, yaitu nasi ponggol. biasanya orang yang berjualan nasi ponggol pada malam hari. nasi ponggol sendiri ialah nasi yang di beri lauk berupa sambal goreng dan di bungkus dengan daun pisang. selain sambal goreng ada juga tambahan acar, mie, sayur gori, dll. bisa pilih sesuai selera.

 

Nasi Megono – Pekalongan

Harus tau! 5 masakan nasi khas jawa tengah yang bikin ngiler 4

nasi megono sendiri biasanya di jajakan di sekitar wilayah jalan pantura sepanjang arah pekalongan-Batang, jadi sangatlah muda untuk mencarinya bagi kalian yang lewat arah pantura. cita rasa khasnya terdiri dari cacahan sayur gori/nangka yang di tabur dengan parutan kelapa dan beserta bumbu pendamping lainnya.

 

Nasi Brongkos – Demak

Harus tau! 5 masakan nasi khas jawa tengah yang bikin ngiler 5

Masakan khas nasi selanjutnya berada di demak, yaitu nasi brogkos yang biasanya di sajikan dengan kentang, buncis dan kacang merah dan di tambahi dengan aneka lauk seperti tahu, tempe, telur dan ayam. untuk menemukan kuliner ini tidaklah sulit biasanya di temukan di setiap warung sekitaran demak.

 

Nasi Jangkrik – Kudus

Harus tau! 5 masakan nasi khas jawa tengah yang bikin ngiler 6

apa yang terfikir di benak anda ketika mendengar nasi jangkrik, meski namanya nasi jangkrik tapi tidak ada sama sekali hewan jangkriknya lho. nasi jangkrik ini di hidangkan dengan daging kerbau dan guyuran kuah santan yang kaya rasa di bungkus dengan daun jati. biasanya nasi jangkrik tidak di jajakan penjual hanya di sajikan ketika bulan muharram di masjid menara kudus.

 

Nasi Gandul – Pati

Harus tau! 5 masakan nasi khas jawa tengah yang bikin ngiler 7

asal mula nama nasi gandul ini konon zaman dahulu nasi ini di bungkus dengan daun pisang kemudian di gantung pada bambu saat di jajakan keliling kampung, sekarang banyak pedagang yang menjajakan kuliner ini di setiap jalan kabupaten pati. nasi gandul sendiri merupakan olahan daging sapi beserta jeroannya yang di masak dengan bumbu rempah dan kuah santan. nasi gandul ini menjadi favorit kuliner masyarakat pati sendiri lho.

itulah 5 masakan nasi yang terkenal di daerah jawa tengah, tentunya masih banyak lagi kuliner khas lainnya di daerah jawa tengah yang wajib kamu cicipi.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rifqi Muslim

   

Alumni UIN Walisongo Semarang Jurusan Aqidah Filsafat

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments