Harus tau! 5 mitos kehidupan orang jawa paling populer dan melegenda


Harus tau! 5 mitos kehidupan orang jawa paling populer dan melegenda 1

Masyarakat jawa terkenal ramah akan tradisinya yang unik. Keunikannya terletak pada kepercayaan masyarakat yang mendarah daging hingga anak cucu. Walaupun itu teredengar aneh, akan tetapi kalau di pikir-pikir itu masuk akal dan mempunyai hikmah pelajaran.

Berikut 5 mitos yang beredar di masyarakat jawa :

1. Duduk di atas bantal bisa bikin bisulan

Harus tau! 5 mitos kehidupan orang jawa paling populer dan melegenda 3mitos ini berkembang di masyarakat jawa, pada umumnya masyarakat jawa duduk lesehan tanpa alas apapun asal yang di duduki itu bersih. akan tetapi anak-anak biasanya menduduki bantal. hal ini mengajarkan bahwa bantal itu digunakan sesuai dengan fungsi semestinya untuk sandaran kepala. jika ada anak yang menduduki bantal maka akan di taku-takuti pantatnya bakalan bisulan.

 

2. Anak gadis yang duduk di muka pintu akan sulit mendapat jodoh

Harus tau! 5 mitos kehidupan orang jawa paling populer dan melegenda 4

pada masyarakat jawa umumnya anak gadis sangat menjaga kehormatan tingkah laku mereka. kepercayaan ini mengajarkan kepada anak perempuan agar berlaku sopan dan santun. karena pintu merupakan jalan masuk dan keluar, apabila anak gadis berada di muka pintu akan menghalangi seseorang yang datang dan keluar.

 

3. Anak-anak yang masih bermain hingga petang akan di ambil “candi ala”

Harus tau! 5 mitos kehidupan orang jawa paling populer dan melegenda 5

candi ala merupakan sebutan bencana buruk yang mengakibatkan seseorang hilang tanpa jejak. mitos ini mendidik anak agar pada waktu petang menghentikan kebiasaan bermain, karena waktu petang itu adalah waktunya untuk sholat maghrib, kumpul keluarga dan mengaji. waktu petang di anggap waktu yang mustajab bagi masyarakat jawa untuk berdo’a dan beribadah, jadi sangat tidak di sarankan untuk anak keluar rumah untuk bermain.

 

4. Ketika makan harus di habiskan agar ayamnya tidak mati

Harus tau! 5 mitos kehidupan orang jawa paling populer dan melegenda 6

kebanyakan masyarakan dahulu sangat gemar memelihara hewan ternak ayam. walaupun tidak mereka konsumsi akan tetapi di gunakan untuk waktu terbitnya fajar. kepercayaan ini ditujukan kepada orang yang nafsu makannya rendah agar selalu menghabiskan makanannya dan mensyukuri nikmat yang ada.

 

5. kalau menyapu harus bersih agar suaminya tidak brewokan

Harus tau! 5 mitos kehidupan orang jawa paling populer dan melegenda 7

pada umumnya anak gadis sangat mengidam-idamkan pasangan yang bersih tanpa kumis dan janggut. hal ini karena adanya brewok cenderung dianggap tidak bersih. mitos ini mengajarkan kepada anak perempuan agar membersihkan ruangan dengan bersih dan rapi.

itulah mitos yang melegenda masyarakat jawa yang dapat kita ambil hikmahnya. semoga bermanfaat.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rifqi Muslim

   

Alumni UIN Walisongo Semarang Jurusan Aqidah Filsafat

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap