Hidup Sehat Dengan Cuci Tangan

Hidup Sehat Dengan Cuci Tangan 1

Menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting. Terlebih disaat seperti ini. Adanya pandemi covid-19 mengharuskan kita untuk menjaga kebersihan diri sendiri. Menjaga kesehatan tubuh bisa dimulai dari hal yang sederhana, seperti mencuci tangan menggunakan sabun. Mulai sekarang kita harus membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan baik dan benar agar terhindar dari penyakit.

Tangan adalah salah satu anggota tubuh yang sering kita gunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Maka dari itu tanpa kita duga banyak kuman yang menghinggap di daerah telapak tangan kita. Kita tidak boleh menganggap hal ini sepele, karena tangan juga merupakan perantara dari berbagai penyakit menular.

Banyak dari kita yang menganggap mencuci tangan merupakan hal yang membuang waktu. Padahal dari hal sederhana mencuci tangan ini dapat mencegah penyebaran kuman. Karena kuman yang sifatnya kecil dan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, menyebabkan orang-orang masih menyepelekan cuci tangan.

Tanpa kita sadari aktivitas sehari-hari kita memakai tangan dan selalu bersentuhan dengan benda-benda yang ada disekitar kita. Seperti memegang gagang pintu, menggunakan handphone dan benda-benda lainnya yang sering di sentuh oleh banyak orang.

Sekarang kita mengetahui bahwa mencuci tangan sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Memang terlihat sederhana dan sepele, namun efek yang kita rasakan nanti nya sangat menguntungkan untuk diri sendiri dan juga orang lain. Untuk mencegah bakteri yang terdapat di tangan kita, ada baik nya kita mencuci tangan terutama saat sebelum dan sesudah makan.

Berikut adalah tata cara mencuci tangan menggunakan sabun dengan baik dan benar.

  1. Basahi tangan dengan air yang bersih.
  2. Lalu gunakan sabun cuci tangan secukupnya.
  3. Gosok kedua tangan anda sampai sabun nya berbusa.
  4. Selanjutnya, dengan telapak tangan kanan, bersihkan punggung dan sela-sela jari tangan kanan. Lakukan cara yang berulang di tangan kiri anda.
  5. Bagian ibu jari tangan jangan lupa di gosok juga dengan cara memutar.
  6. Bilas kedua tangan sampai bersih dan tidak tersisa sabun menggunakan air lagi.
  7. Setelah itu, keringkan dengan tisu atau handuk bersih.

Namun ditengah maraknya virus Covid-19 saat ini, mencuci tangan juga bisa menggunakan hand sanitizer. Karena tidak semua tempat menyediakan untuk cuci tangan, kita dapat menggunakan hand sanitizer yang mudah untuk dibawa kemana saja. Hand sanitizer juga banyak dijual minimarmket maupun supermarket.

Manfaat mencuci tangan untuk kesehatan sudah diakui World Health Organization (WHO). Namun masih banyak dari kita juga yang enggan untuk sering-sering mencuci tangan setelah beraktivitas. Penyakit infeksi tidak harus masuk melalui mulut, tapi bisa melewati mata dan juga hidung. Terlebih lagi melalui tangan juga.

Maka dari itu kita harus menjadikan mencuci tangan sebagai gaya hidup sekarang, terlebih saat pandemi ini. Kita harus rajin-rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah aktivitas agar terhindar dari penyakit dan menularkan nya kepada orang lain. Untuk menjaga oarng yang kita sayangi agar terhindar dari berbagai macam penyakit, sebaiknya kita menjaga kesehatan diri kita terlebih dahulu. Karena bisa saja satu hal yang kita lakukan menurut kita benar dapat membuat orang lain terserang penyakit menular.

Mari kita mencuci tangan untuk terhindar dari bakteri-bakteri yang terdapat di telapak tangan kita. Dengan begitu, kita dapat mencegah penularannya ke orang lain. Biasakan diri kita untuk membawa hand sanitizer bila berpergian karena lebih mudah dan praktis tanpa mencari tempat untuk cuci tangan.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

adinda mutiara