Hilangkan Milia di Wajah dengan 7 Cara Alami Ini Yuk!

Hilangkan Milia di Wajah dengan 7 Cara Alami Ini Yuk! 1

Di wajahmu muncul bintik-bintik seperti biang keringat? Kalau iya, berarti kamu mengalami yang namanya Milia. Milia atau bintik-bintik kecil seperti biang keringat ini umumnya terjadi pada bayi, tapi nyatanya orang dewasa juga bisa mengalaminya lho. Milia biasanya muncul pada area sekitar wajah, seperti hidung, mata, dahi, serta pipi. Kemunculan ini tentunya bakal menganggu penampilan kamu.

Tapi kamu nggak perlu khawatir, Milia bisa menghilang kok. Ini 7 cara menghilangkan Milia secara alami.

1. Rutin membersihkan wajah

Hilangkan Milia di Wajah dengan 7 Cara Alami Ini Yuk! 3

Membersihkan wajah tentu menjadi rutinitas wajib yang harus dilakukan agar kulit wajahmu tetap bersih dan terawat. Apalagi setelah kamu berpergian ke luar rumah. Ternyata cara ini juga bisa membantumu menghilangkan Milia lho.

Pastikan kamu mencuci wajahmu menggunakan sabun atau pembersih wajah yang mengandung asam salisilat, asam sitrait dan asam glikolat setiap hari ya. Kandungan-kandungan tersebut dapat membantu mengatasi berbagai kondisi kulit akibat pertumbuhan sel-sel kulit berlebihan dan membantu mengangkat kotoran yang terjebak pada pori-pori wajah kamu. Nah pembersih ini tentunya juga bisa membantu menghilangkan bintik-bintik milia secara perlahan.

Tapi, sebelum mencuci wajah pastikan mencuci tanganmu lebih dulu.

2. Dengan Uap

Hilangkan Milia di Wajah dengan 7 Cara Alami Ini Yuk! 4

Teknik yang mudah ini bisa dilakukan di rumah lho. Nggak perlu bahan-bahan yang ribet, kamu cukup merebus air hingga panas lalu tuang ke dalam baskom kecil. Posisikan wajah kamu tepat di atas air, dengan uap yang langsung mengenai wajah kamu.

Gunakanlah handuk untuk menutupi bagian kepala kamu agar uap hanya fokus pada wajah terutama pada bagian Milia. Uap tersebut akan membuka pori-pori wajah. Lakukan teknik ini secara rutin ya untuk mendapat hasil maksimal.

3. Menggunakan sunscreen

Hilangkan Milia di Wajah dengan 7 Cara Alami Ini Yuk! 5

Sering beraktivitas di luar ruangan akhirnya membuatmu terkena paparan sinar matahari langsung. Padahal sinar matahari bisa menimbulkan berbagai efek negatif lho salah satunya adalah penebalan kulit. Jaringan epidermis yang menebal pada kulit bisa menyebabkan keratin yang berada di bawah sulit untuk keluar. Akibat tersumbatnya keratin inilah Milia bisa timbul.

Nah untuk mencegah timbulnya Milia, kamu harus menggunakan sunscreen atau krim tabir surya saat beraktivitas di bawah sinar matahari. Gunakanlah krim yang memang dikhususkan untuk perawatan wajah yaitu bebas minyak.

4. Eksfoliasi wajah

Hilangkan Milia di Wajah dengan 7 Cara Alami Ini Yuk! 6

Eksfoliasi adalah teknik perawatan kulit yang berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Cara ini juga bisa dilakukan untuk menghilangkan Milia. Nggak perlu repot-repot ke salon kecantikan kok, kamu juga bisa melakukannya di rumah dengan bahan-bahan alami. Contohnya adalah dengan menggunakan gula pasir atau gula merah yang dicampurkan dengan minyak zaitun hingga membentuk scrub.

Bersihkan terlebih dahulu wajahmu dengan air lalu oleskan scrub pada bagian wajah yang terdapat milia secara perlahan selama 20 hingga 30 detik. Setelahnya bilas dengan air bersih. Lakukanlah ekfoliasi ini setidaknya 3 kali dalam seminggu hingga milia yang ada pada wajahmu menghilang.

5. Hindari penggunaan make up tebal

Hilangkan Milia di Wajah dengan 7 Cara Alami Ini Yuk! 7

Milia memang bisa mengurangi tingkat kepercayaan diri, khususnya bagi wanita. Maka dari itu untuk menyiasatinya kamu cenderung akan menggunakan make up yang berlebih untuk menutupi Milia. Padahal, penggunaan make up yang terlalu tebal justru akan membuat Milia bertahan lama lho. Ketebalan dari make up yang digunakan tentu akan membuat wajahmu kotor dan akhirnya menyumbat pori-pori di wajah yang membuat Milia sulit dihilangkan.

Nah mulai sekarang, jangan lagi deh menggunakan make up terlalu tebal. Selain Milia akan sulit hilang, wajahmu pun rentan akan jerawat.

6. Menggunakan krim wajah yang mengandung Retinol

Hilangkan Milia di Wajah dengan 7 Cara Alami Ini Yuk! 8

Retinol merupakan krim wajah yang mengandung vitamin A dan memiliki khasiat untuk eksfoliasi wajah yang bisa membuat kulit wajahmu tetap halus, bersih serta meningkatkan produksi kolagen. Ternyata, Retinol juga bisa lho digunakan untuk menghilangkan Milia. Caranya kamu cukup mengoleskannya secara tipis pada bagian yang terdapat Milia dan jangan sampai terkena di area mata. Penggunaan Retinol pada area mata akan membuat kulit iritasi dan rusak.

7. Menggunakan masker madu

Hilangkan Milia di Wajah dengan 7 Cara Alami Ini Yuk! 9

Pemicu timbulnya milia biasanya karena wajah yang cenderung kering dan terdapat sel-sel kulit mati. Oleh karena itu wajib untuk membuat wajahmu lembab sepanjang hari, salah satunya dengan menggunakan madu. Madu yang memiliki sifat anti-oksidan dan humektan dapat membuat serta mempertahankan kelembaban kulit wajahmu. Selain itu, kandungan asam amino serta vitamin yang bersifat antibakteri dan anflimasi yang terdapat dalam madu ini juga bisa mengangkat sel-sel kulit mati.

Nah untuk menghilangkan Milia dengan madu, kamu bisa mengaplikasikannya ke seluruh wajah secara merata dan biarkan selama 15 hingga 20 menit. Setelahnya bilas dengan air bersih. Lakukanlah cara ini 3 hingga 4 kali selama seminggu, sebelum tidur sampai Milia perlahan menghilang.

Sudah siap memiliki wajah yang kembali bersih dengan mencoba cara di atas? Selamat mencoba!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Arvi Resvita ES