Hindari Stres Jika Tidak Ingin Terkena Problem Pada Kulit yang Serius Seperti Ini

Hindari Stres Jika Tidak Ingin Terkena Problem Pada Kulit yang Serius Seperti Ini

Selama bertahun – tahun, banyak pakar mulai meneliti kaitan antara stres dan problem yang terjadi pada kulit. Ternyata, dua hal ini memang saling berhubungan. Stres dapat memicu respon – respon kimia pada tubuh yang berdampak pada kulit yang menjadi lebih sensitif dan reaktif.

Selain itu, problem – yang muncul akibat perasaan stres, depresi, dan tertekan, lebih sulit disembuhkan ketimbang yang tidak disebabkan ketiga hal tersebut, demikian menurut hasil penelitian.

 

Dari sini, kita bisa melihat betapa seriusnya pengaruh stres terhadap kesehatan kulit.
Mengapa stres bisa memicu problem pada kulit?

Ingatkah Anda bahwa ketika Anda stres, Anda akan lebih mudah berkeringat? Hal ini disebabkan saat Anda stres, tubuh memproduksi kortisol dan hormon lain sehingga merangsang keluarnya keringat yang disertai minyak berlebih, terutama pada kulit wajah.

Hindari Stres Jika Tidak Ingin Terkena Problem Pada Kulit yang Serius Seperti Ini

Dalam kondisi seperti ini, tentunya kulit menjadi lebih mudah terkena jerawat dan lainnya ketimbang kulit orang normal yang tidak mengalami stres.

 

Dampak yang ditimbulkan saat stres

1. Problem yang ada pada kulit menjadi lebih parah. Misalnya bagi penderita eczema, ketika mereka merasa stres, kulit wajah mereka akan bertambah kemerahan. Bagi mereka yang memiliki problem dengan jerawat, sangat mungkin jerawat yang ada di wajah mereka semakin bertambah banyak ketika mereka stres.

2. Stres mengganggu jadwal perawatan kulit. Saat kita stres, pastinya kita menjadi lebih malas untuk melakukan banyak hal, termasuk untuk melakukan perawatan wajah. Sehingga, problem pada kulit akan lebih lama disembuhkan.

 

8 cara mengurangi efek stres pada kulit

Hindari Stres Jika Tidak Ingin Terkena Problem Pada Kulit yang Serius Seperti Ini

Stres terkadang merupakan hal yang tidak dapat kita hindari, terutama bagi mereka yang bergelut dengan tuntutan pekerjaan yang tinggi di era modern ini. Walhasil, kulit mereka pun akan terkena dampak dari stres yang mereka alami.

 

Untuk mengurangi efeknya, lakukan 8 cara berikut ini.

1. Jangan malas melakukan perawatan wajah rutin. Tetap lakukan hal ini secara berkala meskipun Anda tengah stres, sibuk, dan lelah.

2. Lakukan olahraga secara rutin. Olahraga yang rutin baik untuk kulit dan kesehatan tubuh.

3. Sempatkan waktu bagi Anda untuk melakukan hal yang Anda sukai meskipun hanya sejenak, misalnya bepergian, mendengarkan musik, atau menonton film favorit. Setelah itu, mandi dengan air hangat yang dicampur sedikit garam dan usahakan agar tubuh rileks.

4. Berjalan–jalanlah sesekali.

5. Gunakan teknik managemen stres, misalnya latihan pernafasan, yoga, atau meditasi.

6. Tidur yang cukup, yakni 7 hingga 8 jam per hari.

7. Kurangi beban pekerjaan. Hal ini supaya Anda tidak terlalu stres yang akhirnya memicu masalah pada kulit.

8. Konsultasikan masalah Anda dengan orang terdekat, terapis, atau pskiater.

Itulah dampak yang terjadi pada kulit akibat stres serta cara meminimalisir dampak negatif tersebut. (*)

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan