Hoax Manfaat Wortel untuk Mata dan Propaganda Inggris pada Perang Dunia II


Hoax Manfaat Wortel untuk Mata dan Propaganda Inggris pada Perang Dunia II 1

Siapa di sini yang dulu sering diomeli orang tuanya karena tidak suka makan wortel? Katanya sih, wortel harus sering-sering dimakan karena baik untuk kesehatan mata. Ya, hal tersebut seakan sudah menjadi anggapan umum dan masih dipercaya hingga saat ini.

Memang hal itu tidak salah, tapi tidak juga sepenuhnya benar. Wortel mengandung karotenoid yang merupakan salah satu jenis provitamin, di mana provitamin tersebut akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh manusia. Namun, perlu dipahami bahwa hal ini akan terjadi jika tubuhmu kekurangan vitamin A. Jika tubuh sudah mengandung vitamin A yang cukup, maka karotenoid dari wortel tersebut tidak akan diproses oleh tubuh.

Meski wortel pada dasarnya memiliki pengaruh yang baik untuk mata, namun yang terjadi saat ini adalah salah kaprah oleh kebanyakan orang yang terlalu melebih-lebihkan kegunaan wortel. Meski dimakan dalam jumlah banyak, wortel bahkan tidak akan bisa mengurangi keluhan mata minus sekalipun.

Mitos manfaat mengkonsumsi wortel pada kesehatan mata sendiri tidak datang begitu saja. Hal ini punya latar belakang sejarah yang cukup unik. Adalah Inggris pada Perang Dunia II yang menjadi biang kerok dalam kesalahpahaman orang-orang terhadap wortel hingga saat ini. Kok bisa? Ya, simak terus artikel ini.

Bermula dari Propaganda Inggris pada Perang Dunia II

Selama Perang Dunia II, ada banyak teknologi yang bermunculan seperti mesin enigma (mesin kode milik Nazi) hingga berbagai kendaraan maupun perlengkapan senjata terbaru. Salah satunya adalah Inggris, yang saat itu sedang mengembangkan teknologi radar untuk pesawat tempur mereka. Ketika itu Inggris sedang berperang melawan Jerman dan teknologi radar bagi pesawat belum lumrah seperti sekarang.

Teknologi rahasia yang dimaksud adalah Airborne Interception Radar atau juga disebut dengan AI. Teknologi tersebut pada akhirnya memiliki peran yang sangat penting untuk Inggris. Dengan teknologi itu, pesawat tempur Inggris mampu mendeteksi pesawat pembom musuh sebelum mereka mencapai Selat Inggris – meski kondisi saat itu sedang gelap karena di malam hari.

Teknologi AI mulai dikembangkan pada tahun 1939. Pada tahun 1940, John Cunningham menjadi orang pertama yang berhasil menjatuhkan pesawat musuh di malam hari dengan bantuan radar ini. Ia sampai dijuluki “Si Mata Kucing” karena hal tersebut dianggap mustahil untuk dilakukan di zaman itu.

Tentunya pada saat itu Inggris harus merahasiakan teknologi tersebut agar tidak diketahui musuh. Agar informasi radar tersebut tidak bocor, Inggris lalu membuat sebuah propaganda unik namun hasilnya lumayan efektif. Mereka seakan menutupi keberadaan teknologi radar dengan menjadikan pilot-pilot mereka sebagai pahlawan super yang bisa melihat dalam gelap karena memakan banyak wortel.

Hoax Manfaat Wortel untuk Mata dan Propaganda Inggris pada Perang Dunia II 3

Perlu diketahui, ketika itu wortel termasuk sebagai salah satu sayuran yang kurang populer di kalangan masyarakat Inggris. Meski demikian, wortel sendiri dapat tumbuh dengan mudah di daratan Inggris dan hal itu dimanfaatkan pemerintah Inggris sebagai salah satu asupan makanan utama untuk para tentaranya. Propaganda pun berhasil dibuat. Inggris beralibi kalau pilot mereka bisa melihat dalam gelap karena diberikan asupan wortel yang berlimpah setiap harinya.

Rumor akan penglihatan super yang dimiliki pilot-pilot Inggris akhirnya beredar luas. Jerman sendiri tidak memberikan tanggapan berarti terkait rumor tersebut. Justru korban terbesar dari rumor itu adalah masyarakat Inggris sendiri. Ya, wortel kemudian sangat dipercaya sebagai sayuran ajaib yang bisa membuat seseorang mampu melihat dalam gelap. Masyarakat Inggris sampai berlomba-lomba mengkonsumsi banyak wortel bahkan sempat dijadikan makanan camilan.

Propaganda yang Akhirnya Terbongkar

Propaganda tersebut akhirnya terbongkar pada tahun 1941. Ketika itu Jerman menemukan teknologi radar AI di sisa-sisa puing pesawat Inggris yang melakukan pendaratan darurat di Prancis. Kehebatan wortel yang dianggap bisa membuat orang melihat dalam gelap pun sirna.

Meski begitu, wortel justru tetap menjadi makanan yang populer di Inggris karena baru diketahui memiliki kandungan gula yang alami. Akhirnya wortel banyak digunakan sebagai pengganti gula dalam olahan sayuran karena bisa memberikan rasa manis. Maka, berakhirlah anggapan kalau wortel bisa membantu orang melihat dalam gelap.

Sekali lagi, hal ini bukan berarti wortel tidak berguna untuk mata. Wortel tetap baik untuk kesehatan mata namun tidak sehebat yang dipikirkan banyak orang. Jadi lebih baik konsumsi sayur-sayuran yang seimbang dan itu lebih baik untuk tubuhmu secara umum.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Mister IR

   

Akan membagikan segala informasi kepada Sobat Mister semua.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap