Hobi Otomotif yang Imagenya Turun


Hobi Otomotif yang Imagenya Turun 1

Otomotif kini bukan sekedar keperluan dalam hal transportasi, tapi sudah menjadi hobi untuk sebagian orang. Memang pada awalnya otomotif hanya sekedar keperluan dalam mempelajari berbagai sistem pada alat-alat transportasi. Bisa itu memodifikasi, meng-upgrade, merawat, dan memperbaiki.

Seiring berkembangnya zaman, alat transportasi sudah menjadi ‘mainan’ atau hobi. Misalnya saja mobil, sepeda motor, atau truk. Mobil bukan hanya sebagai pengangkut orang, tapi sudah menjadi alat untuk dimodifikasi, dipercantik, dan diperbagus. Begitu juga sepeda motor dan truk yang kini sudah banyak dimodifikasi dan bentuknya semakin bervariasi.

Hobi Otomotif yang Imagenya Turun 3

Sayangnya, hobi otomotif kini sudah memiliki image yang buruk dimata masyarakat. Hal ini tentunya terjadi karena banyak oknum yang membuat onar di wilayahnya. Tak cukup membuat onar, banyak juga oknum yang membahayakan orang lain, inilah yang meresahkan. Berikut adalah hal-hal atau tren-tren yang membuat image dari penggemar otomotif menjadi buruk.

Tren balapan

Hobi Otomotif yang Imagenya Turun 4

Tren balapan yang saya maksud disini adalah tren balapan liar. Sering terjadi balapan liar di jalan umum, sehingga membahayakan orang lain baik itu yang berkendara maupun orang-orang di sisi jalan. Bahkan lebih parah lagi, beberapa balapan liar justru diselenggarakan sampai menutup jalan. Ini bukan hanya meresahkan masyarakat. Orang-orang yang sedang pergi keluar rumah pun pasti terganggu dengan ditutupnya jalan dan harus memutar ke jalan lain yang lebih jauh.

Balapan memang tidak salah. Sebenarnya banyak sirkuit yang disediakan untuk balapan. Jika balapan dilaksanakan pada tempatnya, tentu tidak akan meresahkan. Selain itu, balapan juga harus diorganisir oleh organisasi yang sudah terlisensi dan berizin.

Geber-geber

Hobi Otomotif yang Imagenya Turun 5

Tren menggeber sepeda motor juga sempat viral beberapa waktu lalu, bahkan hingga kini. Dalam beberapa kondisi, menggeber memang tidak salah. Misal, saat kendaraan baru diservis, kadang memang perlu digeber. Selain itu saat kendaraan membutuhkan tenaga lebih juga perlu digeber. Atau dalam kondisi lain misalnya saat sedang dalam bahaya seperti rampok atau begal, menggeber bisa dilakukan untuk menarik perhatian.

Yang sangat disayangkan dari hal ini adalah seringkali banyak oknum yang menggeber kendaraan pada tempat yang tidak tepat. Misalnya, untuk memamerkan knalpot bising, suara mesin yang indah, atau hanya untuk membuat keributan. Kadang di gang sempit juga digeber sehingga mengganggu warga sekitar.

Bocil SunMoRi

SunMoRi (Sunday Morning Ride) adalah tren yang dulu diperkenalkan oleh motovlogger-motovloger terkenal seperti The Jakarta Roads, Jodie Motovlog, dan lain-lain. Biasanya, mereka berkendara sepeda motor di hari Minggu dimana hari Minggu adalah hari libur dan cocok untuk berkendara. Meskipun kadang tanpa tujuan, namun berkendara juga punya sensasi tersendiri untuk dinikmati.

Bocil (Bocah Kecil) ikut ketularan oleh tren SunMoRi ini setelah para biker atau rider dewasa mengikuti. Tidak ada masalah untuk rider atau biker dewasa, karena mereka memang cukup umur. Sedangkan para bocah yang notabene masih dibawah umur, mereka bukan hanya belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), tapi usia yang masih belum dewasa membuat mereka belum bisa mengontrol emosi dengan baik. Sehingga, tak jarang terjadi bocah-bocah ini membuat masalah di jalan.

Tren Oleng

Hobi Otomotif yang Imagenya Turun 6

Tren ini entah kapan mulai terkenalnya. Tren ini terjadi di ranah para Truckers yang berjalan zig-zag, membuat truk bergoyang ke kanan dan kiri. Selain truk, tren oleng ini juga terjadi di bus, mobil biasa, bahkan pick-up.

Tren ini cukup meresahkan karena mengendarai kendaraan secara zig-zag bisa membahayakan kendaraan lain seperti yang mau menyalip, atau kendaraan yang ada di arah berlawanan. Selain itu kendaraan yang dikendarai seperti itu juga sangat memungkinkan untuk kehilangan kendali dan bisa saja membahayakan atau bahkan membunuh nyawa yang tidak bersalah.

kreator konten membuat masalah di jalan

Ini bukan tren, tapi banyak terjadi. Banyak pengguna jalan yang membuat onar di jalan. Bisa itu menghajar orang, mengintimidasi orang lain, ataupun membuat keributan seperti yang banyak terjadi dan sempat dikeluhkan oleh banyak rider, biker, driver, dan lain-lain.

Seperti yang dikeluhkan banyak orang, banyak kreator konten yang membuat masalah secara settingan hanya untuk kepentingan sensasi dan popularitas. Ini memanfaatkan warganet yang biasanya lebih tertarik pada pertengkaran, keributan, dan sensasi yang buruk.

Demikian, itu beberapa hal yang merusak image penggemar otomotif. Otomotif adalah keperluan, bisa juga menjadi hobi. Tapi disini, untuk siapapun tetap harus menjaga nama baik otomotif.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

EnamDelapan

   

Sukses hanyalah tentang seberapa beruntung kita. Tuhanlah yang menentukan keberuntungan itu, kita hanya bisa berdoa dan berusaha.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments