Hubungan Konsep Bilangan Berpangkat Nol dengan Pentingnya Protokol Kesehatan Semasa Pandemic Covid-19

Hubungan Konsep Bilangan Berpangkat Nol dengan Pentingnya Protokol Kesehatan Semasa Pandemic Covid-19 1

Ketika mendengar kata “Matematika” dalam benak pikiran sebagian besar orang pelajaran ini dianggap sangat sulit karena dihadapkan dengan berbagai macam rumus yang harus dihafalkan dan dipahami cara penggunaan saat mengerjakan ujian. Tanpa disadari, ternyata kata “Matematika” ini sudah menunjang aktivitas sehari – hari manusia dalam berbagai sektor kehidupan. Untuk kehidupan saat ini, semua manusia sedang melanda masalah besar, yaitu pandemic Covid – 19 di mana sudah berlangsung sepanjang tahun 2020 dan telah memakan banyak korban jiwa, termasuk Indonesia.

Hubungan Konsep Bilangan Berpangkat Nol dengan Pentingnya Protokol Kesehatan Semasa Pandemic Covid-19 3
Data Covid – 19 per tanggal 16 Desember 2020. Sumber : kawalcovid.19

Berdasarkan data yang dikemukakan oleh Kawal Covid – 19 melalui situs resmi www.kawalcovid19.id sampai per tanggal 16 Desember 2020, jumlah korban yang terkonfirmasi positif secara akumulatif sebanyak 636.154 jiwa, jumlah korban telah sembuh dari Covid – 19 secara akumulatif sebanyak 521.984 jiwa dan jumlah orang meninggal karena terkena Covid – 19 secara akumulatif sebanyak 19.248 jiwa. Dengan melihat trend angka Covid – 19 yang makin meningkat dari hari ke hari, sehingga pemerintah selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan dengan melakukan 3M, yaitu (1) mengenakan masker saat melakukan aktivitas diluar rumah, (2) menjaga jarak minimal 1,5 meter dan (3) mencuci tangan sesering mungkin. Dengan menerapkan program tersebut, tujuan pemerintah dapat meminimalisir penyebaran Covid – 19, sehingga penulis ingin menjelaskan hubungan bilangan berpangkat nol dengan pentingnya protokol kesehatan.

Konsep Bilangan Berpangkat Nol

Konsep ini mengajarkan bahwa bilangan apapun, kecuali angka nol yang dipangkatkan nol, pasti menghasilkan angka 1 (satu).

Hubungan Konsep Bilangan Berpangkat Nol dengan Pentingnya Protokol Kesehatan Semasa Pandemic Covid-19 4
Konsep Bilangan Berpangkat Nol. Sumber : Buku Matematika Kelompok Seni, Pariwisata, dan Teknologi Kerumahtanggaan untuk Kelas X SMK.

Hubungan Konsep Bilangan Berpangkat Nol dengan Pentingnya Protokol Kesehatan saat pandemic Covid – 19

Dari rumus diatas, saya akan memberikan ilustrasi huruf A adalah jumlah penduduk Indonesia. Berdasarkan data yang dirilis oleh Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) melalui kompas.com jumlah penduduk per tanggal 30 Juni 2020, total penduduk Indonesia telah mencapai 268.583.016 jiwa yang terdiri dari 135.821.768 jiwa penduduk berjenis kelamin laki – laki dan 134.858.411 jiwa penduduk berjenis kelamin perempuan.

Huruf N adalah jumlah penduduk sedang menghadapi masalah pandemic Covid – 19, sedangkan huruf -N adalah jumlah penduduk yang memperhatikan protokol kesehatan. Dari rumus ini jika 268.583.016 jiwa memperhatikan pentingnya protokol kesehatan, maka 268.583.016 ^* (268.583.016 jiwa yang menghadapi masalah pandemic Covid – 19 akan dikurangi 268.583.016 jiwa jika semua masyarakat memperhatikan protokol kesehatan), sehingga angka 268.583.016 ^ 0 = 1. Dengan demikian masyarakat aman atau berhasil melawan pandemic Covid – 19. Konsep tersebut telah terbukti bilangan berapapun kecuali nol dipangkatkan nol akan menghasilkan angka 1 atau secara peluang 100% berhasil. Sekarang menjadi pokok permasalahan negara Indonesia, apakah 268.583.016 jiwa penduduk Indonesia sadar untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan yang sudah sering disosialisasikan oleh pemerintah? Semua jawabannya kembali ke tangan masing – masing individu apakah Covid – 19 mau reda dengan cepat atau lambat?
* keterangan :
^ merupakan simbol pangkat dalam ilmu Matematika.

Hubungan Konsep Bilangan Berpangkat Nol dengan Pentingnya Protokol Kesehatan Semasa Pandemic Covid-19 5
Protokol Kesehatan Mencegah Penyebaran Virus Covid – 19 Sumber : Liputan6.com (Abdillah)

Dengan demikian penulisan artikel hari ini, semoga konsep bilangan berpangkat nol dapat diterapkan dalam kehidupan Anda sehari – hari. Jika ada kritik dan saran mengenai artikel ini dapat memberikan komentar melalui komen dibawah. Jika ada kesalahan yang dilakukan secara sengaja maupun tak sengaja, maka saya sebagai penulis meminta maaf sebesar – besarnya. Terima kasih dan selamat membaca semoga pesan yang sampaikan melalui artikel ini dapat dipahami dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari dan khususnya saat pandemic Covid – 19 dengan selalui memperhatikan protokol kesehatan. Sampai ketemu di penulisan artikel selanjutnya.

Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

ho_erik_hosan