Hutan Kota Jakarta yang Siap Dikunjungi Kembali Paska Era Covid-19

Hutan Kota Jakarta yang Siap Dikunjungi Kembali Paska Era Covid-19

Menikmati hutan di area perkotaan memiliki kenikmatan tersendiri. Mengingat lokasinya yang mudah dicapai dari pemukiman. Namun sayangnya semenjak penyakit Covid-19 merebak akhir-akhir ini, banyak tersebut ditutup untuk umum.

Baru menjelang pertengahan Maret 2021 ini, beberapa di akan dibuka kembali. Berita tersebut mungkin menjadi informasi baru yang meniupkan kesegaran dibanyak kalangan. Namun berita tersebut menjadi menimbulkan kebingungan kembali, lantaran tak banyak sebenarnya informasi mengenai yang ada di . Paling yang diingat adalah Monas dan Lapangan Banteng. Padahal banyak sebenarnya yang ada di . Berikut beberapa menarik di yang bisa dikunjungi kembali, bila anda sekeluarga memang merindukan suasana alam kembali.

Hutan Kota Kemayoran. (dok. setneg PPKK-Kemayoran)
Kemayoran. (dok. setneg PPKK-Kemayoran)

1. Kemayoran

Kemayoran menjadi salah pilihan menarik, mengingat posisinya yang berada di tengah . Tak sulit mencapai ini, tinggal meluncur ke arah Kemayoran, Pusat, maka hutan ini akan terlihat membentang diantara kompleks apartemen Kemayoran yang kondang tersebut.

Baca juga  Liburan Menyenangkan di Berbagai Tempat Rekreasi di Jakarta Timur

Kemayoran sebenarnya telah direnovasi kembali menjelang penyelenggaraan Asian Games 2018 lalu. Meski sempat mencuat namanya, kemudian redup kembali karena pandemi penyakit Covid-19 membuat hutan ini tertutup untuk umum.

Untuk yang suka jogging track, area hutan Kemayoran menyediakan fasilitas tersebut. Selain juga area sejuk dengan danau besar ditengah-tengahnya. Jadi jangan tunggu lama untuk sampai ke hutan Kemayoran bersama keluarga. Sebab selain mudah, murah juga sebenarnya kalau berminat kesana.

Hutan Kota Srengseng. (Dok. Liputan6)
Hutan Srengseng. (Dok. Liputan6)

2. Hutan Srengseng

Kalau hutan Srengseng terletak di daerah Barat. Area tersebut menjadi pilihan bagi warga disekitar Lenteng Agung dan sekitarnya. Hutan ini juga memiliki suasana alami yang sangat menakjubkan. Banyak pohon terdapat didalamnya, serta jalan-jalan yang mudah diikuti, bila ingin menyusuri bagian dalam hutan.

Baca juga  Sejarah Hari Ulang Tahun DKI Jakarta

Hutan Srengseng juga menarik bagi masyarakat yang ingin mencari alternatif wisata alam murah. Sebab kita bisa bersama keluarga disana, makan siang diatas rerumputan, dan menikmati alam tanpa biaya sangat banyak.

3. Hutan Cijantung

Sebagai salah satu bukti bakti kepada masyarakat, pihak militer yang menguasai wilayah Cijantung juga menyediakan area hutan yang bisa dinikmati masyarakat. Lokasinya yang berada tepat dipinggir jalan menuju Kampung Rambutan dari Cililitan, jelas sangat mudah untuk dihampiri masyarakat.

Ternyata banyak aktivitas yang sering diadakan di hutan Cijantung, yang dilakukan untuk masyarakat. Salah satunya pagelaran seni dan budaya. Kawasan hutan ini menjadi incaran, karena lokasinya yang strategis dan mudah dijangkau.

Hutan Kota Universitas Indonesia. (dok. pingpoint)
Hutan Kota Universitas Indonesia. (dok. pingpoint)

4. Hutan Kota Universitas Indonesia

Kalau yang satu ini, mungkin juga sudah banyak yang mendengarnya. Terletak di kawasan Universitas Indonesia yang berada diperbatasan Selatan dan Depok. Hutan ini berada didalam Universitas Indonesia, namun juga terbuka untuk masyarakat umum menikmatinya.

Baca juga  3 Komunitas Bisnis di Jakarta yang Bisa Dijadikan Tempat Belajar Berwirausaha

Didalam hutan kota universitas Indonesia terdapat lokasi jogging yang sangat indah, dipinggir danau yang banyak terdapat disana.

Selain itu kawasan ini juga kerap dijadikan lokasi untuk berlatih bersepeda gunung. Lantaran banyak area hutan didalamnya memiliki jalur trek yang masih berupa tanah. Dengan sedikit modifikasi untuk keamanan, maka jalur bersepeda tersebut menjadi salah satu area favorit bagi pecinta bersepeda gunung di dan sekitarnya.

Jadi tunggu apa lagi. Keburu sekarang mau dibuka kembali, mungkin banyak dari anda yang sudah rindu kembali berada di alam, bisa menikmati kembali keindahan dan kesegaran berada didalamnya.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

sulung