Ide Bekal Sederhana untuk Anak Kos

Ide Bekal Sederhana untuk Anak Kos 1

Salam untuk anak kos di seluruh Indonesia!  Saat ini dunia sedang digemparkan oleh pandemi yang membuat kita senantiasa waspada terhadap segala bentuk penyakit. Pemerintah menetapkan bagi masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Namun, yang tidak kalah penting adalah menjaga kebersihan makanan kita, salah satu caranya adalah dengan membawa bekal. Nah, bagi anak kos membawa bekal terkadang sangat merepotkan, tapi lihatlah menu-menu dibawah ini adalah menu simpel untuk kalian anak kos yang ingin membawa bekal ke kantor. Selamat mencoba! 

Salad Sayur dan Ayam Panggang

Ide Bekal Sederhana untuk Anak Kos 3

Mudah sekali membuat menu yang satu ini karena hanya perlu memanggang menggunakan teflon anti lengket dan memotong sayur mentah untuk dijadikan salad.

Cara membuat ayam panggang adalah dengan cara marinasi dada ayam tanpa tulang dengan 1 siung bawang putih cincang, garam, dan lada hitam secukupnya. Balur pada masing-masing sisi. Panaskan teflon dan beri mentega satu sendok makan, apabila sudah meleleh, masukkan daging ayam, panggang pada api kecil hingga kecoklatan dan pastikan sudah matang. Potong-potong daging ayam sesuai selera.

Selanjutnya siapkan sayuran salad apa saja seperti kol ungu, selada, tomat ceri, dan sebagainya. Potong sayuran sesuai selera kemudian aduk hingga merata bersama daging ayam. 

Menikmatinya sperti ini saja pun sudah enak, tapi akan lebih nikmat lagi bila ditambah dengan saus salad thousand island yang dapat dibeli di supermarket terdekat.

Tumis Brokoli dengan Daging Sapi Lada Hitam

Ide Bekal Sederhana untuk Anak Kos 4

Daging sapi lada hitam yang telah dimarinasi dapat dibeli di supermarket tertentu, inilah yang membuat praktis dalam memasaknya.

Pertama masaklah nasi terlebih dahulu, sembari menunggu nasi matang, siapkan bahan untuk memasak tumisan yaitu brokoli yang telah potong dan dicuci bersih, daging sapi lada hitam, bawang bombay 1/4 siung, bawang merah 3 siung, bawang putih 1 siung, dan cabe rawit merah sesuai selere (opsional). 

Panaskan teflon dan beri mentega. Masukkan bawang-bawangan, apabila sudah harum, masukkan cabai. Setelah agak layu, masukkan daging sapi, tumis hingga berubah warna, masukkan brokoli dan beri sedikit air. Bumbui dengan garam, gula pasir, dan lada hitam secukupnya. Biarkan mendidih pada api sedang. Jangan lupa koreksi rasa sebelum mematikan kompor, pastikan juga daging sapi dan brokoli sudah empuk dan siap disajikan.

Plating nasi dan tumisan pada kotak bekal kalian. Masakan ini mudah dan praktis karena lauk dan sayur dimasak dalam waktu yang bersamaan. 

Brokoli bisa diganti dengan apa saja, misalnya wortel, buncis, bunga kol, dan sayuran lain sesuai selera kalian.

Ayam Geprek Yogyakarta

Ide Bekal Sederhana untuk Anak Kos 5

Siapa sih yang tidak suka ayam geprek? Nah, kita akan coba membuatnya bersama-sama ya!

Untuk memasak ayam goreng tepung sendiri saya lebih suka menggunakan bagian sayap karena lebih cepat matang dan banyak kulitnya. Tepung yang digunakan adalah tepung bumbu instan yang mudah dibeli di supermarket. Pada bagian memasak ayam goreng tepung kali ini mungkin cara saya akan sedikit berbeda dengan kalian, karena sebelum digoreng saya lebih suka direbus setengah matang terlebih dahulu barulah dicelupkan pada tepung basah kemudian yang kering, lalu goreng pada minyak panas. Selain ayam, bisa diganti dengan tempe atau tahu.

Selanjutnya, siapkan 1/2 siung bawang putih, cabai rawit merah sesuai selera, garam, dan lada secukupnya. Ulek bumbu terlebih dahulu, kemudian masukkan ayam, uleg bersama sampai ayam hancur dan lepas dari tulangnya. Kemudian buang tulangnya. Ayam geprek seperti ini adalah yang biasa disebut sebagai ayam geprek yogyakarta karena diuleg sampai hancur. 

Plating bersama dengan nasi dan lalapan di kotak bekal kalian. 

***

Itulah beberapa bekal versi saya sebagai anak kosan. Memang perlu effort lebih dalam menyiapkan bekal, apalagi jika harus berbagi dapur dengan penghuni lainnya. Tapi tidak masalah, hitung-hitung olahraga pagi sebelum berangkat kerja. 

Oh ya, kalian bisa memasak menu bekal kalian sebanyak dua porsi untuk sebagian dijadikan sarapan sebelum berangkat kerja. Semoga bermanfaat!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

emde