Ikut Tes CPNS Atau Cari Kerja? Ini 5 Alasan Agar Pilihanmu Tidak Salah

cpns

Setelah menyelesaikan pendidikan di jenjang perguruan tinggi atau setelah lulus dari Sekolah Lanjutan Tingkat Atas karena keterbatasan biaya sehingga dengan sangat terpaksa tidak bisa pada umumnya sebagian besar lulusannya ingin langsung bekerja.

Sekilas Tentang

Ikut Tes CPNS Atau Cari Kerja? Ini 5 Alasan Agar Pilihanmu Tidak Salah

Tempat untuk bekerja mendapatkan penghasilan bisa di mana-mana, salah satunya adalah dengan menjadi (). Lulusan SLTA maupun perguruan tinggi banyak yang ingin menjadi dikarenakan di dalam pikiran mereka sudah tertanam dengan kuat bahwa bekerja sebagai itu enak, pekerjaannya mudah, waktunya sudah ditentukan dan mendapatkan .

Terkadang waktu bekerja seorang sangat fleksibel, kalau tidak ingin dikatakan semaunya atau seenaknya sendiri. Kita bisa lihat pada jam 10 pagi banyak ibu yang mengenakan seragam berseliweran di pasar-pasar tradisional maupun mal. Atau bapak-bapaknya yang juga berpakaian seragam tengah asyik nongkrong di warung kopi padahal masih berada di jam kantor, jam 10-an juga.

Atas dasar hal-hal tersebut di atas sekiranya perlu dipertimbangkan dengan masak-masak, apakah setelah lulus nanti apakah bekerja menjadi masih merupakan peluang yang bagus ? ataukah ingin bekerja di tempat lain ? Untuk menjawab segala pertanyaan ini akan diuraikan di pembahasan berikut.

 

Baca juga  Opini : Efektivkah Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dalam seleksi CPNS?

Tentang Tes

Menjadi seorang adalah sebuah pilihan. Sebetulnya ada kelebihan dan kekurangannya jika seseorang memilih untuk berprofesi sebagai . Dengan bekerja menjadi , akan mendapatkan banyak kebaikan karena tugasnya melayani kepentingan orang banyak dan mengabdi kepada .

Jalan untuk bisa menjadi PNS banyak sekali, tahapannya berliku-liku, yang utamanya adalah dengan mengikuti tes . Tes biasanya diadakan tergantung kebutuhan dari masing-masing . Periodenya setahun sekali.

Seseorang yang akan mengikuti tes harus mempersiapkan dirinya sebaik mungkin, dengan mempelajari soal-soal terdahulu yang banyak beredar di masyarakat atau dengan bertanya ke saudara atau teman yang sudah pernah mengikutinya dan lolos, dalam arti diterima.

 

Baca juga  Rekomendasi 5 Jurusan Yang Berpeluang Menjadi PNS

Pilihan Ingin Menjadi PNS Atau Tidak

Memilih untuk menjadi seorang PNS adalah hak dari setiap orang. Tes adalah syarat utama jika ingin mendaftar dan diterima sebagai PNS. Sebaliknya ada seseorang yang tidak ingin memilih profesi PNS dengan bekerja menjadi seorang pegawai swasta, itu juga harus dihargai.

Berdasarkan pengalaman dan yang selama ini terjadi di Indonesia begitu banyak orang yang ingin sekali menjadi PNS. Inilah 5 alasan yang mendasarinya :

1. Memperoleh jaminan dan keamanan kerja

Jika kita sudah diangkat menjadi PNS maka kita akan mendapatkan surat pengangkatan secara resmi. Ada SK (Surat Keputusan) dari menteri, dari gubernur, dari walikota atau bupati.

 

Baca juga  Kenaikan Passing Grade Cpns 2021 & Kekhawatiran Para Honorer

2. Memperoleh gaji pokok dan tunjangan

Selain mendapatkan gaji pokok, seorang PNS juga akan memperoleh tunjangan yang jumlahnya lebih dari satu macam.

 

3. Memperoleh jaminan di bidang kesehatan

Dengan menjadi seorang PNS yang sudah diangkat, akan mendapatkan jaminan kesehatan dalam bentuk Askes (Asuransi Kesehatan).

 

4. Memperoleh

Meskipun sudah tidak bekerja lagi karena faktor usia yang memang sudah lanjut seorang mantan PNS tetap akan mendapatkan dari . Kalaupun yang bersangkutan sudah meninggal dunia anggota keluarga yang terdekat yang sudah ditunjuk tetap akan memperoleh tersebut.

 

5. Pekerjaannya tidak membutuhkan etos kerja yang tinggi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa etos kerja di kalangan PNS tidaklah tinggi. Mereka lebih banyak santainya daripada bekerja dengan serius. Kalaupun mengerjakan tugas administratif tidak akan membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Yohana