Indonesia Minim Terhadap Kelestarian Alam dan Satwa Liar, Betulkah?

Indonesia Minim Terhadap Kelestarian Alam dan Satwa Liar, Betulkah?

Satwa liar merupakan bagian dari kehidupan yang ada di bumi ini. Tidak hanya ada manusia, hewan-hewan dan tumbuhan juga hidup untuk menciptakan keseimbangan ekosistem yang penting bagi kehidupan. Jika salah satu ada yang rusak, maka terganggulah keseimbangan ekosistem itu. Perlu diketahui, satwa liar yang ada di Indonesia sangatlah beragam.

Selain itu, iklim tropis yang dimiliki Indonesia membuat banyak satwa liar dapat bertahan hidup sesuai dengan kemampuannya. Tapi, seiring berjalannya waktu, perlahan kita dapat menyadari tumbangnya keberadaan tumbuhan dan juga satwa liar. Hal ini bisa kita lihat jumlah pepohonan yang berkurang setiap tahunnya. Bahkan, eksistensi dari satwa liar juga terbilang turun drastis dan terancam punah.

Baca juga  Bahasa Sebagai Kekayaan Budaya

Ini semua tentunya disebabkan oleh penebangan pohon yang dilakukan secara terus menerus sehingga satwa liar tidak memiliki habitat. Tidak itu saja, perburuan satwa secara ilegal tanpa memperhatikan perasaan mereka merupakan tindakan yang buruk. Satwa liar diperlakukan secara tidak semestinya hanya karena ingin diambil bagian tubuhnya agar menjadi pundi rupiah. Jika begini terus, keseimbangan ekosistem akan sangat terancam sampai di ambang kepunahan.

Baca juga  Kota Swiss Kecil Yang Menjadi Favorit Kompeni Belanda di Indonesia

Bisa dikatakan, negara kita ini terbilang minim kepedulian akan satwa liar. Perburuan ilegal sampai penyelundupan yang kerap dilakukan menjadi bukti bahwa Indonesia tidak memikirkan apa dampak yang didapat apabila terus menerus melakukan tindakan keji seperti itu.

Baca juga  Indonesia Bisa Kok Berbudaya

Tentunya tidak semua orang Indonesia seperti itu. Banyak juga dari mereka yang menaruh kepedulian akan satwa liar. Tapi, apa kita bisa memberikan efek jera terhadap pelaku yang telah merusak keseimbangan ekosistem dengan melakukan perburuan ilegal? Jawabannya, tentu saja bisa asalkan pihak berwajib bisa lebih tegas dalam menangani pelaku tersebut.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Aaliyah Shakira