Indonesia Minim Terhadap Kelestarian Alam dan Satwa Liar, Betulkah?

Indonesia Minim Terhadap Kelestarian Alam dan Satwa Liar, Betulkah?

Satwa merupakan bagian dari kehidupan yang ada di bumi ini. Tidak hanya ada , hewan-hewan dan tumbuhan juga untuk menciptakan keseimbangan ekosistem yang penting bagi kehidupan. Jika salah satu ada yang rusak, maka terganggulah keseimbangan ekosistem itu. Perlu diketahui, satwa liar yang ada di Indonesia sangatlah beragam.

Selain itu, iklim tropis yang dimiliki Indonesia membuat banyak satwa liar dapat bertahan hidup sesuai dengan kemampuannya. Tapi, seiring berjalannya , perlahan dapat menyadari tumbangnya keberadaan tumbuhan dan juga satwa liar. Hal ini bisa kita lihat jumlah pepohonan yang berkurang setiap tahunnya. Bahkan, eksistensi dari satwa liar juga terbilang turun drastis dan terancam punah.

Ini semua tentunya disebabkan oleh penebangan pohon yang dilakukan secara terus menerus sehingga satwa liar tidak memiliki habitat. Tidak itu saja, perburuan satwa secara ilegal tanpa memperhatikan perasaan mereka merupakan tindakan yang buruk. Satwa liar diperlakukan secara tidak semestinya hanya karena ingin diambil bagian tubuhnya agar menjadi pundi rupiah. Jika begini terus, keseimbangan ekosistem akan sangat terancam sampai di ambang .

Baca juga  5 Wisata Padang Pasir Terkenal Yang Ada di Indonesia

Bisa dikatakan, kita ini terbilang minim kepedulian akan satwa liar. Perburuan ilegal sampai penyelundupan yang kerap dilakukan menjadi bukti bahwa Indonesia tidak memikirkan apa dampak yang didapat apabila terus menerus melakukan tindakan keji seperti itu.

Tentunya tidak semua orang Indonesia seperti itu. Banyak juga dari mereka yang menaruh kepedulian akan satwa liar. Tapi, apa kita bisa memberikan jera terhadap pelaku yang telah merusak keseimbangan ekosistem dengan melakukan perburuan ilegal? Jawabannya, tentu saja bisa asalkan pihak berwajib bisa lebih tegas menangani pelaku tersebut.

Kita juga bisa ikut andil dalam melakukan perlindungan terhadap satwa liar dengan terus berkampanye betapa pentingnya melindungi satwa beserta alam sekitar. Dan juga, membantu menangani satwa liar yang terluka merupakan salah satu upaya kepedulian yang dapat kita lakukan. Permasalahan ini akan lebih mudah teratasi apabila semua Indonesia memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga satwa liar dan mau berkontribusi dalam perlindungan satwa liar dan alam sekitar.

Baca juga  Gua tinggal di Bima, Bima itu dimana?

Penyuluhan tentang pentingnya menjaga alam sekitar dan satwa liar kepada masyarakat seharusnya bisa dilakukan, terutama untuk anak- dan kaum muda agar mendapat dini seputar hal tersebut. Dengan terus melakukan kampanye dan penyuluhan, masyarakat akan mulai menumbuhkan rasa empati dan terselip di hati mereka untuk ikut membantu melestarikan keberadaan pepohonan dan satwa liar.

Maka dari itu, dimulai dari kesadaran lalu menyebarkan kesadaran tersebut kepada orang lain. Dengan begitu, kerja untuk mempertahankan eksistensi satwa liar beserta habibatnya akan terjalin dan berjalan dengan mudah. Bagaimana caranya agar kita bisa melestarikan keberadaan satwa liar agar tidak punah? Tentu saja ada banyak .

Pertama, kita harus menghentikan penebangan liar yang dilakukan secara terus menerus. Jika terus menebang pepohonan, maka sudah dipastikan satwa liar akan kehilangan habitatnya. Apabila sudah kehilangan habitatnya, mau tidak mau satwa liar akan beralih ke pemukiman warga dan membuat resah warga yang tinggal disitu. Kedua, melakukan konservasi secara besar-besaran, entah itu konservasi alam maupun konservasi satwa liar.

Baca juga  5 Bangunan Unik di Dunia, Indonesia Termasuk di Dalamnya

Konservasi alam dapat dilakukan seperti reboisasi, dan konservasi satwa liar dapat dilakukan dengan menempatkan mereka di penangkaran dan memperbanyak jumlah mereka dengan membantu perkembang biakan satwa tersebut. Ketiga, menghentikan segala sesuatu yang berhubungan dengan perburuan ilegal dan menindaklanjutinya dengan tegas.

Satwa liar kerap merasa karena mereka sering terkurung dan tidak mendapat perlakuan yang . Maka dari itu penting sekali menanamkan kecintaan terhadap satwa liar agar hal tersebut tidak terjadi kembali.

Sudah sepatutnya hal seperti ini dijadikan pelajaran di kehidupan sehari-hari, karena peran alam dan satwa liar sangatlah penting bagi kehidupan kita. Sungguh miris bahwa negara kita ini sangat minim kepedulian terhadap alam maupun satwa liar. Upaya yang telah dilakukan juga masih butuh perkembangan lebih agar hal-hal seperti ini tidak terjadi lagi.

Bisa saja untuk beberapa tahun kemudian, satwa liar akan maencapai titik kepunahan jika kita tidak segera bertindak. Hewan khas Indonesia harus kita pelihara kelestariannya agar citra yang dimiliki tetap ada dan sampai seterusnya.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Aaliyah Shakira