Ingin Belajar Memasak Masakan Indonesia? Kenali dulu Berbagai Bumbu Rempah Berikut

Ingin Belajar Memasak Masakan Indonesia? Kenali dulu Berbagai Bumbu Rempah Berikut 1

Kamu ingin belajar masak masakan Indonesia? Jangan lupa untuk belajar membedakan jenis-jenis bumbu rempah. Pasalnya, masakan khas Indonesia tidak bisa dipisahkan dari aneka bumbu rempah, jadi kamu wajib tahu jenis-jenis rempah agar tidak salah memasukkan bumbu saat memasak.

Rempah-rempah untuk bumbu masakan merupakan bagian tumbuhan yang memiliki aroma atau rasa yang kuat yang dipakai dalam jumlah yang kecil yang berfungsi sebagai pengawet dan perisa masakan. Nah, berikut adalah beberapa macam jenis bumbu rempah-rempah yang wajib kamu tahu apabila ingin belajar memasak masakan Indonesia.

1. Lada (Merica)

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Lada atau dikenal juga dengan merica merupakan salah satu bumbu rempah-rempah yang wajib ada di dapur kamu. Lada atau merica ini dapat memberikan rasa yang pedas namun hangat pada masakan. Meski tidak sepedas cabai, lada tetap dapat memberikan rasa pedas yang khas pada masakan. Selain itu, lada juga dapat digunakan sebagai penyedap masakan dan dapat menambah aroma yang khas pada masakan.

Terdapat dua jenis lada yang biasa digunakan sebagai bumbu rempah pada masakan, yaitu lada putih dan lada hitam. Lada biasanya ada yang sudah dalam bentuk bubuk atau masih utuh berbentuk bulat-bulat. Penggunaan lada bubuk, kamu tinggal memasukkannya pada masakan, sedangkan pada lada yang masih berbentuk bulat-bulat kamu harus menggerusnya terlebih dahulu.

2. Ketumbar

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Ketumbar memiliki bentuk yang mirip dengan lada (merica), tetapi memiliki ukuran lebih kecil daripada lada dan memiliki warna yang lebih gelap. Diameter ketumbar hanya sekitar 1 hingga 2 mm. Penggunaan ketumbar pada masakan akan membuat aroma masakan menjadi lebih kuat, sedap, dan terasa menggiurkan.

Ketumbar juga memberikan kesan rasa gurih dan manis pada masakan. Beberapa masakan yang menambahkan ketumbar pada bumbunya diantaranya seperti masakan berkuah santan, bacem, gorengan, hingga dendeng.

3. Kencur

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Penggunaan kencur pada masakan akan membuat rasa masakan menjadi segar dan unik. Menambahkan kencur pada sambal, urap sayur, dan bumbu pecel akan membuat rasa menjadi segar dan beraroma harum. Menambahkan kencur pada masakan tumis juga sangat disarankan karena akan membuat aroma masakan yang harum dan memiliki rasa yang kuat. 

Masakan populer khas Bandung, yaitu seblak juga menggunakan kencur pada bumbu halus yang ditumis. Oleh sebab itu, seblak memiliki aroma yang harum, rasa yang khas, dan sangat menggiurkan. Tidak heran bukan kalau seblak kini menjadi masakan favorit banyak orang?

4. Kunyit

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Kunyit menjadi salah satu bumbu rempah wajib untuk beberapa masakan Indonesia. Kunyit dapat digunakan sebagai pewarna alami pada masakan. Warna yang dihasilkan kunyit akan membuat tampilan masakan lebih cantik. Pada nasi kuning, misalnya. Warna kuning yang cantik pada nasi kuning dihasilkan dari penggunaan kunyit.

Selain itu, kunyit juga dapat menambah cita rasa pada masakan, sehingga pada masakan yang mengharuskan menambahkan kunyit pada bumbunya, sebaiknya juga harus ditambahkan agar warna dan rasa masakan tidak berubah karena kunyit memiliki pengaruh besar terhadap rasa dan warna suatu masakan.

5. Lengkuas

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Lengkuas umumnya dipakai pada masakan bersantan, tumis, dan sayur asam. Penggunaan lengkuas pada masakan hanya perlu dimemarkan (tidak diuleg sampai halus). Lengkuas memberikan aroma yang harum dan sedap pada masakan.

Selain itu, lengkuas juga dipercaya dapat mengurangi bau amis, sehingga lengkuas biasa kita temukan pada masakan daging hingga hidangan laut. Lengkuas memiliki tekstur yang mirip dengan jahe. Bedanya lengkuas memiliki warna yang lebih terang dan memiliki daging yang lebih keras saat dipotong.

Selain kelima bumbu rempah tersebut, masih banyak lagi aneka bumbu rempah yang wajib kamu ketahui. Kamu dapat membacanya secara lengkap dalam buku-buku resep atau mencari tahu di internet.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh