Ingin Gaji Tinggi? Ayo Jadi Programmer


Ingin Gaji Tinggi? Ayo Jadi Programmer 1

Judul di atas tidaklah bohong, hoaks ataupun clickbait. Benar, jika ingin punya pendapatan tinggi, silahkan mencoba menjadi seorang ahli IT atau programmer. 

Programmer adalah salah satu jenis pekerjaan dengan gaji tertinggi saat ini. Dan hebatnya lagi, sekarang atau mungkin sampai sepuluh tahun ke depan, profesi programmer ataupun ahli IT akan tetap menjadi idaman sebagai pekerjaan dengan gaji terbaik dan menjanjikan.

Kenapa programmer bisa mendapatkan gaji tinggi? Memangnya, seberapa tinggi gaji programmer? Mari kita bahas satu persatu.

Digitalisasi Total

Programmer IT / Sumber
Programmer IT / Sumber

Revolusi Industri 4.0 telah tiba dan seluruh alam semesta menyambutnya dengan gegap gempita. Salah satu karakter dari perubahan ini adalah adanya proses digitalisasi besar-besaran. 

Apa dampaknya? Tentu besar. Perusahaan, organisasi dan bahkan pemerintah perlu untuk membuat sistem komputerasasi dan manajemen data yang terkoneksi dengan internet. 

Siapa yang bisa melakukannya? Salah satunya tentu seorang programmer. Inilah jawaban pertama, mengapa programmer menjadi sangat dibutuhkan sekarang ini.

Keahlian Khusus

Sampai saat ini, belum banyak orang yang bisa menguasai ilmu programming komputer dan data science. Untuk itu, maka hukum ekonomi berlaku mutlak, yakni harga akan menjadi tinggi jika ketersediaan barang masih langka. 

Talent War

Tahu istilah ini? Talent war merujuk pada perebutan pekerja terampil yang dilakukan oleh korporasi. Para HRD atau bahkan level di atasnya akan berjuang untuk mendapatkan talenta-talenta brilian demi bisa memajukan perusahaan mereka. 

Lalu apa yang ditawarkan? Ada banyak :

  • Gaji.
  • Fasilitas seperti apartemen, ruang kerja asyik, makan siang, dll.
  • Bonus prestasi.
  • Aneka tunjangan.

Itu semua dilakukan demi menarik minat para talenta muda agar mau menjadi bagian dari mereka dan memajukan korporasi. 

Tanggung Jawab

Semakin besar tanggung jawab, harusnya semakin besar gaji. Tanggung jawab programmer IT tentu sangatlah besar. Bahkan khususnya untuk perusahaan yang terkait jasa, aplikasi, marketplace, IT software, dll. 

Satu lagi yang penting programmer IT adalah salah satu dari sekian profesi yang sangat dibutuhkan dan memiliki resistensi tinggi terhadap fenomena hilangnya beberapa jenis pekerjaan tertentu karena revolusi industri 4.0 dewasa ini.Koala Merah

Berapa Gaji Programmer IT?

Gaji Pekerja IT / Sumber
Gaji Pekerja IT / Sumber

Lagi-lagi sebelum kita membahas hal ini, perlu rasanya untuk mengingatkan kembali bahwa urusan gaji sangat terkait dengan :

  • Skill pekerja. Makin bagus kualitas si programmer, gaji juga makin gedhe.
  • Besar kecilnya perusahaan. Alangkah baiknya untuk tidak secara banal berpikir mengkomparasikan perusahaan semacam Yahoo!, Google, Amazon ataupun Alibaba dengan perseroan yang baru berdiri kemaren sore. Tentu gaji yang bisa diberikan sangat  berbeda. 
  • Status. Ada banyak perusahaan yang masih menggunakan status pegawai tetap, pegawai magang atau pegawai kontrak khusus. Tentu saja kebijakan ini akhirnya bermuara pada salary. 

Dengan memahami indikator di atas dan lainnya yang masih terkait, maka akan bisa memberikan gambaran seputar gaji programmer IT. 

Sekarang mari kita lihat rata-rata gaji programmer IT : 

Dikutip dari artikel yang ditulis oleh Dicoding.com, gaji seorang developer, cloud engineer, dll adalah berkisar Rp 4.500.000 hingga Rp 12.000.000.

Glassdoor.com menulis gaji seorang software developer adalah 10 jutaan perbulan. 

Beberapa artikel lainnya menyebutkan gaji pegawai yang terhitung masih baru adalah sekitar 8 juta – 15 juta perbulan. 

Data yang lebih lengkap bisa dilihat dari tabel yang dirilis oleh CNBC Indonesia di artikel yang berjudul “Ini Daftar Gaji Bagi Lulusan IT dan Posisinya”. Di sana ditampilkan data yang cukup membelakkan mata. Misalnya, 

  • Software Engineer : 8 juta – 11 juta.
  • Cloud Engineer : 5.5 juta –  16 juta.
  • IT Auditor : 7 juta – 18 juta.
  • Java Programmer : 10 juta – 20 juta.
  • IT Infrastructure : 22 juta – 44 juta.
  • System Engineer : 16 juta – 50 juta.
  • Territory Account Manager : 74 juta – 85 juta.

Apa rangkaian baris di atas sudah cukup membuat Anda terpikat. Satu lagi yang penting programmer IT adalah salah satu dari sekian profesi yang sangat dibutuhkan dan memiliki resistensi tinggi terhadap fenomena hilangnya beberapa jenis pekerjaan tertentu karena revolusi industri 4.0 dewasa ini. Bahkan bisa dikatakan programmer, IT engineer dan sejenisnya adalah motor perubahan jaman. 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Koala Merah

   

Seorang penulis lepas yang suka fotografi, koding dan seni kontemporer. Tertarik dengan isu sosial, kreativitas dan teknologi.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap