Ingin Menjadi CPNS? Mari Kenali Pangkat & Golongan pada PNS Terlebih Dahulu!

Ingin Menjadi CPNS? Mari Kenali Pangkat & Golongan pada PNS Terlebih Dahulu! 1

Apakah Kalian adalah salah satu dari pejuang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)? Lalu apakah Kalian sudah tau mengenai jenis pangkat dan golongan pada Pegawai Negeri Sipil (PNS)? Jika belum, mari bahas satu-satu supaya makin kaya akan informasi tentang abdi negara. 

Pada dasarnya secara garis besar, PNS dibagi menjadi 4 (empat) golongan yang kemudian dipecah lagi sesuai ruangnya. Untuk lebih jelasnya ada pada tabel di bawah ini:

Pangkat dan Golongan pada PNS
Pangkat dan Golongan pada PNS

Berdasarkan tabel di atas, Pangkat/Golongan tertinggi PNS yaitu Pembina Utama (IV/E), biasanya pangkat ini dimiliki oleh pimpinan dengan masa pengabdian yang sudah cukup lama. Sedangkan pangkat terendah adalah Juru (I/A) yang dimiliki oleh CPNS baru lulusan SD atau sederajat.

Pada saat pertama kali mendaftar menjadi CPNS, yang pertama kali dilihat adalah tingkat pendidikan bukan? Nah, ini lah yang menjadi dasar penentuan pangkat dan golongan bagi pegawai baru yang dapat dilihat pada tabel dibawah:

Golongan bagi Pegawai Baru
Golongan bagi Pegawai Baru

Pangkat dan Golongan ini dapat berubah naik dengan cara mengikuti program tahunan pemerintah yaitu Kenaikan Pangkat Reguler yang diadakan setiap periode Terhitung Mulai Tanggal (TMT) 01 April dan 01 Oktober. Ada beberapa jenis kenaikan pangkat, yang umum terjadi adalah kenaikan pangkat reguler yang dapat diikuti oleh pegawai setiap 4 (empat) tahun sekali berdasarkan TMT pangkat terakhir atau jika masih baru dihitung sejak TMT diangkat menjadi CPNS yang tertera pada Surat Keputusan (SK) CPNS. 

Kita permudah dengan melakukan ilustrasi:

Raisa adalah seorang lulusan S1 Ilmu Hukum yang mendaftar sebagai CPNS 2018. Dia telah melakukan proses seleksi dan akhirnya diterima sebagai CPNS TMT 01 Mei 2019. Dengan demikian, Pangkat / Golongan Raisa adalah Penata Muda (III/a) dikarenakan Dia adalah lulusan Sarjana (S1). Setelah Raisa mengikuti Latihan Dasar dan proses lainnya, diangkatlah menjadi seorang PNS. Dalam hal ini, Raisa tetap berada pada pangkat III/a, yang berubah hanya statusnya saja dari CPNS menjadi PNS. Raisa bisa mengajukan kenaikan pangkat reguler ketika dia sudah mengabdi selama 4 (empat) tahun terhitung sejak TMT CPNS, yang jatuh pada periode kenaikan pangkat 01 Oktober 2023. Setelah lolos berkas administrasi dan lainnya, maka secara resmi Raisa berganti pangkat menjadi Penata Muda Tingkat I (III/b). 

Kenaikan pangkat ini merupakan hak dari PNS namun hingga saat ini sistem yang diterapkan adalah masih melakukan pengusulan berkas admiistrasi dari masing-masing individu, belum bisa dilakukan dengan cara otomatis yang apabila sudah waktunya maka langsung mendapat SK Kenaikan Pangkat. Jadi, ketika sudah menjadi PNS, ada baiknya tetap aktif dalam mencari hak sebagai PNS. Koordinasikan dengan bagian kepegawaian masing-masing instansi ya!

Kemudian, apakah mungkin apabila golongan / pangkat bisa turun? Jawabannya adalah bisa, dengan kondisi tertentu yaitu Hukuman Disiplin (Hukdis). Sebagai PNS tentu ada kode etik dalam mengabdi dan apabila dalam waktu pengabdiannya seorang PNS melanggar kode etik, maka dapat dijatuhi hukuman disiplin yang salah satu diantaranya adalah penurunan pangkat satu tingkat lebih rendah. Akan tetapi, penurunan pangkat ini hanya berlangsung dalam kurun waktu tertentu, apabila waktu hukuman disiplinnya sudah selesai, maka pangkat akan kembali seperti semula. 

Sebagai contoh: 

Abdi dengan golongan III/b melakukan pelanggaran sebagai PNS yaitu membolos selama sebulan penuh. Maka atasannya melakukan pemeriksaan terhadap Abdi berdasarkan bukti dari mesin absensi yang ternyata memang betul Abdi tidak pernah hadir. Setelah melewati proses pemeriksaan, akhirnya pada Januari 2020 Abdi dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang yaitu berupa penurunan pangkat satu tingkat lebih rendah selama satu tahun menjadi III/a. Kemudian setelah setahun maka Abdi terbebeas dari hukuman disiplin pada Januari 2021 dan pangkatnya kembali menjadi III/b.

Nah, itu adalah beberapa informasi singkat megenai Golongan dan Pangkat pada PNS. Jadi, buat kalian yang ingin menjadi seorang PNS, ada baiknya sedikit banyak tahu mengenai hal ini, karena Golongan dan Pangkat ini lah yang akan menentukan berapa pundi-pundi yang akan masuk kedalam rekening gaji kalian nantinya. 

Demikian artikel ini dibuat, semoga bermanfaat. Terimakasih!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

emde