Ingin Menjenguk Sohib yang Sakit? Perhatikan Hal Ini!


Ingin Menjenguk Sohib yang Sakit? Perhatikan Hal Ini! 1

Mendapat kabar bahwa sohibmu sedang sakit? Sebagai sohib, kamu pasti ingin menjenguk kan? Kedatanganmu selain akan membuat sohibmu senang, juga akan membuatnya lebih bersemangat untuk segera sembuh. Sebelum kamu berangkat, kamu harus perhatikan hal ini!

1. Cari tahu apa penyakit dan pantangannya

Sebelum berkunjung sebaiknya kamu mencari informasi dulu mengenai penyakit dan apa saja pantangannya. Beberapa penyakit mengharuskan pasien untuk berpantang makan makanan tertentu. Kamu bisa bertanya kepada keluarganya atau sohib lain yang sudah terlebih dulu menjenguk. Jangan sampai kamu datang dengan membawa makanan yang merupakan pantangan. Karena hal ini akan menyebabkan pasien merasa sedih, apalagi jika makanan tersebut merupakan makanan favoritnya.

2. Jangan tanya berapa biaya yang sudah dihabiskan untuk berobat

Kesehatan adalah harta yang tidak ternilai harganya. Sekaya apa pun seseorang, tentu tidak rela mengeluarkan uang untuk berobat. Terlebih jika biaya berobat tersebut tidak di-cover oleh asuransi maupun perusahaan tempat bekerja. Nah, saat kamu menjenguk jangan sampai kamu menanyakan berapa uang yang sudah dikeluarkan karena ini akan membuat si sakit sedih.

3. Jangan bercerita tentang sohib atau kenalan lain yang berpenyakit sama dan tidak tertolong

Ketika kamu menjenguk, yang harus kamu lalukan adalah memberi support dan meyakinkan bahwa sohibmu itu akan segera sehat kembali. Jangan pernah menceritakan tentang sohib atau kenalan lain yang akhirnya meninggal karena penyakit yang sama. Hal ini tentu akan membuat pasien menjadi drop dan dapat berdampak negatif terhadap proses penyembuhannya.

4. Jangan Terlalu Lama Menjenguknya

Saat menjenguk, terlebih jika sudah beberapa waktu tidak bertemu tentu kamu ingin sekali bercerita banyak mengenai kejadian apa saja selama pasien sakit. Jangan lakukan ini! Karena pasien  perlu banyak istirahat. Menjenguklah seperlunya saja, menghibur dan mendoakan agar segera sehat. Perhatikan juga waktu berkunjung! Jangan berkunjung pada saat pasien harus istirahat.

5. Jangan membicarakan momen apa saja yang terlewat selama si sohib sakit

Tujuan kamu menjenguk sohibmu adalah untuk menghibur dan memberi semangat. Pada saat menjenguk kamu jangan sampai menceritakan kejadian-kejadian istimewa apa saja yang terlewatkan oleh pasien. Hal ini akan membuat pasien menjadi sedih dan beban pikiran yang bisa mengganggu istirahat.

Kamu juga tidak perlu menceritakan kejadian-kejadian yang tidak mengenakkan selama sohibmu sakit. Beban pikiran akan membuat sohibmu tidak bisa istirahat dan ini tidak baik bagi kesembuhannya.

Mendengar kabar sohib sakit tentu membuatmu menjadi sedih. Sebaiknya kamu mendoakan untuk kesembuhannya. Selain itu, kedatanganmu untuk menjenguk diharapkan dapat membuatnya terus bersemangat untuk segera sembuh.

Sudah mendapat gambaran apa yang harus kamu lakukan saat menjenguk sohib yang sakit? Semoga sohibmu segera sehat ya.                           


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Isnaini

   

Mantan bankir, ibu rumah tangga yang mempunyai hobi menulis dan merajut. Menulis merupakan cara untuk menambah teman, ilmu dan wawasan.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap