Ingin Menyelam Sambil Melestarikan Lingkungan? Begini Caranya


Ingin Menyelam Sambil Melestarikan Lingkungan? Begini Caranya 1

Banyak lokasi penyelaman menawarkan panorama kapal atau pesawat tenggelam didasar laut. Lokasi yang kerap disebut wreck dive site oleh para penyelam itu, sebenarnya menyimpan banyak cerita didalamnya. Seperti lokasi wreck dive di Tulamben, Bali. Disana tersimpan cerita kapal armada angkatan bersenjata Amerika Serikat (AS), yang harus tenggelam akibat perang dunia kedua.

Masih banyak lagi situs serupa di nusantara ini. Namun artikel ini dibuat bukan dimaksudkan untuk membahas dimana saja lokasi wreck dive di Indonesia. Melainkan bagaimana cara kita untuk menyelamatkannya.

Jangan Ambil Sesuatu

Dalam blog milik PADI (sebuah operator sertifikasi menyelam internasional) disebutkan cara pertama untuk menyelamatkan lokasi wreck dive adalah dengan membiasakan jangan mengambil apapun di lokasi penyelaman. Seperti etika para petualang umumnya, jangan ambil sesuatu selain foto, juga harus diterapkan pada lokasi penyelaman wreck dive.

Ingin Menyelam Sambil Melestarikan Lingkungan? Begini Caranya 3

Perbaiki Netral Bouyancy

Bagi para penyelam berpengalaman, kemampuan mengambang di dalam air menjadi hal yang mutlak harus dikuasai. Apabila ingin menyelam di lokasi wreck dive, kemampuan itu juga sebaiknya sudah dipahami. Jangan sampai karena kita masih sulit untuk mengambang, membuat tubuh kita merusak bagian-bagian kapal atau pesawat karam didasar laut.

Ketenangan diri juga diperlukan untuk mempertahankan bouyancy di dalam air. Jadi pertahankan ketenangan tersebut, meski dalam kondisi paling sulit sekalipun. 

Jangan Ikat Apapun di Kapal/Pesawat Tenggelam

Sebenarnya jarang ada penyelam yang punya kebiasaan mengikat badan atau sesuatu di kapal karam. Namun kondisi alam disekitar wreck mungkin bisa menjadi penyebab. Seperti arus dalam air yang terlalu kencang, membuat penyelam harus mempertahankan diri dengan mengait tubuhnya pada kapal atau pesawat karam.

Kalau kondisinya memang mengharuskan, pertimbangkan untuk mencari tambatan yang tidak merusak wreck. Seperti menghindari daerah berarus kuat dari awal penyelaman.

Hindari juga membuat jalur tali disekitar wreck. Lebih baik terus tingkatkan fungsi komunikasi dibawah air, ketimbang membuat jalur tali yang cenderung bisa merusak ekosistem yang biasanya hidup disekitar wreck.

Ingin Menyelam Sambil Melestarikan Lingkungan? Begini Caranya 4

Fokus Diluar

Biasakan juga hanya bermain diluar bagian kapal atau pesawat tenggelam. Hindari nafsu untuk melihat bagian dalam. Karena asal tahu saja, gelembung-gelembung udara yang terperangkap di dalam bagian wreck akan mempercepat proses oksidasi dan penghancuran.

Selain itu, bermain diluar wilayah wreck juga cenderung juga lebih aman. Karena sebenarnya kita tak tahu apa yang ada di dalam wilayah wreck tersebut. Bisa saja berisi binatang buas, atau arus kuat yang membuat tubuh kita tak terkendali bila kita berada didalamnya. 

Ajarkan Cara Memancing Ramah Lingkungan

Ada banyak kasus yang menyebutkan kalau jaring nelayan merusak setengah dari situs kapal atau pesawat tenggelam. Bukan cuma soal wreck yang rusak, tapi ekosistem yang hidup disekitar wreck juga hancur. Jadi kalau ada kesempatan kita bisa melakukan berbagai upaya untuk membantu pembelajaran tentang cara menangkap ikan yang ramah lingkungan.

Termasuk dengan membuat artikel-artikel serupa ini, agar tercapai kesadaran menjaga lingkungan yang lebih tinggi bagi para pelaku aktivitas di lautan.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

sulung

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap