Ingin Punya Kulit Sehat? Rajin Konsumsi Makanan Ini Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

Ingin Punya Kulit Sehat? Rajin Konsumsi Makanan Ini Dapat Menjaga Kesehatan Kulit 1

Semakin bertambahnya usia tentu kita akan mengalami yang namanya perubahan pada kulit seperti proses penuaan. Namun, kita dapat mengendalikannya dengan mengonsumsi makanan yang sehat juga bermanfaat untuk kulit. Makanan tidak hanya memberi efek kenyang, tetapi juga dapat membantu menjaga penampilan agar tetap terlihat awet muda. Mau tahu makanan apa saja yang dapat menjaga kesehatan kulit? 

1. Makanan yang Mengandung Vitamin C

Sumber: Pixabay
Sumber: Pixabay

Seperti yang diketahui vitamin C banyak sekali manfaat untuk tubuh, selain itu vitamin C juga memiliki kandungan sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari paparan radiasi yaitu sinar ultraviolet (UV). Tomat merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin C.

Kandungan betakaroten nya mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Dan beberapa senyawa dari tomat juga dapat mencegah kerutan, serta memproduksi kolagen yang mampu menjaga elastisitas kulit. Oleh sebab itu tomat menjadi salah satu makanan yang baik bagi kesehatan.

2. Blueberry

Sumber: Pixabay
Sumber: Pixabay

Buah dari ras berry ini memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit. Mampu melindungi dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan kulit.

Dengan mengonsumsi buah blueberry sebanyak 148 gram per hari, akan menutrisi tubuhmu juga menjadi sumber oksigen bagi kulit. Pergantian sel kulit yang cepat akan membuat kulitmu tampak awet muda dan sehat.

3. Brokoli

Sumber: Pixabay
Sumber: Pixabay

Sayuran brokoli memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan, diantaranya untuk detoksifikasi kulit. Meski banyak yang tidak suka karena rasanya yang cenderung pahit, namun jika kamu dapat mengubah kebiasaan tersebut brokoli dapat menjadi nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Brokoli memiliki beberapa kandungan vitamin seperti vitamin A, C, B kompleks, dan K.

Selain itu juga sebagai antioksidan yang baik untuk merawat kesehatan kulit. Mengonsumsi brokoli bermanfaat mendetoksifikasi yaitu membuang racun serta kotoran lain dari pori-pori kulit. Hasilnya kulit kamu pun akan tetap lembut, kenyal, dan juga sehat.

4. Paprika

Sumber: Pixabay
Sumber: Pixabay

Paprika merupakan satu keluarga dengan cabai, yang memiliki manfaat tidak hanya untuk tubuh tetapi juga baik untuk kesehatan kulitmu. Sayuran ini memiliki kaya akan vitamin dan antioksidan, yang berperan besar dalam menjaga keindahan kulit. Tidak hanya itu, mengonsumsi paprika juga dapat mencegah rambut rontok.

Kandungan betakaroten nya memiliki manfaat untuk anti penuaan. Betakaroten tersebut akan dikonversi menjadi vitamin A.  Dan Vitamin A memiliki peranan penting dalam perawatan kulit, yang dapat mencegah terjadinya keriput serta kulit menjadi cerah.

5. Teh Hijau

Sumber: Pixabay
Sumber: Pixabay

Seperti beberapa makanan yang lain teh hijau juga memiliki kandungan antioksidan, dan teh hijau dapat melindungi kulit dari kerusakan serta penuaan. Vitamin C yang terdapat pada teh hijau diyakini dapat meningkatkan produksi kolagen, selain itu antioksidan yang ada dalam teh hijau mampu mengendalikan penuaan dini pada kulit.

Dengan mengonsumsi teh hijau dapat mencegah timbulnya jerawat, kamu bisa minum teh hijau dua atau tiga kali sehari. Asal tidak mengonsumsi lebih dari tiga gelas per hari.

6. Kedelai

Sumber: Pixabay
Sumber: Pixabay

Kedelai adalah tanaman polong-polongan yang menjadi bahan dasar makanan seperti tahu, tempe, dan kecap. Kandungan isoflavon nya baik untuk tubuh, termasuk kulit. Salah satu manfaat dari kedelai untuk kulit yaitu melembapkan kulit. Kandungan isoflavon, vitamin A, dan vitamin E nya membantu produksi kolagen dalam tubuh agar tetap terjaga dengan baik.

Selain itu mengonsumsi kedelai juga dapat memperbaiki tekstur kulit. Kulit akan tampak lebih halus dan pori-pori mengecil. Zat asam linoleat (linoleic acid)  pada kedelai dapat menjaga barrier wajah agar kulit wajah tidak kering serta tidak mudah iritasi.

7. Ubi Jalar

Sumber: Pixabay
Sumber: Pixabay

Ubi jalar merupakan makanan yang baik untuk kesehatan kulit karena kandungan betakaroten. Karotenoid seperti betakaroten dapat membantu menjaga kulit tetap sehat sebagai tabir surya alami. Saat dikonsumsi, antioksidan yang terdapat pada umbi-umbian ini akan masuk ke dalam kulit dan melindungi sel-sel kulit dari paparan sinar matahari. Ubi jalar kaya akan vitamin C dan vitamin E yang berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Vitamin C bermanfaat untuk membantu meningkatkan kolagen yang dapat mengencangkan kulitmu. Rasanya yang manis, maka perlu diperhatikan juga untuk memasaknya. Jika digoreng akan mengurangi nutrisinya, akan lebih baik dikukus atau direbus dengan cara ini tentu akan membantu karbohidrat dan nutrisi penting tidak hilang. Ubi jalar juga cocok dijadikan salad agar semakin nikmat rasanya. Selain rasanya yang enak, dengan ditambahkannya ubi dapat menjadi asupan karbohidrat yang baik bagi kesehatan.

Kulit juga butuh makanan untuk memenuhi nutrisi. Dengan konsumsi makanan yang sehat, tentu dapat membantu untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan awet muda. Makanan yang baik untuk kesehatan kulit bisa didapat dari buah maupun sayuran. Maka dari itu dengan rajin mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, bisa menjadi cara untuk mencegah kulit dari penuaan dan menjaga elastisitas kulit.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Juni Chanasa