Ini Alasan Tuchel Mainkan Hudson Odoi di Posisi Tengah


Ini Alasan Tuchel Mainkan Hudson Odoi di Posisi Tengah 1

Nahkoda baru The Blues, Thomas Tuchel kian hari membuat terobosan baru guna menyempurnakan timnya. Sejak dirinya menukangi mantan asuhan Frank Lampard ini, ia terbukti membuat banyak kejutan-kejutan bagi Chelsea. Mulai dari gaya bermain yang lebih agresif, dengan lebih memaksimalkan serangan dari lini tengah mereka. Salah satu pemain yang menjadi konsentrasi pelatih anyar ini adalah peran sang bintang muda yang berposisi sebagai winger Callum Hudson-Odoi yang menjadi poros permainan The Blues dan juga tulang punggung tim yang bermarkas di Stamford Bridge ini.

Terbukti pemain berusia 20 tahun ini mendapat kepercayaan penuh dibawah asuhan mantan arsitek Paris Saint Germain ini. Di bawah instruksi Tuchel, Odoi terus digenjot agar kualitasnya semakin baik, meskipun ia sudah memahami betul bagaimana ia harus memerankan dirinya di lapangan. Pemain yang sejak awal berposisi sebagai penyerang sayap ini, banyak memberikan kontribusi terbaiknya bagi The Blues, terbukti beberapa assistnya mampu membuahkan gol. Namun seiring berjalan waktu, pelatih asal Jerman ini membuat terobosan baru dengan mencoba memainkan Hudson-Odoi di posisi yang berbeda. Hudson-Odoi yang sejatinya berposisi di sayap, di posisikan di lini tengah. Hal itu terjadi saat Chelsea menang 1-0 atas Barnsley di ajang FA Cup, dimana Tuchel memindahkan posisi Odoi dari tadinya bek sayap ke posisi tengah. 

Dengan skema yang tak banyak berubah, Tuchel memainkan Odoi di lini tengah dengan beberapa alasan. Salah satu alasannya, Odoi adalah pemain yang memiliki  fleksibilitas, mobilitas serta determinasi tinggi di lapangan. Menurut sang pelatih, nilai plus ini akan sangat baik bagi Chelsea. Jika Tuchel ditanya, apakah langkah tersebut sudah baik? ia menjawab, kita bisa  memainkan peran pemain masing-masing, tergantung skill masing-masing, Odoi terbukti dia pemain hebat, dia memiliki mobilitas tinggi di lapangan serta dapat bergerak leluasa di semua lini. Jika kalian memiliki pemain sekelas dirinya, tak ada salahnya memainkan dia di posisi yang berbeda, dan hal itu sudah kami gunakan.

Odoi bukanlah satu-satunya pemain muda yang mendapat kepercayaan dari sang pelatih baru. Banyak pemain muda Chelsea yang diberikan kesempatan bermain, namun Odoi bagi Chelsea adalah tulang punggung tim, dia memainkan peran secara keseluruhan. Jika pemain muda mendapat kepercayaan penuh atas timnya, maka semakin baik tim itu akan berkembang. Nafas tim jadi lebih panjang, sekaligus dapat memberikan semangat yang berbeda di setiap pertandingan.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap