Ini Bedanya Shounen, Seinen, Josei, dan Shoujo!


Ini Bedanya Shounen, Seinen, Josei, dan Shoujo! 1

Kalau kalian pecinta jejepangan harusnya tahu donk apa bedanya Shounen, Seinen, Josei, dan Shoujo. Tahu kan? Apa coba? Jangan-jangan kalian nggak tahu? Parah sih kalau kalian nggak tahu! Malu-maluin! Dah, jangan kasih tahu siapa-siapa, nih, ogut kasih tahu apa bedanya! Bikin malu aje lu!

Shounen, Josei, Seinen, Dan Shoujo ini sebenarnya cuma penanda kalau manga atau anime itu dibuat untuk usia berapa. Empat sebutan itu baru mulai sekitar tahun 1900 an dengan terbitnya beberapa majalah. Ah, nih deh lengkapnya!

Shounen

Shounen ini artinya masa muda atau anak laki-laki. Makanya anime atau manga ini dibuat untuk anak laki-laki dari SD sampai SMA. biasanya temanya tentang keluarga, persahabatan, menghadapi tantangan yang berat, hingga pencarian jati diri. Cerita yang paling umum ya soal pertempuran, olahraga, percintaan, atau mecha. Pertempuran pun kalau yang paling umum ya orang dengan kekuatan super. Misalnya dragon Ball atau One Piece. Atau Naruto, Bleach, dll.

Seinen

Kalau Seinen sendiri artinya komik yang dibuat untuk pemuda. Usianya itu dari SMA, sekitar usia 17an tahun, sampai usia 40an tahun. Karena itu temanya bisa lebih dewasa. Biasanya, mulai ada agak darah-darah dan adegan yang brutal ini. Ceritanya juga biasanya lebih rumit. Ya sederhananya, ini anime atau manga untuk dewasa lah. Contohnya tuh kalau Berserk, Blade of the Immortal, atau juga Black LAgoon. Atau kalau yang mau ceritanya rumit, Ghost in the Shell tuh.

Josei

Josei ini yang paling langka. Dia adalah anime atau manga yang dibuat untuk para ladies dengan usia dari 17an sampai 40 an tahun. Anime tipe ini jarang banget terbit di luar Jepang. Paling josei yang paling sering kamu inget yang honey and CLover. Atau apa lagi? Cerita yang diangkat biasanya juga cerita sesama jenis atau yang gitu-gitu deh. Agak bingung ogut ngejelasinnya. Paham lah ya kalian. Itu salah satu contoh. Yang jelas Josei ini punya arti perempuan, atau kewanitaan. Jadi mungkin ceritanya yang disukai cewek-cewek gitu, tapi taraf dewasa.

Shoujo

Kalau shoujo sendiri adalah komik yang dibuat untuk anak perempuan dari usia 10 tahun sampai 18 tahun. Biasanya komik ini dekat dengan gambar bunga-bunga dan warna pastel. Ceritanya juga biasanya fokus ke kisah cinta. Shoujo ini biasanya juga dipenuhi karakter cowok ganteng.

Itu tadi penjelasan tentang Seinen, Shoujo, Josei, dan Shounen. Jadi, ini bukan genre ya. Tapi kayak demografi, untuk usia berapa hingga berapa komik itu dibuat. Kira-kira gitulah.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

PukulTiga

   

Penulis yang kadang ngehek. Namanya juga manusia. Ogut yang penting woles dan memberi informasi yang bermanfaat.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap