Ini Cara Efektif Kelola Stres Untuk Hindari Hipertensi DI Usia Muda

Ini Cara Efektif Kelola Stres Untuk Hindari Hipertensi DI Usia Muda 1

 Meskipun umumnya hipertensi lebih sering dialami oleh orang berusia lanjut namun jangan salah, rupanya belakangan kasus hipertensi juga banyak ditemukan pada anak usia muda. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan pada tahun 2018 terdapat 13,2 persen kasus terjadi dengan rentang usia muda yaitu antara 18-24 tahun.

Selain faktor genetik dan gaya hidup yang tidak sehat, rupanya tingkat stres memiliki pengaruh yang besar terhadap kaum milenial di masa seperti sekarang ini. Ketika merasa sering tenggang dan gelisah, ini memungkinkan timbulnya stres, Padahal menurut Healt Harvard mengelola stres merupakan cara yang bisa dilakukan untuk menekan darah tinggi lo.

Nah maka dari itu berikut adalah beberapa cara efektif yang harus kamu perhatikan dalam mengelola stres:

  1. Tidur cukup dan berkualitas, kekurangan tidur dapat menyebabkan badan terasa lelah dan suasana hati memburuk, itu menyebabkan kesehatan fisik menurun dan kekurangn energi. Tidak hanya cukup tidur saja namun istirahat yang berkualitas itu jauh lebih efektif sebab tidak perlu durasi yang lama namun badanmu akan terasa kembali segar, dengan istirahat berkualitas kamu betul-betul membiarkan otakmu ber istirahat tanpa banyak hal untuk dipikirkan.
  2. Melakukan meditasi, Kamu dapat melakukan relaksasi otot progresif yaitu teknik relaksasi untuk mengontrol stres dan meredakan kecemasan, hal ini dilakukan dengan memberikan tegangan pada otot tertentu dan dilanjutkan dengan relaksasi, selain itu kamu juga bisa memenangkan Fikiran dalam imajinasi dengan cara melatih pernafasan, hal seperti ini juga bisa membantu jika kamu memiliki insomnia lo.
  3. Memperkuat jaringan sosial, Pada dasarnya manusia merupakan mahkluk sosial yang ingin diperhatikan, terhubung dengan lingkungan sosial serta mendapatkan kelompok pendukung untuk saling berbagi keresahan yang di alami merupakan hal yang mampu membuat kita meresa jauh lebih tenang.
  4. Melakukan manajement waktu dengan baik, Semakin efisien kamu dalam mengatur waktu antara tuntutan pekerjaan dan keluarga, maka tingkat stres juga akan semakin rendah.
  5. Jangan sepelekan ketika rasa penat datang, Yang biasa kita lakukan ketika mulai jenuh dan penat adalah mengabaikan situasinya. Jadi mulai sekarang cobalah untuk mengatasi, jangan biarkan itu jadi berlarut-larut. Pecahkan masalahnya dengan berbicara dan bernegosiasi baik di rumah maupun tempat kerja.
  6. luangkan hari untuk Me time, Tentu saja sesekali kamu bisa coba untuk memanjakan diri sendiri dengan hal yang disukai seperti tidur siang, mendengarkan musik, jalan-jalan, menikmati makanan yang disukai, melakukan pijat dan hal menyenangkan lainya, sebab tidak masalah untuk melakukan apresiasi terhadap diri sendiri yang sudah bekerja keras.

Hal lain yang perlu kita ingat meski tingkat stres sangat penting dalam menekan hipertensi, namun tentu kamu juga perlu menambahkan gaya hidup sehat dengan tidak merokok, olahraga teratur dan menjaga berat badan agar terhidar dari obesitas dengan diet yang mencangkup buah-buahan,sayur,biji-bijian,protein tanpa lemak.

Namun Jika tingkat stres yang dialami terus berlanjut jangan ragu untuk minta bantuan kerabat terdekat atau bicarakan dengan dokter yang professional ya, agar kamu bisa segera mendapatkan bantuan.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

destanita wiagsa