Ini Dia 8 Jasa Freelance yang Paling Banyak Dicari di Tahun 2022


Ini Dia 8 Jasa Freelance yang Paling Banyak Dicari di Tahun 2022

Apakah kamu sekarang bergerak di dunia pekerja lepas atau freelance? Agar kamu mendapatkan peluang sukses yang lebih besar, kamu perlu mengetahui berbagai jasa freelance yang paling banyak dicari. Apa saja ya? Penasaran? Baca terus ya!

1. Penasihat Keuangan

Banyak klien pribadi atau perusahaan yang membutuhkan jasa penasihat keuangan.

Dengan adanya jasa ini, mereka akan mendapatkan panduan terhadap keputusan keuangan yang akan diambil berikutnya.

Saat ini banyak tersedia peluang jasa freelance di bidang keuangan. Karena banyak perusahaan yang ingin lebih hemat dalam biaya gaji pegawai.

Disinilah jasa penasihat keuangan freelance akan sangat membantu mereka. 

2. Analisis Data

Seluruh kegiatan bisnis atau apapun bidang ekonomi yang menggunakan digital pasti juga menggunakan data. 

Maka dari itu mereka mencari seseorang yang mampu mengumpulkan, mencatat, merekam, dan menganalisa informasi yang relevan. 

Tujuannya adalah agar bisnis klien mampu mengungguli pesaing-pesaingnya. 

3. Asisten Virtual

Ibarat kamu menjadi sekretaris, namun kamu bekerja secara virtual atau remote. Ingat, bukan hanya Siri atau Google Assistant yang dapat menjadi asisten profesional.

Kamu juga bisa sekali lho! Tugasmu beraneka ragam. Mulai dari membuat jadwal rapat, membuat transkrip wawancara, dan lain sebagainya.

Bayarannya biasanya dihitung per jam dan cukup menggiurkan! Sebanding sih dengan tekanan kerjanya apalagi ketika jadwal sedang padat. 

4. Penerjemah

Saat ini banyak sekali bisnis yang bekerja sama lintas benua. Keahlian bahasa asing semakin banyak dibutuhkan.

Jika kamu menguasai berbagai bahasa asing, maka kamu dapat menjual jasa freelance sebagai penerjemah.

Kamu dapat menerjemahkan mulai dari dokumen, artikel, sampai dengan menjadi asisten penerjemah bagi klien kamu. 

5. Konsultan Google Ads

Di setiap bagian atas halaman mesin pencari kamu akan menemukan tautan berbayar.

Banyak bisnis yang rela menyisihkan modal untuk memasang iklan di Google. Namun apabila mereka salah menerapkan strategi, ada kemungkinan iklan tersebut tidak akan berhasil.

Disinilah kamu bisa menawarkan jasa freelance sebagai konsultan Google Ads. Ada banyak sekali pelatihan tentang manajemen iklan mesin pencari.

Tentunya pelatihan tersebut akan meningkatkan kompetensi kamu. 

6. Penulis Teks atau Subtitle

Bayangkan bagaimana jadinya menonton serial Loki atau Money Heist tanpa adanya teks di bagian bawah layar? Tentu penonton akan kebingungan bukan? Saat ini tingkat konsumsi video sedang tinggi-tingginya.

Agar video ini mampu menjangkau lebih banyak lagi orang maka diperlukan penempatan teks terjemahan yang tepat.

arena itu banyak sekali orang yang mencari jasa freelance penulis teks ini. Bagi kamu yang handal dalam menerjemahkan dan mampu mengedit teks, pekerjaan lepas ini bisa kamu jadikan sebagai sumber penghasilan. 

7. Penulis Konten

Tidak semua penulis mampu menjadi seorang penulis konten. Sebab dibutuhkan tulisan yang jelas, ringkas, padat dan tepat sasaran.

Kamu harus menempatkan pembaca di tempat utama. Banyak bisnis dan perusahaan yang mencari jasa freelance penulis konten.

Apakah kamu salah satunya?

8. Editor Video

Konten yang paling laku saat ini adalah konten video. Sebuah video berkualitas bukan saja membutuhkan kamera yang bagus, namun juga seorang editor video yang berkualitas.

Pekerjaan freelance sebagai editor video sangat sesuai bagi kamu yang senang mempercantik video, dan paham tentang sistem operasi serta perangkat lunak editing. Semakin kreatif dirimu, semakin besar peluangnya! 

Jika kamu akan terjun menjadi seorang freelancer, jenis jasa freelance apa yang akan kamu jalankan? Apapun pilihan kamu, pastikan selalu menyajikan pekerjaan yang berkualitas dan sesuai pesanan klien ya!