Ini Dia, Penyanyi Pertama Lagu Indonesia Raya

Ini Dia, Penyanyi Pertama Lagu Indonesia Raya 1

Halo para pembaca, khususnya masyarakat Indonesia. Pasti sejak kecil kita sudah sering diperdengarkan lagu kebangsaan tercinta kita yakni Indonesia Raya, bukan? Bahkan setiap hari Senin sewaktu upacara dulu, saat sesi pengibaran bendera merah putih. Dan disuruh menghafal pula? Di kelas-kelas. Apa ada yang masih belum hafal?

Dolly Salim | Sumber gambar : Wikipedia
Dolly Salim | Sumber gambar : Wikipedia

Atau di mana saja kita berada, tak jarang orang juga memutar lagu Indonesia Raya di radio-radio atau alat pemutar musik lainnya. Bahkan ketika ada acara penting sekalipun, hingga ke luar negeri-perwakilan yang datang dari Nusantara akan menyanyikan lagu tersebut terlebih dahulu sebagai pembuka atau penutup. Akan ada rasa bangga tersendiri yang membersamai. Pada acara-acara olahraga yang sering kita saksikan di televisi misalnya.

Sumber gambar : pinterest
Sumber gambar : pinterest

Kalau kita dari dulu sering disuguhi pertanyaan siapa pencipta lagu Indonesia Raya, maka jawabnya pasti Wage Rudolf Supratman. Nah, tapi kalau siapa yang menyanyikan lagu Indonesia Raya pertama? Hal ini tentunya belum umum. Bukan Wage Rudolf Supratman sendiri yang menyajikannya di acara Kongres Pemuda II kala itu, meskipun beliaulah yang menggesek biolanya untuk diperdengarkan kepada para hadirin. Namun yang menyanyikan liriknya ialah seorang perempuan.

Ya, perempuan! Kalian tidak salah baca. Seperti dilansir dari Liputan6, untuk pertama kalinya lagu Indonesia Raya ciptaan W. R. Supratman itu dinyanyikan oleh Theodora Athia Salim atau yang dikenal dengan nama Dolly Salim yang lahir pada 26 Juli 1913.

Kalau melihat nama belakangnya, Salim, jadi teringat Haji Agus Salim ya. Itu loh, salah satu pahlawan Nasional Indonesia. Iya, jadi Dolly Salim merupakan putri sulungnya alias anak pertamanya.

Haji Agus Salim | Sumber gambar : pinterest
Haji Agus Salim | Sumber gambar : pinterest

Nah kembali lagi, lagu Indonesia Raya sendiri pertama kali diperdengarkan dalam Kongres Pemuda II pada tahun 1928 di Jalan Kramat Raya No. 10, Jakarta Pusat. 

Awalnya sih Dolly Salim tidak mau untuk datang ke acara tersebut, alasannya karena merasa belum cukup usia untuk jadi pemuda kala itu. Bisa dikata, usianya pun masih 15 tahun. Namun karena dibujuk oleh teman-temannya, akhirnya beliau pun berkenan. Dolly Salim pun datang serta menjadi wakil dari Nationaal Indonesische Padvinderij (Natipij). Natipij merupakan sebuah wadah kepanduan di bawah naungan Jong Islamiten Bond (JIB).

Fakta lainnya tentang Dolly Salim yakni bahwa ia tak pernah mengenyam pendidikan di sekolah formal saat itu, namun memperoleh pendidikan dari rumah saja. Belajar di rumah saja. Ini terjadi karena Haji Agus Salim tidak menyetujui sistem pendidikan kolonial Belanda. Maka oleh sebab itu, ia membimbing serta mendidik putrinya dengan caranya sendiri.

Seperti ditinjau dari Wikipedia, Dolly Salim pun menikah dengan Soedjono Hardjosoediro dan dikaruniai 4 orang anak.

Dolly Salim lantas wafat pada tanggal 24 Juli 1990, dan akan selamanya dikenal sebagai Pelantun Pertama Lagu Indonesia Raya pada Kongres Pemuda II.

Nah itu tadi informasi terkait siapa yang menyanyikan lagu Indonesia Raya untuk pertama kalinya, para pembaca digstraksi. Salut banget ya, meski masih berusia remaja namun Dolly Salim nyatanya berhasil menyajikan lagu kebangsaan pertama kali dengan baik. Dan mengundang rasa kagum dari semua hadirin yang ada setelah merdunya biola milik W. R. Supratman. Semoga hal ini bisa menjadi inspirasi kita bersama kelak untuk ikut mengharumkan nama bangsa ya..

Sekian, sampai jumpa lagi 🙂

Referensi :

  • https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3974042/lebih-dekat-dengan-perempuan-pelantun-lagu-indonesia-raya-pertama
  • https://id.m.wikipedia.org/wiki/Dolly_Salim


Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Soreane Sore