Ini Dia Tips Sederhana Untuk Membangkitkan Semangat Kerja


Ini Dia Tips Sederhana Untuk Membangkitkan Semangat Kerja 1

Pekerjaan adalah sesuatu yang sangat berpengaruh dalam hidup seseorang, namun tidak jarang pekerjaan itu terasa memuakan ataupun terasa sangat menyebalkan tapi apalah daya tekanan kebutuhan memaksa kita untuk terus bertahan, nah jika semua itu terasa sangat mengekang apa yang harus kita lakukan?

Kita hanya perlu bersemangat dalam menjalani pekerjaan tersebut mencoba menerima segala keadaan suka ataupun tidak suka kita harus siap dan terima, nah bagaimana cara menumbuhkan ataupun menghadirkan semangat kerja dalam diri kita? Berikut sudah saya rangkum apa saja yang bisa di lakukan untuk membangkitkan semangat dalam bekerja ini dia uraian nya.

1. Cobalah Untuk Berfikir Positif

source : pexels
source : pexels

Pada umumnya siklus bekerja adalah itu – itu saja, memang kedengaran nya saja sudah menjenuhkan, tapi cobalah untuk berfikir positif. Mengapa harus berfikir positif? Karna dengan terus berfikir hal-ham yang bersifat positif akan memberi kekuatan pada kamu maka dengan begitu semangat pun akan tumbuh karna jika kebalikan nya misal kita terus berfikiran negatif alhasil yang terjadi adalah marah-marah, mudah tersinggung, berperasangka buruk dan berperilaku kurang sabar.

Sikap-sikap tersebut sangatlah tidak baik untuk lingkungan pekerjaan ataupun lingkungan sosial, maka dari itu teruslah berfikir positif dalam melakukan suatu pekerjaan.

2. Hargai Diri Sendiri

source : pexels
source : pexels

Poin yang kedua yaitu cobalah hargai diri sendiri, memang kerja itu harus giat harus profesional dan mengutamakan kualitas tapi jangan lupa dengan diri sendiri, dan semua itu akan terasa saat kita merasa lelah namun seperti tidak ada yang menghargai usaha kita dan semangat pun akan menurun berganti dengan kekecewaan, maka dari itu sebelum jauh kita berharap di hargai orang lain hargailah diri kita sendiri karna hanya kita yang tau bagaimana perjuangan dan kesungguhan diri kita,dalam menghargai diri sendiri bisa seperti memberi kebebasan dan kesenangan seperti menyalurkan hobi, liburan atau belanja intinya bahagiakan diri sendiri agar terasa rileks maka hargailah diri kita sendiri untuk menumbuhkan semangat dalam bekerja.

4.Mulai Cintai Pekerjaan Kamu

source : pexels
source : pexels

Ada yang mengatakan “orang yang bahagia adalah orang yang mencintai pekerjaan nya” dari sini kita sudah tau bagaiman cara kita agar bahagia dalam bekerja yaitu dengan mencintainya, jika tidak maka pekerjaan akan terasa beban selama kamu belum bisa mencintai pekerjaan tersebut.

Cobalah sedikit demi sedikit untuk menyukai apa yang kamu kerjakan dengan begitu akan menumbuhkan semangat dalam bekerja, kita semua tahu tidak ada pekerjaan yang enak tapi cobalah karna jika kita sudah mencintai pekerjaan kita semua itu akan terasa ringan dan mudah, so cobalah cintai pekerjaan kamu dari sekarang.

5. Hilangkan Rasa Takut Jauhkan Rasa Ragu

Selanjutnya dalam membangkitkan semangat kerja adalah menghilangkan rasa takut dan ragu, jangan takut berlebihan jang pula ragu berkepanjangan kita harus berani dan yakin dengan apa yang kita kerjakan, lakukan sebisa mungkin, lakukan semaksimal mungkin, masalah hasil biarlah Tuhan yang menentukan.

Karna rasa takut yang berlebihan itu tidak baik, bisa seperti takut akan hari esok atau masa depan takut akan hal yang pernah terjadi di masa lalu dan yang lain nya. Lawan lah rasa takut tersebut dan ganti dengan berfikir positif yakin bahwa apa yang kita kerjakan sudah yang terbaik.

6. Ingat Orang Yang Tidak Seberuntung Dirimu

source : pexels
source : pexels

Kita mengeluh dalam bekerja maka lawannya adalah tidak bekerja (pengangguran), maka ingatlah mereka yang masih belum dapat pekerjaan bisa saja pekerjaan yang kamu punya sekarang adalah pekerjaan yang di inginkan orang-orang diluar sana yang belum memiliki pekerjaan, dan bersyukurlah akan hal itu, mungkin kita memang merasa penat, muak, segala macam dalam menghadapi apa yang di kerjakan tapi ingatlah jika kamu sudah berkeluarga ada anak dan istri yang harus kamu nafkahi, dan kalaupun kamu masih sendiri ingatlah orang tua mu yang sudah membesarkan mu dengan begitu kamu bisa menumbuhkan semangat dalam melakukan pekerjaan.

7. Ingat Apa Tujuan Kamu

source : pexels
source : pexels

Saat lelah dan penat kamu rasakan cobalah untuk menengok ke belakang apa tujuan kamu bekerja disini? Apakah untuk membantu orang tua, apakah untuk menafkahi keluarga,atau yang lain nya. Cobalah ingat untuk membakar semangat dalam diri agar tetap tegar menghadapi suatu pekerjaan karna dalam bekerja itu butuh komitmen untuk apa dan mengapa saya bekerja?

Pasti setiap orang mempunyai jawaban masing-masing tapi pada intinya ingat tujuan kamu bekerja pasti disitu kamu temukan titik semangat yang bisa membuat mu lebih kuat dalam mengerjakan sesuatu.

8. Ikhlas

source : pexels
source : pexels

Poin yang terakhir adalah ikhlas, kata yang simple mudah namun berat di lakukan, begitulah jika orang berbicara mengenai ikhlas, tapi hal ini menjadi Final bagi seseorang yang ingin bersemangat dalam bekerja dimana kita bekerja tanpa perhitungan ingin ini itu, kita kerja secara maksimal tanpa berharap lebih, pokoknya kita kerja, berikhtiar sebisa mungkin masalah hasil kita pasrahkan kepada Tuhan, dengan begitu apa saja yang kita kerjakan akan terasa ringan dan tidak menjadi beban karna hati kita sudah lapang dan hanya melakukan kewajiban kita bekerja masalah hasil masalah kedepan nya kita pasrahkan kepada Tuhan, semoga kita semua bisa ikhlas dalam mengerjakan suatu pekerjaan agar semangat kita bisa tumbuh dan pekerjaan kita semakin baik.

Gimana udah ada gambaran untuk memulai hari kerja yang lebih baik? Semoga dengan rincian di atas bisa membangkitkan semangat kita semua dalam bekerja ya, Oke mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mohon maaf jika ada kekurangan atau kesalahan sekian dan sampai jumpa.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Adnan Saparwadi

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap