Ini Yang Bisa Dilakukan Fresh Graduate Sambil Nunggu Panggilan Kerja

Ini Yang Bisa Dilakukan Fresh Graduate Sambil Nunggu Panggilan Kerja 1

Siapa sih yang ga ingin habis lulus bahkan sebelum lulus sudah bekerja diperusahaan yang jadi inceran selama hidup. Dapat gaji besar, tunjangan besar, dan bonus serta THR juga besar. Tentu semua orang juga ingin seperti itu. Namun kenyataannya, tidak semua fresh graduate bisa langsung dapat kerjaan sesuai cita-cita yang diinginkan selama kuliah.

Ada yang kerja di perusahaan impian setelah 3 tahun lamanya menunggu, ada yang sampai menghabiskan waktu 4 atau 5 tahun untuk dapat kerja di perusahaan yang dicita-citakan, ada juga yang momen nunggunya tidak selama itu. Intinya, perjalanan kerja masing-masing orang berbeda beda. Banyak yang perjalanan menuju kerjanya mulus, dan banyak juga yang perjalanan kerjanya berlika liku tidak sampai-sampai.

Nah untuk kamu para fresh graduate, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan sembari menunggu panggilan kerja loh. Apa saja sih?

1. Mengikuti Pelatihan Kerja

Zaman sekarang, sudah tidak susah lagi mencari platform yang menyediakan berbagai macam pelatihan kerja untuk menambah wawasan fresh graduate seperti apa dunia kerja yang sesungguhnya. Kamu bisa mengikuti kelas pelatihan kerja berbayar ataupun gratis yang diadakan oleh beberapa platform khusus untuk pelatihan kerja seperti kelas.com, kormojob, dan lainnya.

Kamu juga bisa memilih kelas mana yang paling cocok dengan cita-cita pekerjaan kamu kedepan ataupun mengikuti kelas pelatihan umum seperti pelatihan microsoft office, pelatihan psikotes, pelatihan interview, pelatihan pembuatan CV dan kelas pelatihan lainnya.

Dari pelatihan kerja itulah, kamu akan mendapatkan gambarang dunia kerja, pengetahuan baru mengenai dunia kerja dan akan lebih percaya diri untuk mengaplikasikan ilmu yang sudah didapatkan untuk mendapatkan pekerjaan.

Biasanya kelas pelatihan kerja banyak dilakukan secara daring, dan itu menjadi nilai plus juga untuk kamu yang tidak suka buang-buang waktu karena bisa mengikuti pelatihan kerja dimana saja dan kapan saja.

2. Menjalani Hobi Yang Menghasilkan

Buat kamu yang mempunya hobi diluar cita-cita pekerjaan. Lakukan saja hobi tersebut dengan serius, karena boleh jadi pintu kamu mendapatkan pendapatan berasal dari hobi kamu juga. Manfaatkan waktu luang untuk memaksimalkan hobi yang sekiranya bisa kamu buat untuk menambah keran pendapatan.

Misalnya kamu hobi sekali membuat sketsa wajah orang, kamu bisa membuat pemesana jasa sketsa dengan tarif yang bisa kamu sesuaikan. Atau jika kamu hobi menulis, kamu bisa mengirim tulisan opini kamu ke beberapa surat kabar baik media online ataupun offline agar bisa dimuat disana dan mendapatkan insentif berupa uang.

Biasanya masing-masing media mempunyai peraturan berbeda-beda untuk opini yang akan dimuat, jangan lupa dibaca dengan teliti yaa. Selain mengirim tulisan ke beberapa media online maupun offline, kamu juga bisa menjadi contributor writing di platform digital seperti digstraksi ini.

Selalu pastikan kamu mengetahui kekuatan kamu yang tidak dimiliki orang lain ya, agar karya yang kamu buat tidak menjadi biasa saja tetapi luarbiasa.

3. Rajin Bangun Pagi

Meski kedengarannya tidak nyambung, tapi dengan kita bangun pagi akan ada banyak sekali kegiatan yang dapat kita lakukan agar hari-hari kita tidak terbuang dengan rebahan dan main gadget saja. Selain itu, rajin bangun pagi juga ajang untuk latihan kamu agar saat sudah bekerja nanti bisa lebih tepat waktu bangun pagi dan tidak merasa terbebani apalagi mengutuk diri kalau masih butuh tidur lebih lama karena masih lelah.

Oleh karena itu, bangun pagi dan tidur tepat waktu menjadi penting untuk dipikirkan dan diaplikasikan. Mengingat banyak sekali anak muda sekarang yang jam tidur dan bangunnya berantakan sehingga sering mempengaruhi mood mereka sepanjang hari.

Itu dia 3 hal yang bisa dilakukan para fresh graduate untuk bersiap mendapatkan pekerjaan impian selama hidup. Jangan lupa tanamkan dalam diri kalau setiap orang memiliki rezeki masing-masing dan tidak akan tertukar, termasuk rezeki kamu. Tetap semangat untuk belajar, mengembangkan potensi diri yang sudah ada, dan jangan lupa berdo’a.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Nurul Hidayah

   

Si Perasa