Ini yang Harus Dilakukan Agar Terhindar Dari Gagal Ginjal


Ini yang Harus Dilakukan Agar Terhindar Dari Gagal Ginjal 1

Gagal ginjal adalah penyakit yang sangat berbahaya. Resiko ketika seseorang terkena penyakit ini adalah kematian. Masalahnya banyak orang yang tidak tahu kapan ginjal mereka sudah mulai tidak berfungsi baik. Kebanyakan baru tahu ketika sudah kambuh dan jika penanganannya kurang tepat akan fatal akibatnya. Padahal ketika kita tahu sedari dini, maka kita bisa melakukan pencegahan agar tidak terjadi gagal ginjal.

Memang ada banyak pencegahan yang bisa dilakukan agar tidak terkena atau mengurangi resiko terkena gagal ginjal. Mulai dari hidup sehat, olahraga teratur, gula darah dan tekanan darah yang terkontrol baik, berat badan yang terjaga ideal, tidak ngawur mengkonsumsi obat-obatan, dan tidak merokok.

Biasanya, seseorang baru akan memeriksakan fungsi ginjal mereka kalau ada gangguan. Nah, ada beberapa jenis pencegahan untuk beberapa tahap gangguan. Pencegahan itu antara lain pencegahan primer yang harus dilakukan sebelum terjadi Penyakit Ginjal Kronik. Lalu pencegahan sekunder dengan menggunakan diagnosis awal gangguan ginjal dengan melakukan pemeriksaan urin dan darah agar bisa tahu bagaimana kondisi fungsi ginjal. Lalu pencegahan tersier lebih kepada tatalaksana komplikasi Penyakit Ginjal Kronik yang lebih optimal. Misalnya gejala anemia, sesak napas, kelebihan cairan, gangguan mineral, hingga komplikasi ke Jantung.

Lalu bagaimana cara agar kita terhindar dari Gagal Ginjal selain kegiatan-kegiatan menyehatkan itu? Bagaimana kita bisa mendiagnosis diri kita sendiri dan bisa tahu apakah ginjal kita baik-baik saja? Apa yang harus dilakukan? Hal yang paling jelas terlihat bahwa kamu mungkin bisa terkena gagal ginjal adalah kegemukan. Kegemukan adalah salah satu faktor yang menyebabkan gagal ginjal dan tidak disadari. Biasanya ini terlihat dari perubahan lingkar pinggang. Sehingga kalian harus mengecek lingkar pinggang kalian.

Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dari Kementerian Kesehatan dr. Cut Putri Arianie, MH.Kes lingkar pinggang tidak boleh lebih dari 90 centimeter. Jika lingkar pinggang melebihi 90 centimeter maka kamu harus mengatur kembali pola hidup yang sehat, makan secukupnya, dan memeriksakan kesehatanmu ke dokter. Ingat, lebih baik mencegah dari pada mengobati kan?


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

PukulTiga

   

Penulis yang kadang ngehek. Namanya juga manusia. Ogut yang penting woles dan memberi informasi yang bermanfaat.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap