Ini Yang Perlu Kamu Perhatikan Ketika Akan Membeli Sesuatu


Ini Yang Perlu Kamu Perhatikan Ketika Akan Membeli Sesuatu 1

Dalam kegiatan sehari-hari kita tidak bisa lepas dari kebutuhan hidup yang harus dipenuhi. Berbagai macam kebutuhan dan keinginan silih berganti untuk dipenuhi dengan cara dibeli. Dalam satu bulan, seseorang bisa menghabiskan berjuta-juta untuk membeli berbagai macam kebutuhan dan keinginan. Jika berbelanja untuk memenuhi kebutuhan, masih dikategorikan wajar dan normal.

Namun, ada beberapa orang yang cenderung impulsif dalam membeli suatu barang apalagi ditunjang dengan akses beli yang mudah melalui marketplace-marketplace yang menawarkan berbagai macam kemudahan untuk membeli suatu barang. Agar kamu tidak menjadi orang yang impulsif dan akhirnya merugikan diri sendiri dalam berbelanja, ini yang harus kamu lakukan saat akan membeli suatu barang.

1. Membeli barang sesuai kebutuhan

Pastikan barang yang akan kamu beli adalah barang yang kamu butuhkan bukan barang yang kamu inginkan apalagi membeli barang hanya karena barang tersebut lucu, tujuannya agar tidak terjadi penumpukan barang dirumah kamu yang dapat menyebabkan kamar kamu sulit rapih dan membuat kamu harus meluangkan waktu khusus untuk membereskan barang yang menumpuk terlalu banyak.

Bagaimana cara mengetahui barang yang akan dibeli merupakan kebutuhan atau keingingan? Jika barang tersebut merupakan kebutuhan, barang tersebut belum kita miliki sebelumnya atau kita sudah miliki dengan kuantitas tidak lebih dari 3 barang dengan jenis dan fungsi yang sama, fungsi barang tersebut sangat berpengaruh dengan kegiatan sehari-hari kita seperti berpengaruh pada pendidikan, pekerjaan dll. Contoh: membeli tas untuk sekolah karena hanya punya satu tas dirumah, tujuannya agar bisa untuk back up jika suatu waktu tas satunya kehujanan.

2. Membeli barang sesuai fungsi

Banyak sekali orang yang membeli barang bukan pada fungsinya tapi pada pandangan masyarakat sosial. Padahal ketika kamu membeli barang yang sama dengan harga yang jauh berbeda fungsinya akan sama. Contoh: kamu membeli jam seharga 5 juta, dengan kamu membeli jam seharga 500 ribu. Jam tersebut memiliki fungsi yang sama.

Namun pada hal ini ada yang berpandangan bahwa membeli barang mewah selain untuk prestise dapat juga untuk investasi di kemudian hari. Ada pula yang berpandangan bahwa selisih uang 5 juta dan 500 ribu itu dapat di tabung untuk kebutuhan lain yang mendesak. Pilihan-pilihan itu dapat kamu pilih yang sesuai dengan kebutuhan kamu ya!

3. Membeli barang sesuai budget

Ini salah satu hal krusial pada saat ingin membeli sebuah barang. Sebagian orang cenderung membeli tanpa melihat budget yang tersedia yang ujungnya akan membeli secara kredit atau berhutang demi membeli suatu barang. Nah agar hal itu tidak terjadi pada kamu, alangkah baiknya kamu cari barang yang akan kamu beli sesuai budget yang ada di tangan kamu.

Jika belum pas antara barang yang dibutuhkan dan uang yang ada, kamu bisa melanjutkan menabung dan bersabar beberapa bulan daripada harus membeli secara kredit atau membeli barah dari hasil berhutang. Karena akan lebih banyak resiko yang ditimbulkan jika kamu memaksakan diri membeli barang dengan cara kredit atau berhutang.

Itu dia 3 cara yang bisa kamu lakukan saat akan membeli barang. Semoga membantu kamu menjadi pribadi yang lebih bijak dalam berbelanja ya.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Nurul Hidayah

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap