Inilah 3 Poin Penting Pengambilan Keputusan yang Wajib Pemimpin Ketahui


Inilah 3 Poin Penting Pengambilan Keputusan yang Wajib Pemimpin Ketahui 1

Bagi sebagian besar orang, memiliki jabatan sebagai pemimpin (leader) adalah kesempatan yang sangat berharga. Hal itu dikarenakan, seorang pemimpin (leader) adalah orang terpilih diantara anggota lainnya yang lebih bisa diberikan kepercayaan dan bisa lebih diandalkan. Menjadi seorang pemimpin juga adalah sebuah hasil dari kerja keras yang biasanya lumayan cukup lama untuk bisa berada di posisi tersebut.

Bagi para pemimpin yang masih pemula, pada posisi tersebut bisa jadi masih menjadi sesuatu yang membingungkan. Mengingat hal tersebut menuntut diri untuk harus bisa mengatur segala sesuatu dengan efektif dan efisien untuk mengarahkan anggota menuju target perusahaan yang diinginkan.

Seorang pemimpin akan dihadapkan pada sebuah pilihan, baik yang memiliki resiko rendah atau juga dengan resiko yang tinggi sekalipun. Maka dari itu pemimpin benar-benar harus mempertimbangkan secara baik dalam memilih dan mengambil keputusan.

Karena keputusan yang diambil seorang pemimpin akan menentukan nasib perusahaan untuk bisa maju dan berkembang atau justru akan membuat sebuah kemunduran. Namun dibalik itu, seorang pemimpin yang telah mengambil keputusan meskipun tidak begitu memuaskan hasilnya, itu lebih baik dari pada tidak melakukan pergerakan sama sekali.

Setiap perusahaan menginginkan memiliki seorang pemimpin yang cepat dan tepat serta bertanggungjawab pada keputusan yang telah dipilih. Sehingga itu yang menjadi tolak ukur bahwa dia pantas ditunjuk sebagai seorang pemimpin. Seorang pemimpin juga dituntut untuk tegas, tidak takut salah, konsisten, dan cerdas dalam menyelesaikan sebuah permasalahan. Itu juga yang membuat pemimpin harus berhati-hati sekali supaya bisa menjadi pemimpin yang dapat dipercaya dan disegani.

Nah, sebelum menjalani hal tersebut lebih jauh, simak tips dasar seorang pemimpin untuk mengambil sebuah keputusan terbaik dibawah ini :

1. Tingkatkan kemampuan problem-solving

Inilah 3 Poin Penting Pengambilan Keputusan yang Wajib Pemimpin Ketahui 3

Banyak hal yang akan dihadapi oleh seorang pemimpin, mulai dari masalah kecil, masalah sedang dan juga masalah yang cukup besar. Latih kemampuan memecahkan masalah dengan melihat atau mempelajari kasus-kasus atau masalah yang biasanya terjadi pada sebuah perusahaan.

Dengan begitu, seorang pemimpin yang sudah pernah melihat atau mengalami sebuah permasalahan akan lebih terbiasa dan memiliki banyak pilihan-pilihan dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Semakin terbiasa dengan masalah yang terjadi, maka akan semakin bisa lihai dalam menghadapi berbagai macam pendapat yang berbeda-beda.

Asah kemampuan problem-solving dengan open minded dan mempelajari banyak hal yang terkait.

2. Perkirakan deadline

Inilah 3 Poin Penting Pengambilan Keputusan yang Wajib Pemimpin Ketahui 4

Setiap permasalahan yang dihadapi pasti menginginkan solusi yang cepat dan tepat. Namun sebagai seorang pemimpin harus bisa memperkirakan berapa lama pemecahan masalah tersebut akan selesai.

Karena apabila terlalu cepat mengambil keputusan, resikonya adalah keputusan yang diambil bisa jadi tidak begitu memuaskan atau tidak maksimal dengan hasilnya. Begitupun jika terlalu lama, bisa jadi solusi yang dibuat melebihi batas waktu yang disediakan, sehingga perusahaan tidak lagi memiliki kepercayaan yang baik.

Maka dari itu, pertimbangkan dengan seksama berapa lama waktu untuk menyelesaikan masalahnya untuk mendapatan solusi yang terbaik. Sampaikan juga bagaimana cara untuk memecahkan masalah tersebut.

3. Bertanggungjawab

Inilah 3 Poin Penting Pengambilan Keputusan yang Wajib Pemimpin Ketahui 5

Keputusan yang diambil seorang pemimpin adalah sesuatu yang harus dipertanggungjawabkan. Baik dan buruknya efek yang terjadi pada perusahaan, itu ada pada tangan seorang pemimpin.

Lari dari kenyataan adalah bukan pilihan terbaik, saat keputusan tersebut sudah menjadi pilihan yang dipertimbangkan dengan matang dengan tim atau anggota. Pemimpin yang tegas dan bertanggungjawab terhadap keputusannya adalah pemimpin yang diinginkan, dan bisa membuat perusahaan akan lebih maju dan berkembang walaupun hanya sedikit demi sedikit.

Tiga poin diatas bisa dipelajari untuk menjadi seorang pemimpin yang baik dalam hal mengambil keputusan. Belajar memecahkan masalah, pertimbangkan waktu pengambilan keputusan, dan bertanggungjawan terhadap apa yang telah dibuat dan dipilih.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Fina Fauziah

   

Penulis Artikel | Moderator Online | Content Creator | Voice Over

Subscribe
Notify of
1 Comment
Oldest
Newest
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap