Inilah 5 Aplikasi Wajib Yang Harus Kamu Hapus Ketika Smartphone Terasa Lemot

Inilah 5 Aplikasi Wajib Yang Harus Kamu Hapus Ketika Smartphone Terasa Lemot

Pada umumnya memang yang ada di dapat membantu pengguna dalam melakukan aktifitas sehari – sehari.

Tetapi, semakin banyak yang ada di kamu, maka semakin cepat juga pengunaan daya baterai dan membuat memori internal menjadi penuh dan ada beberapa yang mungkin berbahaya bagi keamanan kamu.

Karena itu, berikut ini ada 5 yang wajib dihapus jika kamu merasa kamu sudah terasa lemot. Apa saja? Yuk simak berikut ini.

1. Cuaca

Inilah 5 Aplikasi Wajib Yang Harus Kamu Hapus Ketika Smartphone Terasa Lemot

Menurut laporan dari beberapa ahli keamanan siber, beberapa cuaca di Play Store dan AppStore diketahui ternyata mengandung virus yang berbahaya.

Selain itu, ada satu cuaca yang mampu mencuri informasi kartu kredit orang saat sedang diunduh. Umumnya, masing – masing sudah dilengkapi dengan cuaca bawaan yang lebih baik, ketimbang yang lebih menarik dan berpotensi mengancam keamanan pengguna. Karena itu, pakailah bawaan yang memang sudah dapat dipastikan aman daripada dari luar.

Baca juga  2 Cara Mengirim Email Lewat Gmail Beserta Lampirannya

2. Aplikasi

Inilah 5 Aplikasi Wajib Yang Harus Kamu Hapus Ketika Smartphone Terasa Lemot

Aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter diketahui memang memakan banyak ruang memori internal pada dan sering menjadi penyebab utama baterai terkuras cepat habis.

Karena itu, kamu dapat mempertimbangkan untuk menghapus beberapa aplikasi sosial media seperti Facebook, Facebook Messenger, dan Twitter dari yang jarang digunakan.

Atau kamu bisa memakai alternatif lain dengan menggunakan aplikasi sosial media yang bisa kamu akses melalui browser di PC atau .

3. Aplikasi Menghemat RAM

Inilah 5 Aplikasi Wajib Yang Harus Kamu Hapus Ketika Smartphone Terasa Lemot

Tahukah kamu bahwa aplikasi yang berjalan di background pastinya akan memakan kapasitas RAM dan baterai yang cukup boros.

Banyak yang menyarankan untuk menghemat kapasitas RAM dengan menginstall aplikasi yang bisa menghemat RAM. Tetapi, aplikasi yang menghemat RAM ini justru akan menutup proses kerja dari aplikasi – aplikasi yang lain.

Baca juga  Fakta Menarik Tentang Chipset Snapdragon 8 Gen 1 Terbaru

Hal ini akan memperburuk dan menambah masalah pada kamu, karena dengan proses penutupan secara paksa, beberapa aplikasi yang berjalan di background justru harus memulai kembali prosesnya.

Padahal, untuk membuka kembali sebuah aplikasi, dibutuhkankan ruang yang ada di RAM dan juga memakan baterai.

Karena itu, aplikasi pihak ketiga yang dapat menghemat RAM sebenarnya tidak diperlukan dan lebih baik dihapus dari kamu.

4. Aplikasi Anti Virus

Inilah 5 Aplikasi Wajib Yang Harus Kamu Hapus Ketika Smartphone Terasa Lemot

Pada umumnya, masing – masing smartphone dan sudah dipasang sistem keamanan milik mereka sendiri.

Misalnya untuk perlindungan dari kehilangan, kamu tinggal menggunakan Device Manager tanpa perlu aplikasi pihak ketiga.

Selain itu, jika ada beberapa aplikasi yang mengandung malware, Google akan secara otomatis mengeceknya melalui Play Store.

Oleh karena itu, aplikasi antivirus sebenarnya hanya berguna jika kamu sering mengunduh aplikasi yang sumbernya bukan dari toko resmi atau Play Store yang berbentuk file APK.

Baca juga  5 Smartphone Dengan Harga Murah di Bawah Rp 3 Juta Untuk Dibeli di Akhir Tahun 2019

5. Aplikasi Pembersih

Inilah 5 Aplikasi Wajib Yang Harus Kamu Hapus Ketika Smartphone Terasa Lemot

Aplikasi pembersih smartphone seperti Clean Master dan beberapa aplikasi lainnya banyak dipakai oleh pengguna guna untuk meningkatkan kinerja smartphone mereka.

Memang benar jika setelah kamu menghapus sebuah aplikasi terkadang masih menyisahkan data dalam cache pada smartphone kamu. Tetapi tidak perlu mengunduh aplikasi pembersih smartphone.

Ada cara membereskan data yang tertinggal itu dengan cukup mudah yaitu kamu hanya perlu membuka menu Setting kemudian pilih menu Storage dan pilih Clear cache pada kamu untuk membersihkan data yang tersisa saat menghapus sebuah aplikasi atau data – data yang tidak penting.

Itulah beberapa aplikasi yang wajib kamu hapus pada smartphone jika sudah terasa sangat lemot.

Mungkin beberapa aplikasi diatas belum tentu penyebab utama bahwa smartphone kamu menjadi lemot, tetapi tidak ada salahnya jika kamu mencobanya. Semoga bermanfaat ya !

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng