Inilah Fakta Menarik Adanya Angka “0” (NOL)


Inilah Fakta Menarik Adanya Angka "0" (NOL) 1

Sesekali kita akan menganggap angka ini sama sekali tak berharga. Terlebih lagi yang masih duduk di bangku sekolah, apa jadinya kala mendapatkan nilai ini. Malu, sedih, dan pasti dimarahi orang tua. Namun, lain lagi soal uang misalkan, banyaknya angka “0” dibelakang angka 1 sampai 9 tentu membuat kita semakin berbahagia. Semakin banyak angka nol maka semakin banyak uang yang kita miliki.

Namun, tahukah anda bahwasanya angka nol tersebut dulu tak pernah ada? Apa jadinya jika sampai hari ini masih begitu? Dunia takkan menarik mungkin. Atau ada kemungkinan-kemungkinan lain mungkin saja. Yang pasti, angka Nol saat ini sangat berharga, soal uang tentu yang utama. Meski ketika kita memiliki banyak angka nol tanpa angka lain di depannya pun akan menangis.

Nah, berikut ini ada berbagai fakta mengenai angka nol yang terjadi di dunia ini. Apa saja itu? Simak ulasan berikut:

1. Pada awalnya angka “0” (Nol) hanya sebagai placeholder

Inilah Fakta Menarik Adanya Angka "0" (NOL) 3

Angka nol pada awalnya tidak dikenal sebagai angka yang unik dan memiliki nilai seperti yang ada pada saat ini. Angka nol hanya merupakan sebuah simbol saja. Praktik tersebut muncul pada 350 masehi di Amerika. Waktu itu bangsa Maya juga mengenal simbol angka nol seperti yang kita lihat saat ini. Namun mereka memanfaatkan angka tersebut hanya sebagai placeholder, tidak seperti selayaknya angka nol yang kita kenal sekarang. 

2. Angka Nol ditemukan di India pada abad ke-7.

Inilah Fakta Menarik Adanya Angka "0" (NOL) 4

Meski dibeberapa tempat di dunia juga mengklaim bangsanya mengenal terlebih dulu angka nol, namun bangsa di India lah yang dipercaya memperkenalkan angka nol sebagai sebuah bagian dari angka. Pada abad ke-7 tersebut seorang matematikawan India bernama Brahmagupta memperkenalkan penggunaan angka nol yang berbeda dari praktik yang dilakukan oleh suku Maya. Matematikawan tersebut menggunakan titik sebagai placeholder dan menempatkan angka nol seperti selayaknya yang kita lihat sekarang.

3. Filosofi Budha “Kehampaan” menjadi latar belakang penemuan angka nol

Inilah Fakta Menarik Adanya Angka "0" (NOL) 5

Jika anda penggemar serial mandarin Kera Sakti, mungkin anda sangat familier dengan kata-kata tersebut. Kata-kata yang sering diucapkan oleh Tom San Chong tersebut merupakan filosofi Budhisme tentang kekosongan atau kehampaan. Filosofi tersebut kemudian menjadi salah satu dasar penemuan angka yang paling besar dalam sejarah umat manusia ini.

4. Brahmagupta, merupakan penemu angka nol

Inilah Fakta Menarik Adanya Angka "0" (NOL) 6

Brahmagupta dikenal sebagai orang yang pertama kali memperkenalkan angka nol sebagai sebuah angka. Ia merupakan seorang matematika asal India yang hidup pada masa kira-kira 598 hingga 665 masehi. Dia juga merupakan salah satu penulis buku pertama untuk matematika dan astromomi.

5. Bangsa sumeria menggunakan spasi sebelum ditemukan angka nol

Inilah Fakta Menarik Adanya Angka "0" (NOL) 7

Yang menjadi pertanyaan besar tentunya bagaimana umat manusia menggunakan angka nol pada saat belum ada penemuan angka tersebut? Nah, bangsa Sumeria yang merupakan bangsa yang pertama kali melakukan praktik perhitungan dapat dikatakan memiliki cara yang sangat unik. Mereka menggunakan spasi sebagai pengganti angka nol tersebut. Dan hal itu terjadi 5000 tahun yang lalu.

Nah itulah fakta-fakta yang terjadi pada angka yang seringnya kita benci tersebut. Ternyata meski angka nol tersebut bisa dikatakan gambaran dari sebuah ketiadaan, namun apa jadinya jika angka tersebut tak pernah ditemukan. Bagaimana ya?


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Elang

   

Semenjak lama suka menulis, kemudian mencoba untuk menuangkannya melalui media sosial atau blog. Sekarang sedang merawat blog di http://tanimillenial.com

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap