Inilah Fakta Menarik Bus di Jepang

Inilah Fakta Menarik Bus di Jepang 1

Bus merupakan moda transportasi yang paling banyak digunakan di seluruh di dunia.

Di negara lain seperti di Jepang, bus merupakan alat transportasi penting di Jepang selain kereta api dan juga kendaraan lain.

Bus tidak hanya digunakan di Indonesia saja, namun di negara matahari terbit Jepang ini merupakan alat transportasi yang cukup vital yang digunakan oleh masyarakat Jepang atau orang yang tinggal Jepang dalam kesehariannya.

Meskipun kita ketahui, Jepang terkenal sebagai penghasil kendaraan, seperti mobil atau motor terbesar di dunia seperti halnya produk Honda Toyota Mitsubishi dan lain-lain.

Inilah Fakta Menarik Bus di Jepang 3

Namun bus layaknya super prioritas selain kendaraan pribadi, dimana masyarakat Jepang mayoritas banyak yang berjalan kaki, maupun bersepeda, selain itu juga memanfaatkan moda transportasi bus sebagai yang utama.

Jepang dikenal sebagai negara yang memiliki disiplin tinggi seperti ketepatan waktu, segi pelayanan, maupun dari segi teknologi, dan yang tak kalah menarik untuk membahas bus di Jepang ini.

Sedangkan bus di Jepang sendiri ada dua jenis yaitu bus antar dalam kota atau yang melayani rute dalam kota dan juga bus antar kota yang melayani rute antar prefektur di Jepang.

Jika dijepang ada namanya prefektur atau istilahnya provinsi jika di Indonesia. Rute antar kota bisa melayani rute antar prefektur di Jepang.

Dan berikut beberapa fakta menarik bus Jepang yang layak untuk kanu ketahui.

Inilah Fakta Menarik Bus di Jepang 4

Fakta yang pertama mengenai bus di Jepang ini bahwa penumpang hanya bisa naik dan turun di halte bus, tidak bisa naik turun selain di halte bus seperti yang kita ketahui di Indonesia.

Jika di Indonesia kita melihat bus selalu menurunkan maupun menaikkan penumpang selain di halte bus misalnya di sembarang tempat sepanjang jalan, jika di Jepang penumpang harus naik maupun turun hanya di halte bus saja.

Inilah Fakta Menarik Bus di Jepang 5

Bahwa keberadaan halte di Jepang ini tidak seperti di Indonesia dimana setiap halte itu memiliki atap, namun di Jepang ini tidak semua halte memiliki atap atau hanya berupa tiang saja sebagai penanda adanya halte ketika bus akan berhenti. 

Fakta lain di mana bus di Jepang ini selalu on time atau tepat waktu. Dan setiap berangkat juga on time, dan tidak akan menunggu penumpang yang telat. 

Inilah Fakta Menarik Bus di Jepang 6

Jadi buat kalian penumpang yang telat dihalte bus, maka sopir bus tidak akan menunggu penumpang datang.

Sementara fakta menarik lainnya, di mana setiap penumpang yang antri di halte bus itu berjajar rapi dan berbaris dan tidak boleh berkerumun.

Inilah Fakta Menarik Bus di Jepang 7

Ini yang akan terlihat menarik dan terlihat rapi, dimana mereka akan masuk ke dalam bus tidak berdesakan dan juga saling dorong, atau berebut masuk kedalam bus. Mereka akan bersabar masuk ke dalam bus secara hati hati satu persatu-satu.

Fakta lainnya di mana di Jepang ini tidak memiliki kondektor, sama halnya dengan di Indonesia yang setiap bus memiliki konektor untuk membukakan pintu atau mengatur penumpang yang ada di dalam bus.

Bahwa bus di Jepang ini hanya ada seorang sopir saja, dan ketika pembayaran hanya disiapkan mesin pembayaran untuk membayar biaya transportasi bus ini.

Dan ketika penumpang akan masuk maupun keluar dari bus, telah disediakan pintu otomatis, sedangkan untuk bus dalam kota antara pintu masuk dan keluar telah dibedakan, baik dibelakang maupun di bagian depan.

Dan juga di dalam bus juga tersedia tombol, ketika penumpang akan turun ke halte.  Jadi memang tidak perlu repot menunggu kondektur untuk membukakan pintu bus ketika akan turun dari bus.

Fakta menarik lainnya yaitu penumpang tidak boleh menerima atau melakukan panggilan telepon Selama ada di dalam bus.

Nah itu tadi beberapa fakta menarik mengenai bus di Jepang, bisa jadi pertimbangan kalian jika ingin pergi kesana.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

BLUTS