Inilah Penyebab dan Tanda Bahwa Anak – Anak Mengalami Stunting

Inilah Penyebab dan Tanda Bahwa Anak - Anak Mengalami Stunting

Pada usia balita merupakan proses penting dimana pertumbuhan diri pada manusia dimulai.

Dengan mencakup semua gizi yang diperlukan pada masa usia balita akan sangat berpengaruh dalam kualitas hidup sang anak di masa yang akan datang.

Karena itu dalam merawat sang anak, para orang tua juga harus tahu bahwa tidak hanya dalam faktor berat badan saja yang perlu diperhatikan, melainkan juga dalam tinggi badan sang buah hati sebagai tanda bahwa sang anak sudah mencakup semua kalori yang dibutuhkan.

Dan salah satu masalah dalam tumbuh kembang anak yang sering terjadi adalah . sendiri merupakan kondisi dimana sang anak lebih pendek daripada anak – anak lain seusianya karena kekurangan asupan gizi yang dibutuhkan.

Baca juga  5 Makanan Berbahaya Yang Tidak Boleh di Konsumsi Secara Rutin

Hal ini bisa terjadi juga karena tidak tercukupinya asupan gizi saat pemberian asi dan kandungan gizi yang ada di dalamnya yang menjadi bisa terjadi pada sang anak.

Lalu apa tanda dari tersebut ? Yuk simak di bawah ini tanda – tanda yang terjadi pada anak.

1. Tinggi Badan di Bawah Standar

Inilah Penyebab dan Tanda Bahwa Anak - Anak Mengalami Stunting

Tanda awal yang paling terlihat saat anak mengalami adalah karena tinggi badan sang anak tidak bertambah secepat dengan anak – anak seusianya.

Para orang tua juga harus selalu rutin mengukur tinggi sang anak dan membandingkannya dengan anak seusianya agar mengetahui bahwa sang buah hati terkena atau tidaknya.

Baca juga  10 Jenis Teh Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh, Mana Yang Kamu Suka ?

Dan jika sang anak memiliki tinggi badan di bawah rata – rata, maka para orang tua harus waspada karena ini mungkin merupakan salah satu tanda dari itu sendiri.

Jika itu terjadi segera bawalah sang anak ke dokter spesialis untuk mengetahuinya lebih detail.

2. Lebih Mudah Merasa Lelah

Inilah Penyebab dan Tanda Bahwa Anak - Anak Mengalami Stunting

Selain dari faktor tinggi badan, anak yang mengalami juga akan menjadi mudah merasa lelah walaupun dia tidak melakukan aktivitas yang begitu berat.

Hal ini bisa terjadi karena sang buah hati kekurangan zat besi yang tentunya memiliki peranan penting untuk mencegah anemia serta untuk memperlancar perkembangan otak sang anak.

Baca juga  5 Jenis Imunisasi Dasar Yang Wajib Untuk Bayi, Jangan Sampai Dilewatkan ya

3. Sulit Untuk Berkonsentrasi Penuh dan Perkembangan Sang Anak Yang Lambat

Inilah Penyebab dan Tanda Bahwa Anak - Anak Mengalami Stunting

Anak – anak yang mengalami cenderung juga akan mengalami keterlambatan dalam pertumbuhan kognitifnya. Sang anak akan sulit untuk berkonsentrasi serta kurangnya memori ingatan saat dia sedang belajar.

akan berdampak buruk bagi perkembangan serta kecerdasan mental sang anak yang akan merugikan dia dalam proses pertumbuhan.

Itulah penyebab dan beberapa tanda anak – anak yang mengalami stunting. Sebenarnya hal ini masih bisa dicegah dengan selalu memperhatikan asupan nutrisi serta pemenuhan gizi yang masuk ke dalam tubuh sang anak agar selalu terpenuhi. Semoga bermanfaat ya !

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng