Inilah Penyebab Kenapa Saat Makan Buah Nanas, Lidah Terasa Gatal


Inilah Penyebab Kenapa Saat Makan Buah Nanas, Lidah Terasa Gatal 1

Di musim panas seperti saat ini memang sangat enak kalau mengkonsumsi yang membuat tenggorokan menjadi segar. Buah nanas paling cocok di makan pada cuaca panas karena memiliki kandungan air yang sangat banyak dan dipadukan dengan rasa asam dan manis dari buah tersebut.

Tetapi terkadang, saat memakan buah yang satu ini bisa meninggalkan rasa sensasi gatal pada lidah setelah memakannya. Rasa gatal ini biasanya menyerang pada bagian utama lidah, bibir sampai ke tenggorokan. Kenapa bisa seperti itu ?

Inilah Penyebab Kenapa Saat Makan Buah Nanas, Lidah Terasa Gatal 3

Dilansir dari Healthline, buah nanas mengandung enzim alami yang disebut bromelain. Kandungan enzim tersebutlah yang menyebabkan dan membuat rasa sensasi gatal setelah memakan buah nanas. Kandungan enzim bromelain ini bekerja memecahkan protein di dalam tubuh terutama protein kolagen yang terdapat pada lidah, bibir dan pipi bagian dalam sehingga memicu datangnya rasa gatal tersebut. Terkadang, selain rasa gatal, bromelain juga bisa bengkak pada area yang tersentuh oleh buah nanas tersebut.

Namun, sensasi rasa gatal yang menyerang beberapa jaringan di dalam mulut tidak akan berlangsung lama. Hal itu karena saat kamu mengunyah dan menelan buah nanas, air liur dan asam lambungmu akan bekerja menetralisirkan kandungan enzim bromelain dari buah nanas itu dan memproduksi kembali protein yang telah dipecahkan sebelumnya oleh bromelain tersebut.

Buah nanas yang menghasilkan rasa gatal itu ternyata memiliki beberapa manfaat yang baik juga untuk kesehatan dari kandungan enzim bromelain. Karena kandungan enzim bromelain memiliki sifat antiperadangan yang dapat memperbaiki sel – sel yang rusak akibat infeksi bakteri dan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan enzim bromelain dapat mengurangi risiko terkenan kanker usus besar dan gejala – gejala seperti sembelit dan rasa mual setelah makan.

Jika kamu ingin terhindar dari rasa gatal saat mengkonsumsi buah nanas adalah kamu bisa menabur garam pada seluruh permukaan buah nanas yang telah kamu potong dan bersihkan lalu diamkan beberapa menit. Setelah itu, bilas lagi dengan air hingga bersih.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap