Inilah Susunan Pemain Terbaik Manchester United Pasca Kedatangan Cristiano Ronaldo

Inilah Susunan Pemain Terbaik Manchester United Pasca Kedatangan Cristiano Ronaldo 1

Pendukung Manchester United menuntut pada manajemen klub untuk mendatangkan galandang bertahan baru pada akhir penutupan jendela transfer musim panas 2021 ini. 

Sekarang nampaknya mereka tidak terlalu mempermasalahkan hal itu lagi. Itu semua karena kabar mengejutkan bahwa sang legenda Cristiano Ronaldo dikonfirmasi akan kembali ke Manchester United.

Rangkuman Transfer Manchester United

Manchester United mengkonfirmasi kembalinya Cristiano Ronaldo
Manchester United mengkonfirmasi kembalinya Cristiano Ronaldo

Manchester United berhasil mendatangkan beberapa pemain baru pada bursa transfer musim panas 2021.

Pemain pertama yang datang adalah Tom Heaton yang berposisi sebagai penjaga gawang, didatangkan secara gratis setelah kontraknya dengan Aston Villa berakhir. Tom Heaton sebelumnya pernah berseragam United baik untuk tim akademi maupun tim senior. Dia gagal bersaing dengan penjaga gawang yang lain, beberapa kali dipinjamkan ke klub lain sebelum akhirnya dilepas ke Cardiff pada tahun 2010.

Pemain kedua yang datang ke Manchester United adalah Jadon Sancho. Pemain berpaspor inggris itu datang setelah Dortmund menyetujui tawaran Manchester United sebesar 85 juta euro. Berita transfer ini sebenarnya tidak begitu mengejutkan, pasalnya sang pemain sudah dirumorkan akan berlabuh ke Old Trafford sejak musim lalu.

Beberapa waktu setelah perekrutan Jadon Sancho, Manchester United mendatangkan Raphael Varane dari Real Madrid. Tak banyak rumor tentang kepindahan Varane ke Manchester United, namun kesepakatan sebesar 50 juta euro untuk pemain dengan segudang prestasi ini cukup menyenangkan pendukung. 

Transfer terakhir yang cukup mengejutkan adalah kembalinya Cristiano Ronaldo. Menjelang berakhirnya bursa transfer, sang pemain menghubungi agennya bahwa ia ingin hengkang dari Juventus. Sempat dirumorkan akan berlabuh ke Manchester City namun akhirnya kembali juga ke Old Trafford dengan mahar 15 juta euro ditambah bonus 8 juta euro.

Beberapa pemain juga telah kembali dari masa peminjamannya yaitu Jesse Lingard dan Diogo Dalot yang siap bersaing untuk menembus tim utama.

Terlepas dari datangnya beberapa pemain baru, Manchester United juga harus melepas beberapa pemain mereka.

Setelah kedatangan Ronaldo, Manchester United setuju untuk melepas Daniel James ke Leeds United seharga 25 juta euro. Selain itu juga ada beberapa pemain lain yang dipinjamkan ke klub lain seperti Brandon Williams, Tahith Chong dan James Garnder.

Rangkuman transfer Manchester United baik pemain yang datang maupun yang pergi dapat dilihat dalam daftar berikut ini.

Transfer Masuk :

  1. Tom Heaton (Gratis).
  2. Jadon Sancho dari Dortmund (85 juta euro).
  3. Raphael Varane dari Real Madrid (50 juta euro).
  4. Cristiano Ronaldo dari Juventus (15 juta euro plus bonus 8 juta euro).
  5. Jesse Lingard kembali dari masa pinjaman di West Ham.
  6. Diogo Dalot kembali dari masa pinjaman di AC Milan.

Trasfer Keluar :

  1. Sergio Romero yang kontraknya habis.
  2. Andreas Pereira dipinjamkan ke Flamengo.
  3. Tahith Chong dipinjamkan ke Birmingham City.
  4. Brandon William dipinjamkan ke Norwich.
  5. Axel Tuanzebe dipinjamkan ke Aston Villa.

Susunan pemain terbaik Manchester United

Kedalaman skuad Manchester United musim 2021/2022 (via ESPN FC)
Kedalaman skuad Manchester United musim 2021/2022 (via ESPN FC)

Susunan pemain terbaik United adalah : David De Gea, Aaron Wan-Bissaka, Raphael Varane, Harry Maguire, Luke Shaw, Paul Pogba, Scott McTominay, Marcus Rashford, Bruno Fernandes, Jadon Sancho, Cristiano Ronaldo.

Kedalaman skuad Manchester United semakin mewah setelah kedatangan beberapa pemain baru.

Posisi penjaga gawang musim ini nampaknya masih milik David De Gea. Walaupun beberapa kali bermain kurang baik, namun beberapa kali juga ia menjadi penyelamat saat bek mereka dalam performa yang buruk. 

Datangnya Raphael Varane mengakibatkan tergesernya Victor Lindelof sebagai pemain utama. Duet Harry Maguire dan Raphael Varane dapat menambah solid lini pertahanan mereka. Keduanya saling melengkapi, Maguire dengan kemampuan dribbling dan penetrasi serta Varane dengan kemampuan passingnya.

Bek sayap juga tak banyak berubah, nama Luke Shaw dan Aaron Wan-Bissaka masih akan jadi pilihan utama. Luke Shaw cukup bersinar dalam gelaran EURO 2020 yang lalu. Aaron Wan-Bissaka walaupun dalam urusan menyerang agak kurang, akan tetapi dia memiliki atribut bertahan yang cukup baik.

Untuk posisi holding midfielder nama yang cukup kuat yaitu Paul Pogba dan Scott McTominay. Paul Pogba memiliki kemampuan kontrol bola serta passing yang baik. Sedangkan Scott McTominay dengan atributnya yang agresif dalam bertahan akan berguna untuk mengimbangi Paul Pogba.

Nama Bruno Fernandes masih menjadi yang terbaik untuk mengisi pos gelandang serang. Dia berperan penting dalam setiap laga Manchester United musim lalu, bisa memberikan assist maupun mencetak gol.

Kedua sayap sebenarnya cukup banyak pilihan, namun pilihan kuat jatuh pada Rashford untuk sayap kiri dan Sancho untuk sayap kanan. Rashford dengan kecepatannya menjadi opsi yang cukup baik saat serangan balik. Serta sancho dengan kemampuan dribbling yang berguna untuk membongkar pertahanan lawan. Di bangku cadangan sendiri ada Martial dan Greenwood yang sewaktu-waktu dapat masuk kalau salah satu antara Rashford atau Greenwood bermain buruk.

Ujung tombak akan menjadi pos milik Cristiano Ronaldo. Ole menginginkan dia untuk lebih banyak di dalam kotak penalti lawan dan mencetak gol. Dengan usianya yang tak lagi muda, kecil kemungkinan untuk dia bermain sebagai sayap seperti dulu.

Nama-nama lain yang tidak masuk dalam daftar susunan pemain terbaik mungkin akan diberikan kesempatan bermain saat melawan klub kecil, utamanya saat berlaga di kompetisi minor seperti FA Cup dan Carabao Cup. 

Manchester United kandidat juara Liga Inggris?

Skuad Manchester United saat terakhir kali menjuarai Liga Inggris tahun 2013 
Skuad Manchester United saat terakhir kali menjuarai Liga Inggris tahun 2013 

Musim lalu (2020/2021) Manchester United berhasil finis di posisi dua klasemen akhir. Dari awal musim hingga pertengahan, mereka mampu bersaing dalam memperebutkan posisi puncak. Walaupun pada akhirnya mereka harus mengakui keunggulan sang rival sekota dengan selisih poin yang cukup jauh.

Penyakitnya adalah karena mereka sering kalah melawan tim kecil. Pertandingan yang seharusnya menghasil kan tiga poin tetapi hanya berakhir seri atau pun kalah. Mereka mampu menumbangkan Manchester City di Etihad Stadium dengan skor 0-2, namun mereka juga harus kalah 1-2 dengan Sheffield United yang musim lalu degradasi di kandang mereka sendiri.

Dengan strategi Ole Gunnar Solksjaer yang menerapkan pola transisi cepat mereka akan mampu melawan tim-tim yang berani bermain terbuka. Namun problem datang ketika melawan tim yang bermain bertahan, mereka sulit untuk mencari celah peluang apalagi jika Bruno Fernandes dimarking ketat.

Datangnya beberapa pemain-pemain baru diharapkan mampu menjadi pembeda kala Manchester United dalam posisi suit. Jadon Sancho yang cukup berkembang pesat bersama Dortmund, serta Ronaldo dan Varane dengan segudang pengalaman dan mentalitas juara.

Setelah mendatangkan pemain-pemain baru yang dapat bermain reguler tersebut, pendukung Manchester United menaruh harapan pada Ole Gunnar Solksjaer agar bisa meraih trofi Liga Inggris yang terakhir mereka raih delapan tahun yang lalu.

Kedatangan pemain-pemain tersebut tak lantas menjadikan Manchester United yang terkuat dan otomatis juara. Tim-tim rival juga tak hanya diam, mereka juga berbenah dalam mengarungi musim 2021/2022.

Manchester City dengan skuad mewahnya berhasil mendatangkan Jack Grealish. Chelsea yang musim lalu juara Liga Champions Eropa juga mendatangkan Lukaku dan Saul. Serta pemain-pemain kunci Liverpool yang pulih dari cedera panjang. Jangan lupakan juga tim-tim papan tengah seperti Leicester City, Tottenham Hotspurs dan West Ham United yang siap memanaskan perburuan gelar juara.

Manchester United, Manchester City, Liverpool dan Chelsea merupakan empat tim yang diprediksi akan mengisi papan atas klasemen Liga Inggris musim ini.

Apakah Manchester United akan juara atau tidak tergantung dari konsistensi mereka sepanjang musim. Kunci menjadi juara bukan hanya menang melawan tim-tim papan atas tetapi juga tidak kehilangan poin melawan tim-tim papan bawah.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Micael Tri Anggoro Adi