Inilah Tips Mengajarkan Anak Untuk Disiplin Saat #DiRumahAja

Inilah Tips Mengajarkan Anak Untuk Disiplin Saat #DiRumahAja

Dengan kondisi yang masih belum terselesaikan, membuat semua orang harus mengerjakan semua kegiatan mereka di dalam rumah termasuk anak – anak.

Para orang tua juga harus memanfaatkan kondisi seperti ini dengan mengajarkan beberapa hal positif untuk anak. Salah satunya adalah mengajarkan mereka bagaimana untuk disipiln saat dirumah.

Berikut ini beberapa tipsnya yang bisa para orang tua ikuti dan terapkan untuk anak. Yuk simak di bawah ini.

Membuat Jadwal Waktu Untuk

Inilah Tips Mengajarkan Anak Untuk Disiplin Saat #DiRumahAja

Mungkin saat dirumah banyak waktu luang yang anak miliki yang bisa para orang tua manfaatkan untuk membuat dia .

Salah satunya adalah dengan mengajaknya membuat jadwal waktu untuk selama dirumah.

Baca juga  "Bad Influencer" di Saat Pandemi COVID-19

Para orang tua bisa menyuruhnya untuk membuat sebuah peringatan dengan menulis disebuah kertas atau mengatur alarm di waktu – waktu tertentu untuk dia .

Dengan begitu, dia akan memiliki kebiasaan serta alam sadar dalam dirinya yang membuat dia harus melakukan kegiatan rutinnya itu.

Durasi Waktu Untuk Anak

Inilah Tips Mengajarkan Anak Untuk Disiplin Saat #DiRumahAja

Setelah membuat jadwal untuk waktu , saatnya orang tua ini mengatur durasi saat dia .

Hal ini sangat penting dan harus dilakukan sesuai dengan usia anak – anak saat ini. Misalnya seperti anak yang berusia 4 sampai 5 tahun yang memiliki daya kosentrasi hanya sebatas 15 – 20 menit saja.

Baca juga  Cara Belajar Yang Efektif Dan Menyenangkan, Dijamin Nilai Kamu Akan Naik!

Kemudian untuk usia 7 sampai 8 tahun yang memiliki batas waktu kosentrasi sekitar 25 sampai 30 menit.

Karena itu, disela – sela waktu belajarnya, orang tua juga harus mengatur waktu agar sang anak bisa istirahat dengan memberikan mereka camilan atau melakukan aktivitas lainnya agar sang anak tidak mudah cepat jenuh dan bosan.

Ada Waktunya Untuk Bermain Bebas Dengannya

Inilah Tips Mengajarkan Anak Untuk Disiplin Saat #DiRumahAja

Selain mengajak sang buah hati untuk , para orang tua juga harus selalu ingat ya, bahwa anak juga membutuhkan waktu untuk refreshing atau bermain dengan bebas. Para orang tua bisa memberikan dia jadwal bermain kurang lebih 15 sampai 30 menit dalam sehari.

Baca juga  Stres Di Rumah Terus ? Lakuin Ini Segera

Dengan begitu, sang anak juga tidak beranggapan bahwa orang tuanya hanya mau berkomunikasi dengannya saat dia harus dituntut untuk saja.

Dengan melakukan ini, hubungan antara orang tua dan anak juga akan semakin erat dan anak bisa berkembang dengan porsi yang setara dengan usia serta lingkungnanya.

Itulah beberapa yang bisa para orang tua untuk terapkan pada anak di rumah. Jadi selama berada di dalam rumah, anak juga bisa diajarkan bagaimana cara untuk selalu tetap dan dengan hal – hal yang baru. Semoga bermanfaat ya !

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rendy Ng