Inilah Tujuh Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesehatan


Inilah Tujuh Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesehatan 1

Masih ingat ketika waktu kecil ibu selalu menyuruh bangun pagi? Ya. Bangun pagi merupakan kebiasaan yang sangat baik untuk kesehatan. Bagi yang terbiasa bangun siang, awalnya bangun pagi merupakan kegiatan yang sangat menyebalkan.

Tahukah kamu, tokoh dunia seperti Barack Obama, Oprah, Tim Cook (pendiri Apple) ternyata mempunyai kebiasaan bangun pagi?  Bangun tidur yang dikategorikan sebagai bangun pagi itu jam berapa sih? Bangun pagi adalah bangun sebelum matahari terbit. Berikut tujuh manfaat bangun pagi bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Salah satu vitamin yang dapat meningkatkan kekebaan tubuh adalah vitamin D. Selain diperoleh dari makanan, vitamin D juga dapat diproduksi secara alami oleh tubuh ketika terkena sinar matahari. Berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 15-20 menit dapat mengoptimalkan pembentukan vitamin D. Selain itu udara pagi yang masih segar dapat membersihkan rongga paru-paru sehingga tubuh lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

2. Menjauhkan Dari Stres

Pagi merupakan waktu yang paling baik untuk mengerjakan banyak kegiatan. Selain karena tubuh baru saja mendapat istirahat, bangun pagi juga membuat pikiran menjadi rileks. Dengan bangun pagi kita mempunyai waktu yang cukup untuk menyiapkan berbagai keperluan sepanjang hari. Kita dapat sarapan tanpa buru-buru dan berangkat ke kantor dengan santai karena belum bertemu dengan macet.

3. Kulit Lebih Cerah

Sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan kulit. Dengan mendapat sinar matahari yang cukup, tubuh akan terhindar dari penyakit kuning dan mendapat nutrisi. Selain itu, waktu yang cukup di pagi hari dapat digunakan untuk melakukan perawatan kulit secara maksimal sehingga kulit lebih halus, lembut dan cerah.

4. Emosi Lebih Stabil

Udara pagi masih bersih dari polusi. Oksigen yang terkandung dalam udara pagi dapat diserap secara maksimal oleh tubuh. Dengan tercukupinya oksigen, tubuh terasa lebih nyaman dan berpengaruh positif terhadap emosi yang lebih stabil. Dengan bangun pagi kita juga mempunyai waktu yang cukup untuk menjalankan berbagai aktifitas sehingga dapat mengontrol emosi.

5. Menyehatkan Jantung

Udara pagi yang segar akan memberikan oksigen yang cukup bagi darah. Dengan lancarnya peredaran darah maka akan berdampak baik bagi kerja organ tubuh. Ritme kerja tubuh dimulai pada pagi hari. Jika pagi hari kita sudah bangun maka organ tubuh, termasuk jantung sudah siap untuk bekerja secara optimal.

6. Menguatkan Tulang

Kalium merupakan unsur yang penting bagi kesehatan tulang. Selain dari bahan makanan, kalium juga dapat diperoleh dari sinar matahari. Tulang yang kekurangan kalium akan mengalami pengeroposan atau osteoporosis. Dengan bangun pagi dan berjemur di bawah sinar matahari maka kebutuhan kalium bagi tubuh akan terpenuhi.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Fungsi otak dipengaruhi oleh  oksigen dalam darah dan otak. Jika otak kekurangan oksigen maka daya kerjanya akan melambat. Bahkan sel-sel otak akan mati jika tidak mendapatkan oksigen selama lima menit. Udara pagi yang bersih banyak mengandung oksigen sehingga sangat baik untuk fungsi otak.

Bangun pagi ternyata sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan. Selain itu, kebiasaan bangun pagi membuat kita siap untuk beraktifitas sepanjang hari. Setelah mengetahui manfaat bangun pagi bagi kesehatan, masih mau bangun siang?


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Isnaini

   

Mantan bankir, ibu rumah tangga yang mempunyai hobi menulis dan merajut. Menulis merupakan cara untuk menambah teman, ilmu dan wawasan.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap