Inktober, Pernahkah Anda Mendengar Istilah ini ?

Inktober, Pernahkah Anda Mendengar Istilah ini ? 1

Banyak Sekali postingan di media sosial, baik itu twitter,instagram, maupun facebook yang berlabel Inktober. Sebenarnya apa sih Inktober itu ?

Bagi orang awam mungkin inktober masih jarang didengar, apalagi diketahui. Akan Tetapi bagi kalangan ilustrator maupun seniman gambar, kata ini sudah sangat populer. Inktober menjadi event wajib setiap ilustrator setiap tahunnya tepatnya pada bulan oktober. 

Inktober ,event wajib bagi ilustrator setiap tahun
Inktober ,event wajib bagi ilustrator setiap tahun

Setiap bulan oktober selalu muncul daftar tema apa yang harus digambar para ilustrator setiap harinya. Tema yang muncul sangat beragam setiap tahunnya. Tidak ada aturan yang terlalu memikat di event ini. Akan tetapi berbeda cerita ketika inktober disponsori sebuah produk. Maka akan ada penyesuaian dalam aturannya.

Sebelum menceritakan Inktober lebih lanjut, akan lebih baik kita mengetahui asal usulnya. Penggagas pertama Inktober adalah seorang ilustrator asal Amerika Serikat bernama Jake Parker. Nama Jake Parker sendiri sudah sangat dikenal di dunia seni menggambar. Jake Parker sendiri sudah memiliki portofolio mentereng di dunia seni gambar. Tergabung di tim dalam pembuatan Film-film animasi terkenal, membuat Jake Parker sudah sangat diakui. Lantas Jake Parker menggagas event ini pada 2009. Ide ini didasari guna menggalakkan motivasi para seniman untuk terus berkarya. Inktober sendiri sangat mewadahi para ilustrator untuk menunjukkan talenta yang mereka miliki.

Jake Parker dan beberapa karyanya
Jake Parker dan beberapa karyanya

Ada beberapa aturan dasar dalam event Inktober ini. Aturannya pun sangat sederhana, semua karya gambar harus dibuat dengan tinta. Berikutnya harus diupload di media sosial, disertai dengan hashtag Inktober. Dengan tujuan mengajak ilustrator lain untuk ikut serta. Dan yang terakhir, harus mengupload gambar selama 31 hari sepanjang bulan Oktober. Ada banyak tema yang disepakati dan diupload di media sosial. Akan tetapi bisa juga menggambar apapun asalkan masih sesuai aturan dasar inktober itu sendiri.

Di indonesia sendiri, event inktober sudah sangat dikenal para ilustrator lokal. Talenta-talenta baru sangat terwadahi berkat event ini. Brand lokal juga cukup mendukung event ini. Memberikan hadiah menarik yang menunjang para pekerja seni, bisa berupa alat gambar maupun bahan dasar dalam berkarya, semacam tinta , kanvas,dsb. Hal ini jelas menjadi pendorong para ilustrator untuk unjuk gigi dan bersaing dengan para ilustrator lain. Dengan persaingan sehat seperti ini, bisa mendorong para ilustrator untuk meningkatkan kualitas dasar menggambar serta meningkatkan ide-ide segar. Tentu dengan harapan akan menjadi awal yang bagus untuk menciptakan karya yang terbaik.

Dalam perkembangannya Inktober tidak terbatas hanya dalam seni menggambar konvensional. Tidak terbatas dari seni yang menggunakan  tinta saja. Bahkan merambah di dunia seni gambar digital juga. Muncullah istilah Vectober. Didasari dari kata Vector, yang merupakan tonggak seni digital sendiri. Dan masih banyak lagi gerakan lain serupa. Yang tentunya juga bisa mewadahi para seniman gambar. Banyak hal positif yang diserap berkat Inktober bagi dunia seni gambar.

Apapun itu yang jelas event Inktober memberikan banyak hal positif. Mewadahi dan menjadi penggerak para ilustrator untuk menunjukkan diri serta tetap berkarya. Semoga saja banyak gerakan yang juga bisa menarik para pekerja seni untuk terus berkarya dan berkembang.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.