Instrumen Investasi Apa Yang Cocok Buat Kamu ?


Instrumen Investasi Apa Yang Cocok Buat Kamu ? 1

Akhir ini pasar uang lagi rame-rame nya nih, Kamu pasti jadi tertarik juga kan memasuki dunia pasar uang ? Baca dulu artikel ini, supaya kamu tau kira-kira Instrumen Investasi mana sih yang cocok buat kamu, sehingga nanti kamu ga sampe senam jantung !

Ada banyak jenis instrumen investasi tapi kita bahas yang paling populer aja dulu ya di kalangan anak muda, yaitu Saham, Reksadana, Deposito dan Emas.

Saham

Instrumen Investasi Apa Yang Cocok Buat Kamu ? 3

Instrumen investasi ini sekarang lagi panas-panas nya nih, tapi investasi saham itu gimana sih maksud nya ? Gampang nya kita membeli sebagian kepemilikan sebuah PT (Perseroan Terbatas) atau Perusahaan, yang uang kita tersebut dijadikan modal oleh perusahaan tersebut sehingga dapat menjadi lebih besar lagi, dan juga karena saham berarti memiliki PT atau Perusahaan tersebut kamu jadi bakal dapet keuntungan berupa deviden dalam rentan waktu tertentu sesuai kebijakan masing-masing PT atau Perusahaan.

Kamu harus pintar-pintar memilih mau membeli saham perusahaan apa, pastikan kamu membeli diharga wajar, jangan mengejar harga yang sudah terlalu tinggi, karena saham ini merupakan instrumen investasi paling beresiko tinggi, jadi semoga kamu bisa bijak dalam menentukan mau membeli saham apa.

Reksadana

Instrumen Investasi Apa Yang Cocok Buat Kamu ? 4

Selanjutnya adalah reksadana, cara kerja instrumen investasi satu ini adalah dimana dana dari para investor dikumpulkan menjadi satu, lalu di salurkan ke instrumen investasi lain nya seperti saham, obligasi, surat utang dan sejenisnya. Sehingga instrumen satu ini cocok banget buat para pemula yang cenderung galau mau masuk saham tapi belum punyakemampuan milih perusahaan yang tepat dan juga hanya memiliki modal minim, karena kamu bisa mulai investasi di resakdana mulai dari 100rb aja.

Deposito

Instrumen Investasi Apa Yang Cocok Buat Kamu ? 5

Selain kita bisa minjam duit dari bank, ternyata kita juga bisa minjamin duit ke bank dengan cara deposito lohh, deposito adalah dimana kita menaruh dana kita dibank dalam rentan waktu tertentu mulai dari 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun dan seterusnya. Biasa nya semakin lama perjanjian rentan waktu yang disepakati semakin tinggi pula bunga yang dikasih oleh pihak bank. Tapi inget ya kamu ga bisa ambil dana nya sebelum masa rentan waktu yang telah kamu putuskan habis atau akan terkena denda. Jadi pastikan kamu sadar betul bahwa dana yang kamu deposito kan, memang dana yang udah jelas ga bakal dipakai dalam waktu dekat yaa..

Emas

Instrumen Investasi Apa Yang Cocok Buat Kamu ? 6

Dan instrumen investasi terakhir yang akan kita bahas adalah emas. Emas nya Emas Antam (Batangan) ya, jadi jangan salah beli emas nanti malah beli yang perhiasan. Selama pandemi kemaren emang nih harga emas sempat meroket ke 1juta/gram. Yang nyimpen dari harga 600rb’an udah cuan banyak banget tuh ! Emas ini instrumen investasi yang paling aman lohh, dijamin deh kamu tahan 5 sampai 10 tahun pasti harga emas ini naik, karena dari itu selain menjadi instrumen investasi ga jarang juga banyak orang kaya menjadikan emas sebagai dana cadangan yang tidak akan tergerus inflasi. Tapi emang karena tingkat keamanan nya yang cukup tinggi return yang diberikan jadi sedikit agak lama, kecuali dunia kacau balau seperti saat pandemi harga emas tidak akan melonjak naik begitu cepat, karena dana masyarakat tersebar di instrumen investasi yang lain secara merata.

Itu dia beberapa instrumen investasi yang cukup Populer dan Menjanjikan, pastikan kamu memilih instrumen yang cocok buat diri kamu yaa..

Goodluck !


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Carlos Daniel

   

Subscribe
Notify of
1 Comment
Oldest
Newest
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap