Intermittent Fasting Untuk Menurunkan Berat Badan

Intermittent Fasting Untuk Menurunkan Berat Badan

Halo teman-teman, sudah taukah kalian bahwa berpuasa dapat memberikan banyak benefit untuk tubuh kita? Dalam artikel ini saya akan menjelaskan apa itu , dan bagaimana caranya berdasarkan dari pengalaman saya sendiri. Mari kita pelajari bersama pada artikel ini.

bisa disebut juga dengan berpuasa. Sebenarnya bukan , lebih tepatnya membenarkan pola kebiasaan makan agar metabolisme tubuh menjadi lebih sehat dan organ-organ didalam tubuh bekerja lebih baik.

Dengan kata lain kita melakukan atau membuat tubuh kita SEHAT dahulu barulah didapatkan BONUS berupa PENURUNAN BERAT BADAN, tolong dicatat ya teman-teman, karena kebanyakan yang terjadi saat ini mindset kita itu lebih cendrung ke dahulu demi sehat, yang mana tidaklah benar. 

Manfaat antara lain: 

  • membantu menurunkan kadar gula dalam darah
  • meningkatnya tingkat pertumbuhan hormon dalam darah yang dapat membantu pembakaran dan pembentukan otot
  • perbaikan sel sel tubuh, serta membuang sel sel tidak berguna dalam tubuh
  • membantu
  • dapat mengurangi resistensi insulin dan menurunkan resiko diabetes type 2
  • dapat mengurangi stress oxidative dan peradangan didalam tubuh
  • bermanfaat untuk kesehatan jantung
Baca juga  Apakah Roti dapat Menggantikan Nasi dalam Program Diet ?

yang saya lakukan berupa program berpuasa dengan mengurangi karbohidrat terlebih gula dalam bentuk apapun, baik umbi umbian/buah buahan yang mengandung gula alami tetapi tidak terlalu extreme karena masih efektif selama kita bisa membiasakan pola makan kita saat berpuasa.

Tenang teman teman, ini tidak sesulit yang terlihat karena buktinya saya bisa turun 5 kg dengan masih memakan yang saya suka tapi ingat untuk tetap dibatasi dan turunnya pun dalam jangka waktu yang normal sekitar 4 atau 5 bulan. Dalam berpuasa ini motto kita itu “makan pada saat lapar“, jika belum lapar ya tidak makan, mudah bukan.

Baca juga  Kenali 5 Penyakit Ini Yang Terjadi Saat Bulan Puasa

Dalam ada 3 rentang waktu yang bisa kalian jalankan:

  1. 4-20 artinya jam makan kalian diberi waktu 4 jam dan sisanya berpuasa selama 20 jam
  2. 6-18 artinya jam makan kalian diberi waktu selama 6 jam dan sisanya berpuasa selama 18 jam
  3. 8-16 artinya jam makan kalian diberi waktu 8 jam dan sisanya berpuasa 16 jam

Untuk pemula disarankan berpuasa dalam rentang jarak singkat terlebih dahulu untuk menyesuaikan tubuh kalian, bisa ambil contoh rentang jarak 8-16, berarti didalam 8 jam kalian diperbolehkan makan max 3x ya, jika ingin 2x makan dalam 8 jam justru lebih bagus, dan jika kalian ingin snack time bisa dimakan langsung setelah kalian selesai makan utama, jadi benar benar kalian hanya makan 3x atau 2x saja dan sisanya kalian berpuasa, begitu terus sampai kalian merasa sanggup untuk ke rentang waktu lebih singkat, dan jika sudah berbulan bulan terbiasa, bisa kalian sekali sekali coba sehari makan sekali.

Baca juga  Cara Ampuh Melakukan Diet Obsessive Courbuzier atau OCD Supaya Berat Badan Seimbang

Perlu diingat untuk makan sewajarnya saja, kalian kurangi sedikit porsi makan kalian juga tidak apa apa, tetapi jangan pula memforsir makan terlalu banyak diluar batas kalian.

Dan ada beberapa info untuk kalian yang ingin mencoba, selama jam kalian fasting kalian masih boleh minum vitamin, minum teh tanpa gula pastinya, dan kopi seperti americano, karena tanpa gula jadi tidak akan membuat fasting kalian batal.

Dari hal diatas bisa disimpulkan bahwa mempunyai banyak manfaat agar tubuh kita menjadi lebih sehat dan juga dapat menurukan berat badan secara bersamaan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman teman yang ingin mencoba. 

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Elisa