Internet Menjadi Nafas Penting Di Saat Pandemi

Internet Menjadi Nafas Penting Di Saat Pandemi 1

Internet nampaknya sudah menjadi nafas penting kehidupan masyarakat saat ini, disaat negara sedang dilanda pandemi covid 19. Kegiatan bekerja, belajar bagi anak sekolah, dan aktivitas-aktivitas lainnya saat ini tak lagi menggunakan tatap muka atau bertemu langsung disuatu tempat. Masyakarat mau tak mau harus beralih kembali mendekam di rumah sendiri-sendiri, dengan mengandalkan tekonlogi internet untuk mengakses semua informasi serta melakukan aktivitasnya melalui daring dengan mengandalkan jaringan internet.

Daring disaat pandemi
Daring disaat pandemi

Penggunaan internet disaat pandemi ini dipastikan mengalami kenaikan drastis, sampai akhirnya masuk ke kampung-kampung. Masyarakat yang biasanya berkantor, mereka yang biasanya masuk sekolahan, sampai kegiatan berbelanja di pasar pun harus melakukan aktivitasnya di rumah. Hal ini mengakibatkan kenaikan trafic data volume operator internet.

Kapasitas jaringan internet ditambah

Semakin tingginya harapan agar masyarakat beralih ke sistem internet, membuat pemerintah akhirnya memberikan tambahan kapasitas jaringan internet atau memperluas disejumlah tempat. Dengan adanya penambahan jaringan internet diharapkan masyakarakat akan lebih mudah dalam mengakses internet, meskipun berada di wilayah yang sulita terkoneksi dengan jaringan internet, atau dengan beberapa kendala berkaitan dengan jaringan yang buruk. 

Bebapa terobosan pun dilakukan misalnya Telkom dengan memasang jaringan indihome. Saat ini Indihome masih menjadi yang terdepan dalam menopang kegiatan berbasis internet secara merata di seluruh wilayah nusantara. Dengan presentase 96 persen telah menjangkau seluruh kabupaten di seluruh nusantara, dan sampai saat ini Indihome masih menjadi yang terpercaya.

Pembatasan kegiatan akses internet

Meskipun kita bebas menggunakan jaringan internet, namun sebaiknya kita juga harus mengetahui batasan penggunaan jaringan internet, baik untuk kegiaan yang bermenfaat atau sifatnya mendidik, bukan disalahgunakan untuk hal-hal yang tak berguna. 

Mengingat internet juga memiliki kapasitas yang juga terbatas, maka sebisa mungkin pengguna internet tetap menjaga efisiensi agar penggunaan internet benar-benar efektif dan efisien. Sehingga semua masyarakat dapat mengakses internet secara merata dan adil.

Kecepatan akses ditambah

Semakin tingginya pengguna atau trafic internet itu sendiri, membuat kecepatan internet menjadi lebih lambat, karena terjadi penumpukan trafic ke server. Ditengah pandemi ini memang kebutuhan akan internet menjadi sangat vital, ketika setiap masyarakat mau tak mau harus lebih akrab dengan internet, maka itu pemerintah menaikka kecepatan yang tadinya setiap rumah 10 mbps menjadi 30 mbps atau 50 mbps, sehingga mampu menampung akses internet dan tidak terjadi lemot atau lambat akses data.

Dengan kecepatan ditambah, maka masyakarat bisa lebih leluasa dan mudah dalam mengakses internet, meski begitu harus tetao menggunakannya secara bijak, mengingat keterbesan teknologi ini yang tujuannya agar kita lebih berhati-hati dengan mengedapankan prinsip efektif dan efisiensi serta tepat guna.

Mengingat adanya wabah pandemi Covid-19 ini tentunya semua kena imbasnya, secara menyeluruh di penjuru nusantara, maka masyakarakat di seluruh Indonesia dari mulai wilayah perkotaan hingga ke wilayah pelosok pedesaan sudah mulai banyak, namun harus ada penambahan fasilitas baru agar pelaksaan kegiatan berbasis virtual melalui bantuan jaringan internet mampu terlaksana dengan optimal.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Faizal Chandra