Intip! Hikmah Yang Terkandung dalam Olahraga Catur

Intip! Hikmah Yang Terkandung dalam Olahraga Catur 1

Mengenal olahraga satu ini bisa juga disebut sebuah permainan, Catur merupakan salah satu olahraga populer di dunia yang mengedepankan kecerdasan pikiran dengan mengolah serta menyusun teknik yang baik menjatuhkan lawan dengan memperhatikan keadaan dan bagaimana menyusun strategi dengan kecerdasan otak.

Pada dasarnya olahraga catur dapat menyegarkan serta melatih pikiran kita agar terus terasah, dan memuculkam ide ide yang brilian mengenaik siklus perang dalam media catur.

Catur bisa juga disebut sebagai salah satu olahraga diantara beberapa olahraga lain yang juga melatih tingkat kesabaran pemainnya, mengatur kontrol emosi amarah, dan membantu kita bersikap dingin terhadap situasi apapun.

Intip! Hikmah Yang Terkandung dalam Olahraga Catur 3

Olahraga catur sangat cocok digeluti dari semua kalangan baik itu anak anak, dewasa maupun kalangan orangtua.

Kita bisa menjumpai disekitar kita, meski tak banyak yang memainkan, namun acapkali kita temukan di warung warung makan, tempat tempat umum yang ramai ditemati banyak orang, terminal, stasiun, pangkalan ojek, angkutan kota, maupun tempat lain dimana mereka begitu sabar dan menikmati permainan catur.

Selai itu olahraga catur juga dilombakan dalam sejumlaj kejuaraan bakk tingkat daerah, nasional, maupun kompetisi inernasional.

Namun dibalik bagaimana teknik bermain catur dan seberapa bagusnya kita mememangkan permainan ini, ada hal menarik mengenai filosofi atau makna yang terkandung dibalik olahraha catur ini.

Berikut beberapa makna yang terkandung dari olahraga catur yang bisa kalian tahu.

Mengenai Cara Berjalan

Filosofi yang pertama dari olahraga catur, adalah mengenai pola jalan, dimana setiap item perangkat catur, seperti kuda, benteng, pion, ratu, punya pola jalan masing masing, dan juga memiliki makna atau arti secaa filosofis dikorelasikan dalam kehidupan rril.

Seperti halnya, kuda dia berjalan dengan melompat, gajah berjalan miring, ratu bisa berjalan ke arahana saja, banteng berjalan lurus.

Ini mengandung makna, setiap orang memiliki posisi sendiri sendiri, dan setiap orang juga memiliki kelebihan dan juga kelemahan, ada yang bisa ia selesaikan atas kekuatannya ada juga dengan kelemahannya ia tak mampu untuk menghadapinya.

Dibalik itu, ada hal yang perlu diperhatikan, dimana kerjasama sinergitivitas antara posisi satu dengan lainnya yang solid, dengan prinsip saling melindungi, menjaga dengan nuansa keharmonisan, keselarasanya, agar kemenangan nisa diraih tanpa harus bersikap egois dan mau menang sendiri.

Kesabaran

Hal yang menarik dari olahraga catur adalah bagaimana cara kita agar menang dengan menjatuhkan lawan kita namun tetap dengan sikap dingin, ulet, sabar dengan konsentrasi penuh mewujudkan permainan yang landai namun terarah dan tepat sasaran.

Seperti halnya dalam kehidupan, dimana dengan akal pikiran yang terarah, dengan kesabaran, tanpa adanya rasa amarah, akan  membangun kausalitas yang baik dan menentukan jalan kehidupan yang berkualitas.

Mengenai hal melangkah

Makna berikutnya mengenai bagaimana sikap soal mengambil langkah dan jug keberanian mengambik resiko atau keuntungan.

Seperti halnya ketika tidak memandang seberapa ukurannya, meski kecil namun ia bergerak tetap maju ke depan, tanpa mundur, dengan keberanian nya menentukan serta mengambil keputusan untuk menentukn langkah kedepannya.

Artinya memang keputusan dengan mental besar diperlukan untuk menentukan nasib permainan berikutnya setelah langkah awal dilakukan.

Sikap dingin, dan berpikir secara bijaksana dengan penuh kesabaran adalah kunci keberhasilan meski pasti ada resiko yang akan diperoleh.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Lystha Anggraini K