Intip Kemegahan Stadion St. James Park, Rahasia Dibalik Keuntungan Newcastle United

Intip Kemegahan Stadion St. James Park, Rahasia Dibalik Keuntungan Newcastle United 1

Setiap klub sepakbola profesional pasti memiliki kandang berupa stadion masing-masing. Dan setiap stadion memiliki karateristik bangunan yang berbeda-beda dengan stadion lain.

Newcastle United klub kontestan Liga Inggris yang memiliki stadion utama St. James Park, memiliki keunikan tersendiri dan juga fakta unik yang patut kita tahu.

Namun tidak banyak yang tahu, jika pembangunan stadion sedemikian rupa, terkadang sengaja di bangun dengan berbagai intrik agar tim tuan rumah tetap diuntungkan.

Intip Kemegahan Stadion St. James Park, Rahasia Dibalik Keuntungan Newcastle United 3

Ada beberapa rahasia menarik dari stadion St. James Park markas klub Newcastle United ini yang belum banyak yang tahu :

1. Kemiringan Lapangan

Intip Kemegahan Stadion St. James Park, Rahasia Dibalik Keuntungan Newcastle United 4

Lapangan sepakbola mayoritas dibuat dengan datar agar pergerakannya bola menjadi lancar. Namun tahukan anda jika stadion St. James Park milik Newcastle United ini memiliki lapangan yang sedikit miring dan tidak datar.

Hal ini sebenernya memang disengaja oleh kontrak nya yang bertujuan agar lebih menguntungkan tim tuan rumah.

Kemiringan sekitar 5° terjadi di bagian lapangan yang akan dipergunakan lawan ketika babak kedua pertandingan berlangsung.

Ketika dibabak kedua adalah momen dimana tim kebanyakan terkuras staminanya. Namun hal ini berbanding terbalik dengan tim tuan rumah yang diuntungkan dengan arah bola karena lapangan yang menurun.

Sementara tim lawan akan disulitkan dengan konidi kemiringan lapangan yang akan menanjak ketika di babak kedua.

Mereka mengalami saat-saat melelahkan diparuh waktu kedua, dimana ia harus menghadapi perlawanan tim tuan rumah yang secara tempat di untungkan dengan arah bola yang menurun.

Tim lawan akan kesulitan ketika dalam fase melelahkan ,harus berjibaku dengan kondisi lapangan yang menanjak, tentunya ini akan menghambat pergerakan bola ke gawang tim tuan rumah.

2. Bangku cadangan atau bench pemain cadangan dan official

Intip Kemegahan Stadion St. James Park, Rahasia Dibalik Keuntungan Newcastle United 5

Jika kita melihat setiap bangku cadangan maupun kursi pelatih dan official terlihat tidak ada perbedaannya, namun faktanya di stadion St. James Park ini, ada perbendaan yang cukup mencolok, dimana kursi bench cadangan milik tuan rumah terlihat lebih mewah dan empuk tentunya ini berpengaruh pada sisi kenyamanannya.

Sementara dikursi bench cadangan tim lawan atau tim tamu, akan terlihat bagaimana fasilitas yang disediakan tentunya jelas berbeda dengan tim tuan rumah, dimana kursi yang terlihat lebih keras dan tentunya tidak nyaman sekali dipergunakan.

Intip Kemegahan Stadion St. James Park, Rahasia Dibalik Keuntungan Newcastle United 6

Adapaun juga tidak adanya alat penghangat ketika musim dingin tiba, dimana di bench cadangan banyak yang merasa kedinginan dan tentunya hal tersebut berbeda dengan bench tim tuan rumah yang lebih hangat dan dilengkapi dengan fasilitas listrik.

3. Ruang Ganti Pemain

Intip Kemegahan Stadion St. James Park, Rahasia Dibalik Keuntungan Newcastle United 7

Selain itu, ruang ganti pemain juga tak sedemikian rupa antara tim tuan rumah dengan tim tamu atau tim lawan. Dimana ruang ganti tim tuan rumah terlihat lebih bagus ,dengan fasilitas yang mumpuni.

Sementara untuk ruang ganti tim lawan atau tim tamu, terlihat biasa saja dan bahkan sempit, para pemain dan offisial pun harus duduk berdesakan satu sama lain.

Nah itu tadi beberapa hal menarik dari stadion St. James Park markas dari klub Newcastle United yang cukup mencengangkan.

Beberapa stadion memang sengaja dirancang untuk lebih banyak menguntungkan tim tuan rumah, memang hal tersebut mungkin sebagai upaya untuk menjatuhkan tim lawan atau tim tamu.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Viola