Intip Sandygate Road, Stadion Tertua

Intip Sandygate Road, Stadion Tertua

Berbicara tertua di dunia tentunya kita melihat Inggris yang melahirkan pertama dimana Sheffield FC merupakan klub paling tua di dunia.

berada di Kota Sheffield, Inggris namun bukan milik klub Sheffield. ini merupakan tertua di dunia berusia sejak tahun 1804.

merupakan markas klub Hallam FC, dimana klub ini berdiri setelah satu tahun ini terbangun. ini awalnya dipergunakan untuk olahraga kriket kemudian ketika olahraga mulai digemari, ini lantas dipergunakan untuk tempat bermain pertama.

ini berkapasitas 700 orang saja, dan awalnya dipergunakan untuk olahraga kriket di masyarakat Crosspool, Sheffield.

Intip Sandygate Road, Stadion Tertua

Namun karena olahraga mulai digemari, dan adanya kejuaraan pertama kali di Cambridge pada tahun 1848, lalu pemain kriket yang sebelumnya bermain kriket lalu bemain .

Baca juga  Mees Hilgers, Siap Bela Timnas Indonesia

Antusias masyarakat lalu berubah yang tadinya begitu cinta dengan olahraga kriket, lalu mereka beralih ke dan pertama kalinya ini mempertandingkan antara kesebelasan Sheffield FC melawan Hallam FC pada tahun 1860.

bisa dibilang stadion pertama dengan kapasitas kecil, yang hanya dibuat tempat duduk penonton di bagian utama saja sementara lainnya hanya berdiri.

Sebuah stadion yang bersejarah tanpa adanya tribun dibelakang gawang lapangan, dan hanya ada dua tribun yang berada di sisi samping lapangan.

Sandygate merupakan catatan sejarah lahirnya di Inggris. Dan masih menjadi bangunan yang masih dengan arsitek kuno dan nampak sekali nuansa Inggrisnya.

Seperti kita ketahui bahwa Stadion di Inggris mayoritas didesain dengan jarak antara lapangan dengan penonton yang cukup dekat.

Baca juga  Daftar Gelar Juara Liga Inggris dari Masa ke Masa

Itulah sama halnya dengan stadion tertua ini, dimana penonton akan melihat secara dekat setiap pertandingan yang diselenggarakan di stadion.

Sandygate merupakan cikal bakal pertama kali, dan merupakan kiblat stadion khususnya di Inggris.  

Seperti halnya stadion klub amatir lain di Inggris, stadion ini mempunyai ciri khas dimana pintu masuknya yang berada di sisi Utara atau dibelakang gawang sebelah Utara, yang masih menjadi ciri khas stadion tertua ini.

Stadion ini masih menjadi saksi lahirnya pertama kali di Inggris, dan menjadi salah satu momen bersejarah stadion pertama kali di Inggris, meski kini telah banyak Stadion besar dan mewah di Inggris sebut saja New Wembley dan sederet stadion lain yang menghiasi di Inggris.

Baca juga  Prediksi Piala Afrika 2021: Nigeria vs Mesir 11 Januari 2022

Meski terbilang tua, namun stadion masih tetap terjaga perawatan nya dari kualitas rumput lapangan maupun dari segala fasilitas stadion sebagai wujud bangunan bersejarah di dunia sepakbola.

Lapangan dengan standar sepakbola di Inggris yang menjadi ciri khas lapangan dengan kualitasnya terjaga dan kelihatan bersih. 

Sepakbola Inggris memang paling banyak digemari dengan jenis rumput lapangan yang bisa memainkan sepakbola cepat hingga sekarang, tak terkecuali yang memiliki lapangan khas Inggris, yang merupakan sejarah klub Hallam FC yang menghuni stadion ini sudah lama.

Tidak banyak yang tahu mengenai sejarah stadion yang merupakan stadion tertua di dunia. Ternyata Stadion ini layak disebut stadion tertua karena dibandingkan yang lain stadion ini sudah berdiri sejak sepakbola lahir di dunia.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Chandra Kusuma